Breaking News
recent

4 Akibat Makan Berlebihan Saat Berbuka Puasa

Gambar : Syuknura Maghfirah
Zawiyah News | Langsa - Waktu berbuka merupakan waktu yang di tunggu-tunggu untuk menikmati berbagai makanan dan minuman dimana setelah seharian menahan lapar dan dahaga.

Makanan yang masuk ke tubuh sangat berpengaruh terhadap kesehatan kita, terlebih saat bulan puasa ini dimana kita melakukan berbagai aktivitas serta ibadah.

Nah untuk kamu yg sedang berpuasa sangat penting mengetahui apa saja akibat jika berbuka secara berlebihan, berikut penjelasannya : 

1. Berat Badan Akan Naik

Pastikan kamu dapat mengatur asupan makanan saat berbuka maupun sahur, agar tidak terjadinya berat badan naik. Jangan sampai karena berlebihan dalam menikmati makanan dan minuman di saat berbuka merugikan dirimu.

2. Lemas dan Mendatangkan Kantuk

Makan berlebihan saat berbuka juga dapat membuat lemas dan mendatangkan kantuk. Jika hal ini terjadi maka dapat menghambat aktivitas yang akan di lakukan, terlebih pada malam hari di bulan Ramadan ini, kita akan melaksanakan salat tarawih jangan sampai hal tersebut menghambat ibadah kita di bulan suci Ramadan ini.

3. Mual dan Muntah

Akibat lain yang terjadi jika berbuka berlebihan yaitu mual dan muntah. Saat menjelang berbuka semua makanan dan minuman terasa sangat menggiurkan hingga ingin mencoba semua yang terhidang di meja mmaka. Jika sudah kekenyangan,  lambung dapat mengalami peregangan sehingga dapat terjadi rasa mual dan muntah.

4. Gangguan Pencernaan

Makan berlebihan saat berbuka puasa ternyata juga dapat membuat sistem pencernaan terkejut. Rasa terkejut tersebut disebabkan karena perut kita yang sebelumnya tidak adanya makanan atau minuman yang masuk. 

Nah, alangkah baiknya saat berbuka puasa kamu mencoba minum air putih, makan kurma atau jus buah segar. Kamu dapat menikmati makanan yang lainnya setelah kamu melaksanakan salat Magrib atau amannya 2 jam setelah berbuka. Hindari minum air putih berlebihan karena dapat menyebabkan perutmu kembung.

Selain dapat membuat lambungmu meregang, makan berlebihan ketika berbuka puasa akan membuat sistem pencernaan kaget. Rasa kaget tersebut terjadi karena sebelumnya perutmu kosong dan tidak bekerja karena tidak ada asupan apapun yang masuk. 

Nah, sudah tahukan apa saja dampak negatif dari makan berlebihan saat berbuka puasa ? 

Yuk mulai sekarang kita atur pola makan saat berbuka puasa agar kesehatan tetap terjaga dan tidak menganggu aktivitas serta ibadah di bulan suci Ramadan ini. 

Serta pastikan juga kamu memilih makanan yang lengkap dengan kandungan gizinya, dan usahakan juga bebas dari kandungan lemak, minyak, garam yang berlebih agar tidak menyebabkan gangguan kesehatan yang lain. 

Oleh : Syuknura Maghfirah

Editor : M. Iqbal

Sumber : Dr. Fadhli Rizal Makarim. (2022, April 26) “4 Bahaya Makan Berlebihan saat Berbuka Puasa, Simak Ulasannya”. Diakses dari www.halodoc.com

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.