Breaking News
recent

Jenis Olahraga yang Baik Dilakukan saat Berpuasa

Doc. Yunita Fitri Nasutio
Memang tidak mudah untuk tetap berolahraga saat berpuasa, tetapi kamu harus menjaga tubuh agar tetap sehat. Tidak mudah juga menyiasati diri agar tetap aktif saat sedang puasa. Sebab, tubuh seharian tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman, sehingga tenaga menurun drastis.

Jadi olahraga apa sih yang cocok dilakukan saat berpuasa?. Nah, berikut beberapa olahraga yang bisa Kamu lakukan saat berpuasa :

1. Jalan Santai

Salah satu olahraga saat puasa yang bisa direkomendasikan untuk dilakukan adalah jalan santai. Aktivitas fisik ini dapat membuat kamu menjaga kesehatan tubuh, terutama jantung, otot, dan tulang.

Selain itu, olahraga ini ringan untuk dilakukan sehingga tidak rentan menyebabkan dehidrasi akibat keringat yang mengucur. Meski begitu, ada baiknya untuk melakukannya di sore hari saat menjelang berbuka puasa.

2. Bersepeda

Bersepeda santai dengan jarak yang dekat hingga sedang dapat menjadi salah satu olahraga saat puasa yang tepat. Selain membakar kalori dan lemak, kegiatan ini juga dapat mengencangkan otot serta menyehatkan jantung.

Selain itu, bersepeda dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang, sehingga perasaan stres dapat hilang.

3. Stretching

Bagi yang ingin tidak terlalu banyak berkeringat, memilihu ntuk stretching solusinya. Ini karena olaharaga jenis ini bisa dilakukan 10-15 menit saja menjelang berbuka.

Manfaat stretching rupanya banyak sekali lho, karena selain mencegah badan menjadi lemas dan kaku, peredaran darah juga dapat menjadi lancar. Tak hanya itu, otot-otot tubuh juga dapat terlatih sehingga tubuh tak mudah pegal.

4. Yoga

Yoga juga termasuk olahraga ringan yang tidak terlalu menguras energi. Kamu bisa. Menjaga tubuh tetap segar dan bugar selama berpuasa tanpa mengganggu aktivitas harian.

Yoga adalah gerakan yang fokus pada teknik pernapasan berguna untuk meregangkan otot dan membuat otak menjadi rileks. Selain itu, yoga juga dapat menenangkan pikiran, meningkatkan kualitas tidur, dan meningkatkan kualitas tidur.

Oleh : Yunita Fitri Nasution

Sumber : https://www.halodoc.com/artikel/7-jenis-olahraga-yang-mudah-dilakukan-saat-puasa


Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.