Breaking News
recent

Pembekalan anggota Zawiyah news melalui PJTD

Pelatihan jurnalistik tingkat dasar (PJTD)

Langsa - Untuk meningkatkan kredibilitas dan mengasah kemampuan guna meningkatkan kualitas jurnalis di kota Langsa, Unit Kegiatan Mahasiswa Pers Mahasiswa Penelitian Dan Penerbitan Zawiyah News mengadakan pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) sejak, 11-13 Mei 2018 yang di aula syariah lama, kampus IAIN Langsa. Jum'at (11/05/2018).

Pimpinan Umum Lembaga yang di kenal dengan Sebutan Zawiyahnews (ZN), Muhibuddin mengatakan, "Mahasiswa hari ini perlu mengasah kemampuan di bidang jurnalistik, maka dari itu kita dari Pers Mahasiswa menggelar kegiatan PJTD, ini juga sebagai penunjang peningkatan kemampuan di bidang jurnalistik untuk para anggota di ZN," ujarnya.

Rektor IAIN Langsa, Dr. Zulkarnaini.MA Sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena sangat beruntung sekali untuk para mahasiswa dan dosen yang bergerak di bidang jurnalistik, karena Jurnalistik kegitan berjurnal, membuat catatan, mengumpulkan informasi, itu adalah suatu keahlian penting untuk kita semua.

"Kami sangat merasa bahagia, karena para pengurus UKM Zawiyahnews bisa melaksanakan kegiatan ini, kami sangat bergembira atas kegiatan ini, kami sangat mendukung suksesnya kegiatan ini dengan suport dari berbagai sisi." Ujarnya.
Kegiatan ini juga sangat mendukung pengaruh suksesnya mahasiswa, baik halnya dalam peliputan kegiatan, menyampaikan informasi, juga membantu penyelesaian tugas kuliah, 'skripsi' contohnya, kata Rektor.

"Beberapa hal menjadi catatan terhadap jurnalis, mencari informasi, mengumpulkan data, menyampaikan informasi dengan baik dan bertanggung jawab. Ada beberapa statment yang terdapat dalam Al-Qur'an surah an-nur, menyampaikan informasi kepada orang lain merupakan suatu ilmu, sesuatu yang kita ketahui dan kita kuasai, itu tidak boleh di sembunyikan." Imbuhnya.

Rudi Iswandy pembina zawiyahnews mengharapkan dengan adanya pelatihan ini, lahir jurnalis yang handal dan profesional, sehingga mampu mendominasi jurnalis di kota Langsa khususnya, Indonesia umumnya.

"Begitu banyak jurnalis yang lahir begitu saja tanpa ada proses pelatihan jurnalistik yang di ikuti, hal ini membuat adanya kerancuan dalam penyampaian informasi, terlebih menjadi jurnalis karena himpitan ekonomi. Maka dari itu, Kapasitas, seorang jurnalis itu perlu di asah melalui pelatihan-pelatihan, sehingga lahir jurnalis yang handal juga profesional dalam menjalankan tugas sesuai dengan kode etik jurnalistik". Ungkapnya.

Sementara itu, Muhammad Jailani presiden mahasiswa mengajak para peserta dan Mahasisiwa di IAIN Langsa meningkatkan budaya Literasi, dengan menyampaikan tiga hal yang menurutnya ampuh untuk membangun lembaga UKM Pers Mahasiswa Zawiyah News.
Yang pertama dalam sambutannya tersebut, ia mengajak para pengurus untuk mencinta lembaga Pers Mahasiswa, karena dengan rasa itu keinginan mendalam muncul. Kedua, ia mengajak para peserta benar-benar serius menimba ilmu pengetahuan dari para pemateri yang di hadirkan Zawiyah News dalam PJTD ini. Ketiga, ia mengatakan bahwa Pengurus memfokuskan regenerasi (pengkaderan) untuk kelangsungan organisasi, dengan melanjutkan pelatihan di tingkat lanjut (Nasional).[Ir]
Muhammad Irfan

Muhammad Irfan

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.