Breaking News
recent

FEBI Go to School untuk Kota Langsa dan Aceh Tamiang

Dr. Ismail Fahmi Arrauf Nasution, MA | Wakil Dekan III Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Langsa

Zawiyahnews | Langsa
 - Organisasi Mahasiswa di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Langsa lakukan kegiatan "FEBI go to school" untuk seluruh Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat di dua kabupaten Kota, yaitu Kota Langsa dan Aceh Tamiang. 06/11/2017

Ketua Umum BEM FEBI IAIN Langsa Muhammad Fajri kepada zawiyahnews.com "kegiatan ini kita lakukan dalam rangka keikutsertaan FEBI IAIN Langsa dalam mengkampanyekan ekonomi syariah di Indonesia khususnya di kalangan pelajar Kota Langsa dan Aceh Tamiang", sampainya.

"Mahasiswa FEBI IAIN Langsa juga harus menjadi problem solver (pemecah masalah) bagi masyarakat ekonomi dunia, dimana ekonomi konvensional sudah tidak lagi mampu berdiri kokoh atas komplikasi permasalahan ekonomi yang terjadi di beberapa belahan bumi ini. Seiring berjalannya waktu dengan berbagai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) ekonomi islam lah yang dapat dinyatakan sebagai solusi bagi seluruh permasalahan ekonomi di dunia, baik secara mikro maupun makro. Hanya saja orang orang kapitalis dan sosialis enggan untuk mengakuinya", tegasnya.

"Dan ini harus diketahui oleh seluruh pemuda di Indonesia khususnya di Aceh, sebagai provinsi yang menjalankan ekonomi islam secara real/nyata sebagaimana yang tertuang pada Qanun UUPA tentang penerapan ekonomi syariah di Aceh", sambungnya.

"Oleh karena itu, melalui FEBI go to school ini, kita sosialisasikan kepada seluruh pelajar khususnya di 20 SMA sederajat di kabupaten Aceh Tamiang dan Kota Langsa untuk menyadari bahwa dunia ekonomi Islam berkembang dengan baik di Aceh ini, ya walaupun terdapat beberapa kekurangan pada penerapannya. Tapi kita percaya kedepannya lebih baik", ucapnya. 

Hari ini kita masih melakukan sosialisasi hanya 20 SMA sederajat di kota Langsa dan Kabupaten Aceh Tamiang, saya pikir tidak menutup kemungkinan akan kita laksanakan untuk 100 sekolah di tiga kabupaten kota (ATIM, ATAM, dan Kota Langsa)"tuturnya.

Wakil Dekan III FEBI IAIN Langsa Dr. Fahmi Arrauf Nst, MA menyampaikan "Mahasiswa FEBI IAIN Langsa haruslah gencar dalam mensosialisasikan Ekonomi Syariah guna membangun market share bagi lembaga perbankan syariah demi terciptanya kesejahteraan bagi rakyat Aceh. Karena tinggi rendahnya angka literasi keuangan sangat berkorelasi positif dengan tingkat kesejahteraan masyarakat", ucapnya.

"Disisi lain, tingkat pemahaman masyarakat terhadap keuangan syariah ini masih tergolong rendah, maka sudah saatnya kita (pemuda/mahasiswa) mendorong secara inklusif untuk memahami dan mengembangkan akses keuangan berbasis syariah di berbagai pelosok daerah. Oleh karena itu Mahasiswa FEBI IAIN Langsa harus bisa menjadi garda terdepan untuk mengambil peran membangun sistem dan struktur bagi regulasi industri keuangan yang baik karena membangun sistem merupakan bidang keahlian yang digeluti dan diamalkannya", jelasnya.

"Maka, lewat kerja sama dan sosialisasi ini, FEBI IAIN Langsa dan lembaga pendidikan di kota Langsa dan Kabupaten Aceh Tamiang akan siap berperan dalam memberikan edukasi mengenai ekonomi islam kepada masyarakat lewat berbagai skema. Tenaga peneliti dan dosen dari FEBI juga siap melakukan riset terkait dengan pengembangan ekonomi terutama yang berbasis syariah", tutupnya.

Adapun ke 20 sekolah ini kita pilih dari 2 kabupaten kota (Tamiang/Langsa) berdasarkan pertimbangan khusus dari pihak panitia penyelenggara, diantaranya; MUQ Langsa, SMA 1, 2, 3 Langsa, MAN 1 Langsa, MAS Muhammadiyyah Langsa, SMA Patra Nusa Manyak Payed, SMA percontohan ATAM, SMA 1 Sruwey, MAS Yaspendi Sungaiyu dll.

(MJ)


admin

admin

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.