Breaking News
recent

Tari Saman Gayo Lues Pecahkan Rekor Muri

Tari Saman Masal, Gayo Lues
Zawiyahnews | Gayo - Tari saman yang terlahir di kalangan suku gayo yang dominan letaknya di daerah gayo lues telah menjadi budaya bagi setiap orang yang bersuku gayo.

Tari saman yang dahulunya didirikan oleh H.Syeikh saman yang berisikan lantunan shalawat dan pujian kepada allah Swt,yang gerakannya diciptakan oleh beliau dan kawan kawan.

Untuk bisa diterapkan dan dan dibudayakan dikalangan orang gayo itu sendiri.Dan sekarang tari saman tidak lagi dikenal di daerah gayo dan suku gayo saja.

Diseluruh penjuru dunia pun tari saman telah di ketahui oleh setiap kalangan. dan pada hari minggu(13/08/2017). berdasarkan informasi yang di himpun jurnalis Zawiyahnews.com diadakan tari saman yang penarinya 10.001 orang pada awalnya dan bertambah lagi menjadi 12.262 orang.

Tari saman tersebut adalah tari saman yang penarinya sangat banyak yaitu 12.262 orang, Yang pada tahun 2015 penarinya hanya sekitar 5.000 orang.

Dan pada tahun ini adalah tari saman yang terbesar sepanjang sejarah dan telah memecahkan rekor dunia dan rekor muri yaitu dengan peserta 12.262 orang.

Pada acara tersebut dihadiri oleh, Perwakilan UNESCO, Perwakilan presiden republik indonesia,Gubernur Aceh Irwandi yusuf, Wakil gubernur Aceh Nova Iriansyah, Bupati Gayo Lues Ibnu Hasyim,Wakil bupati Gayo Lues Adam
Dan juga artis ibukota yaitu raffi ahmad dan kawan kawan.

Yang dalam pidatonya Irwandi yusuf menyampaikan bahwa : dengan diadakannya tari saman saya sebagai gubernur aceh bangga dan senang terhadap kegigihan dan partisipasi seluruh orang yang mengikuti dan menyaksikan tari saman tersebut.

kemudian,Ia juga menanggapi tentang harapan masyarakat daerah Gayo Lues (khususnya) untuk meningkatkan pembangunan insfratruktur daerah. dan diakhir acara di meriahkan dengan tarian bines dan kesenian kesenian gayo lainnya.

Jurnalis : Muhammad Irfan
editor     : Irwansyah
ZAWIYAH News

ZAWIYAH News

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.