Breaking News
recent

5 Keutamaan pada 10 Hari Terakhir Ramadan

Gambar: dok. Yunita Fitri Nasution
Zawiyah News | Langsa - Pada bulan Ramadan, ada 10 hari terakhir ramadan yang dianggap oleh umat Islam sebagai hari-hari istimewa dan memiliki keutamaan. Apa saja keutamaan 10 hari terakhir Ramadhan? 

1. Memperbanyak Sedekah

Karena di 10 malam teakhir adalah malam penuh berkah, dan jika bisa mendapati malam lailatul qadar, maka kita akan mendapatkan pahala 1000 kali lebih baik daripada 1000 bulan maka ini menjadi kesempatan terbaik untuk memperbanyak sedekah.

Selain melaksanakan zakat fitrah dan zakat mal, diperbolehkan juga untuk melakukan sedekah sunah seperti berbagi makanan dan minuman berbuka atau sahur untuk kaum duafa di masjid. 

2. Memperoleh Lailatul Qadar

keistimewaan 10 hari terakhir bulan Ramadan adalah lailatul qadar yang diperkirakan jatuh di hari-hari ganjil dalam10 hari terakhir.

Disarankan untuk melaksanakan I'tikaf yakni kegiatan berdiam di masjid, beribadah untuk berzikir, berdoa, dan membaca Al Qur'an dengan suasana hening. InsyaAllah jika dilakukan dengan khusyuk, saat selesai ramadan nanti, kita semua merasakan berkah lailatul qadar. 

3. Kesempatan untuk Mengkhatamkan Al-qur'an

Keutamaan 10 hari terakhir bulan Ramadhan lainnya adalah bisa menjadi kesempatan untuk mengkhatamkan Al-qur'an. 

Hadist yang membahas keutamaan membaca Al-qur'an pada 10 hari terakhir bulan ramadhan berbunyi sebagai berikut:

"Abdullah ibn Mas'ud, Rasulullah SAW bersabda: Barang siapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah (Al-qur'an), maka dia akan mendapat satu kebaikan. Satu kebaikan akan dilipatkan menjadi sepuluh semisalnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim satu huruf. Namun, alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf," (HR. At-Tirmidzi).

4. Memperbanyak Doa untuk Meraih Keselamatan

Pada 10 hari terakhir, kita juga bisa membaca sebanyak mungkin doa untuk meraih keselamatan, perlindungan dari para malaikat yang dikirim oleh Allah SWT. Dalil mengenai memperbanyak doa pada 10 hari terakhir Ramadan ini disebutkan dalam hadist riwayat Ibnu Majah, yang dishahihkan oleh Al Albani, bunyinya sebagai berikut:

Aisyah berkata, "Wahai Rasulullah, apa pendapatmu jika aku ketepatan mendapatkan malam lailatul qadar, apa yang harus aku ucapkan?", beliau menjawab: "Ucapkanlah, Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu anna" (Ya Allah, sesungguhnya Engkau maha pemaaf mencintai kemaafan, maka maafkanlah aku)."

Demikian itu keutamaan 10 hari terakhir Ramadan yang jelas-jelas akan sangat berdampak baik jika kita laksanakan dengan perlahan.

Baca juga: 4 Tips Agar Tidak Bosan Menjalani Ibadah Puasa Ramadan

Oleh: Yunita Fitri Nasution

Editor: M. Iqbal

Sumber: Rifan Aditya. (2023, April 09) “5 Keutamaan 10 Hari Terakhir Ramadan, Tak Melulu Soal Lailatul Qadar”. Diakses dari suara.com

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.