Breaking News
recent

Nulis Skripsi? Gampang Kok!


Dilema berkepanjangan di akhir studi? Jangan khawatir, kamu dilarang pantang menyerah sebelum kamu mencobanya. Pengalaman demi pengalaman akan membawamu terjun ke dunia yang lebih baik, daripada kamu berhenti di tepi pantai dan takut untuk berlayar.
Berikut akan dijelaskan sekelumit cara dan solusi bagi kamu yang sedang bergelut dan akan menyelesaikan tugas akhirmu:
1. Baca buku metodologi penelitian penulisan karya ilmiah
Ini penting. Mengapa? Untuk permulaan dalam menulis skripsi, kita diharuskan untuk memahami sistem penulisan karya ilmiah, sehingga menghilangkan kebuntuan ide serta meminimalisir kesalahan dalam penulisan.
Karena biasanya, jika terdapat kesalahan yang sangat banyak, maka kamu akan membuat sebuah sugesti bahwa mengerjakan skripsi itu sulit. Pemikiran seperti itu seharusnya dihindari agar tidak membuat kamu frustasi ketika sedang menulis skripsi. Jadi, ketika kamu dihadapkan pada tugas akhir kuliah, secara tidak langsung kamu dituntut untuk banyak membaca dan menganalisa.
2. Buat jadwal bimbingan dengan dosen pembimbing
Buatlah jadwal untuk konsultasi dengan dosen pembimbingmu dan pastikan yang kamu pilih benar-benar tepat, tanpa mengganggu kesibukanmu maupun dosenmu. Misalnya, kamu dapat bertanya kapan dan dimana kamu bisa dan boleh menjumpai dosen untuk proses bimbingan.
Ketika dosen pembimbingmu tidak dapat kamu temui karena memiliki halangan tertentu, berusahalah tetap berfikir positif. Karena berpikir positif adalah kunci untuk mencapai hasil akhir yang maksimal.
Patuhilah jadwal bimbingan yang telah kamu sepakati dengan dosen pembimbing. Hindari jam karet sama sekali, jangan sampai menciptakan sebuah proses bimbingan yang tidak baik. Awalilah dengan komitmen bahwa kamu mampu memenuhi permintaan jadwal bimbingan dengan dosen pembimbingmu.
3. Kumpulkan bahan dan tetap fokus
Ketika ingin menulis skripsi, pasti kamu harus berpedoman pada literatur, sehingga memudahkan kamu untuk menentukan jumlah bahan yang akan dilengkapi dan diurut sesuai daftar isi. Tetaplah fokus pada target skripsimu.
Jauhkan dari jangkauan media sosial yang membuatmu malas untuk menyentuh skripsi, namun bukan berarti kamu harus menjauhi kehidupan sosialmu setiap waktu.
4. Tentukan lembar halaman yang ingin kamu capai
Ketika kamu memiliki daftar isi yang baik dan benar, maka kamu akan lebih mudah dalam mengawali tulisanmu serta menentukan jumlah halaman yang akan dicapai. Sehingga, kamu tidak perlu khawatir untuk kekurangan jumlah halaman disetiap babnya. Karena biasanya, jumlah halaman skripsi telah ditentukan untuk sekian halaman.
5. Diskusi dengan teman bila sudah buntu
Jika mengalami kebuntuan dalam penulisan skripsi, berdiskusilah dengan teman-teman mengenai masalah kebuntuan dalam penulisan skripsi yang kamu alami. Ingat, teman itu bukan berarti hanya mereka yang seangkatan denganmu, tapi kamu juga dapat bertanya pada seniormu.
6. Jangan mudah putus asa
Mengalami kesulitan ketika menulis merupakan hal yang wajar, namun yakinlah bahwa setiap kesulitan dan masalah pasti punya penyelesaian. Yang perlu kamu lakukan adalah mencari jalan keluarnya dengan cara berdiskusi, bertanya, dan banyak membaca, sehingga kamu lebih terarah dalam menyelesaikan skripsimu. Ingat, jangan mudah putus asa di tengah jalan lalu mengabaikan skripsimu ya.
7. Atasi kejenuhan penulisan skripsi dengan hal-hal yang membuatmu lebih nyaman
Apapun aktivitasnya, jika dilakukan secara terus-menerus pasti akan membuat seseorang merasa jenuh dan lelah. Jika dibiarkan berlarut-larut, maka kejenuhan akan menghambat kemajuan penulisan skripsimu yang akan merugikan diri sendiri pastinya.
Ada beberapa trik yang bisa kamu coba saat kejenuhan menghancurkan konsentrasi skripsimu. Pertama, beristirahatlah sejenak dari tugas skrispsi yang sedang kamu kerjakan untuk meregangkan saraf selama kamu menulis skripsi.
Misalnya, dengan mengubah posisimu. Jika awalnya kamu mengerjakan skripsi sambil menghadap ke arah dinding, kamu bisa mencoba menggantinya dengan posisi meja belajar menghadap ke jendela, dengan demikian suasana tenang dan enjoy akan kamu dapatkan saat mengerjakan skripsi.
Kedua, ciptakan suasana nyaman dengan fasilitas yang baik sehingga proses penyelesaian skripsi menghasilkan akhir yang memuaskan. Pikiran yang tenang dan nyaman penting untuk membangkitkan suasana konsentrasi yang baik. kamu juga bisa menambahkan bermacam aksesoris unik yang bisa buat kamu betah berlama-lama mengerjakan skripsi di kamar.
8. Kenali dan ujurlah pada diri sendiri
Mengenali diri sendiri itu mengandung makna yang sangat dalam, seperti memahami dengan baik keadaan diri sendiri, misalnya dalam hal keunggulan, kelemahan, kesukaan, kebiasaan, dan lain sebagainya.
Pengenalan yang baik terhadap diri sendiri akan membawa banyak manfaat dalam kehidupan. Dengan demikian, kamu akan mudah dan cepat mempelajari sesuatu karena kamubelajar sesuai gaya kamu sendiri.Dengan demikian, tidak ada lagi gerutuan dan kekesalan saat menghadapi skripsi dan menjalaninya.
Apa masih sulit memulai menulis skripsinya? Coba renungkan lagi deh apa saja keharusan yang belum kamu lakukan.
ZAWIYAH News

ZAWIYAH News

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.