Breaking News
recent

Aku Cinta Indonesia

Ilustrasi : Google
Oleh : Irwansyah

Mengenang nasib perjuangan yang di emban oleh para pejuang yang bersusah payah merebut kemerdekaan di negeri  ter cinta, sang pujangga menuturkan awal ku melangkah di negeri yang Penuh toleransi dan dalam hati masyarakatnya tertanam rasa cinta terhadap kebinekaan, inilah Indonesia.

Merngenal makna cinta yang hakiki akan kodrat yang sesungguhnya, hal ini akan memicu adrenalin setiap insan untuk terus berjuang dalam berbagai instansi, membela, menyelamatkan, mengayomi, memperhatikan, itu merupakan tugas setiap insan yang berwarga Negara Indonesia.

Negara dengan 34 Provinsi, berawal dari Sabang sampai merauke, dengan berbagai Agama, suku, bangsa, ras dan etnis, menanamkan rasa kebinekaan, hal inilah yang membuat Negara ini menjadi kaya, ikatan persaudaraan tidak pandang bulu, baik dia bersuku A dan ber sukukan B. hal ini di buktikan dalam kehidupan bermasyarat dengan hidup bertoleransi. Betapa  bagga punya Negara Indonesia.

Negara dengan 13.466 pulau, jumlah ini masuk dalam Negara dengan pulau terbanyak di dunia, dengan rahmat tuhan yang maha kuasa, 17 Agustus 1945 merupakan Proklamasi kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus merupakan hari national yang mana di hari itu di setiap kecamatan, kabupaten, provinsi, hingga di istana Negara republik Indonesia, seronta masyarakatnya merayakan kemerdekaan negaranta. betapa bangga tinggal di Negara ini,

Perayaan pun di sambut dengan berbagai hal, seronta masyarakat berkumpul dengan penuh rasa bangga, acara yang di selenggarakan pun beragam, mulai dari acara dengan penuh permainan, baik itu di kalangan Dewasa, Remaja dan Anak-anak. Betapa cinta kita pada Negara ini.

Permainan yang di sungguhkan tak lain yaitu permainan yang mengundang tawa kepadan setiap yang bermain dan menontonnya, bagai mana tidak perayaan itu di sungguhkan dengan permainan, Panjat Pinang, Tarik tambang, makan kerupuk, bersepeda, Ambil Koin, dan beragam permainan lain nya yang di sungguhkan oleh panitia HUT NKRI. Betapa bahagianya Masyarakat Indonesia.

Dalam permainan di sungguhkan beragam hadiah, nilai dari hadiahpun beragam, mulai dari hadiah yang bernilai tinggi, sederhana, hingga hadiah yang bernilai rendah, Canda Tawa riang gembira pun kembali dirasakan, hal inilah yang mewujudkan indonesia penuh kebersamaan, Indonesia yang damai.
Dalam merayakan HUT RI tak pandang bulu semua ikut berayakan hari tersebut, tak kenal masyarakat yang perekonomiannya menengah ke bawah, dan menengah ke atas, di hari itu, si Fakir, Si miski, Si kaya, berkumpul bersama. Inilah Indonesia.

Negara Indonesia memilki beragam Agama, di antaranya yaitu, Islam,Kristen, Protestan, Katolik, Hindu, Buddha dan Khonghucu, Tujuh Agama kepercayaan masyarakat Indonesia, dan Ketujuhnya rukun dalam hidup bermasyarakat, hal ini membuat masyarakatnya, cinta kebinekaan.

Indonesia juga memilki banyak kekayaan yang lainnya, hal ini di buktikan oleh banyaknya bahasa yang di milki oleh masyarat Indonesia, jumlah bahasa yang di miliki di antaranya yaitu, berjumlah sekitar 750 bahasa daerah.

Kekayaan alam yang di miliki Indonesia juga sangat banyak dan beragam, mulai dari hasil pangan, kekayaan laut, yang di keliling dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia.

Betapa kaya negeri ini, hal ini membuat rakyatnya semakin cinta akan tanah air, hal sedemikian lah, membuat masyarakat Indonesia, harus, menjaga dan merawat negeri ini, sayangi lah negeri ini, dan cintailah negeri ini.

Irwansyah

Penulis adalah mahasiswa komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa.



ZAWIYAH News

ZAWIYAH News

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.