Breaking News
recent

Keutamaan Membaca Al-Qur'an dan Bershalawat

Gambar: dok. Jenaika Eka Putri
Zawiyah News | Langsa - Bulan Ramadan yang penuh berkah, yang mana dibulan ini semua amal kebaikan kita dilipat gandakan. Maka kita dianjurkan untuk memperbanyak berbuat kebaikan, seperti membaca Al-Qur'an serta bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Kira-kira apa sih keutamaan membaca Al-Qur'an dan bershalawat?

Baiklah, disini saya akan membahas satu persatu tentang keutamaan membaca Al-Qur'an dan bershalawat

Keutamaan Membaca Al Qur'an

1. Setiap Huruf Bernilai Kebaikan

Sebagaimana hadis riwayat At -Tirmidzi “Kata ‘Abdullah ibn Mas‘ud, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, 'Siapa saja membaca satu huruf dari Kitabullah (Al-Qur’an), maka dia akan mendapat satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dilipatkan kepada sepuluh semisalnya. Aku tidak mengatakan alif lâm mîm satu huruf. Akan tetapi, alif satu huruf, lâm satu huruf, dan mîm satu huruf.'” (HR. At-Tirmidzi).

2. Mendapat Syafa'at di Hari Akhir

Hari akhir yang merupakan hari berakhirnya kehidupan manusia diatas dunia, sekaligus merupakan awal dari kehidupan di akhirat untuk mempertanggungjawabkan semua perbuatan semasa di dunia.

Barang siapa yang melakukan amal kebaikan semasa hidupnya maka ia terlepas dari siksaan akhirat, namun barangsiapa yang semasa hidupnya melakukan maksiat, maka kelak ia akan mendapat balasannya. Dan bagi orang yang membaca Al-Qur'an, maka ia akan mendapat syafa'at di hari akhir.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda, “Bacalah Al-Qur’an. Sebab, ia akan datang memberikan syafaat pada hari Kiamat kepada pemilik (pembaca, pengamal)-nya.” (HR. Ahmad).

3. Mendatangkan Rahmat dan Membuat Hati Merasa Tentram

Terkadang saat kita jauh dari Al-Qur'an, maka hati terasa resah dan gelisah. Semua terasa serba salah. Solusi yang paling tepat ialah membaca Al-Qur'an. Sebagaimana firman Allah dalam surah Al Isra ayat 82:

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْـقُرْاٰ نِ مَا هُوَ شِفَآءٌ وَّرَحْمَةٌ لِّـلْمُؤْمِنِيْنَ ۙ وَلَا يَزِيْدُ الظّٰلِمِيْنَ اِلَّا خَسَا رًا

Artinya :

"Dan Kami turunkan dari Al-Qur'an (sesuatu) yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang yang beriman, sedangkan bagi orang yang zalim (Al-Qur'an itu) hanya akan menambah kerugian." (QS. Al-Isra' 17: Ayat 82)

Keutamaan Bershalawat

1. Mendapat Ampunan Dosa

Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Ashim dan Al-Thabrani dari Abu Kahil, Rasulullah bersabda, “Wahai Abu Kahil, siapa yang bershalawat untukku saban hari tiga kali dan saban malam tiga kali karena cinta dan rindu kepadaku, sungguh Allah akan mengampuni dosa-dosanya pada malam dan hari itu.”

2. Mendapat Syafa'at dari Rasulullah

Selain membaca Al-Qur'an, dengan bershalawat kita bisa mendapatkan syafa'at (pertolongan) dari Rasulullah Saw. di akhirat kelak. Sebagaimana dengan sabda Rasulullah Saw :

"Orang yang paling berhak mendapatkan syafa'atku dihari kiamat adalah orang yang paling banyak bershalawat kepadaku." (HR Tirmidzi).

3. Akan Diangkat Derajatnya

قال رسول الله صلى الله عليه و سلم من صلى علي من أمتي صلاة مخلصا من قلبه، صلى الله عليه بها عشر صلوات، و رفعه بها عشر درجات، و كتب له بها عشر حسنات، و محا بها عشر سيئات

Artinya :

Rasulullah saw bersabda: “Siapa yang bershalawat kepadaku dari umatku shalawat secara ikhlas dari hatinya, Allah swt akan bershalawat untuknya 10 kali shalawat, menaikkan derajatnya 10 kali, mencatat untuknya 10 kali kebaikan, dan menghapuskan untuknya 10 keburukan.”

Maka dari itu, mari kita membaca Al-Qur'an dan Bershalawat kepada Nabi Muhammad Saw dibulan Ramadan yang penuh berkah ini!

Baca juga: 5 Keutamaan pada 10 Hari Terakhir Ramadan

Oleh: Jenaika Eka Putri

Editor: Syuknura Maghfirah

Sumber :

 https://masjidpedesaan.or.id/keutamaan-membaca-al-quran-beserta-dalilnya/

https://islam.nu.or.id/shalawat-wirid/11-keutamaan-membaca-shalawat-untuk-nabi-muhammad-saw-6LJhS

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.