Breaking News
recent

MALAM TA'ARUF PENGURUS MA'HAD AL-JAMIAH DENGAN MAHASANTRI BARU 2018

Pembukaan pekan ta'aruf ma'had Al-jami'ah 2018

ZAWIYAHNEWS|Langsa - Pengurus Organisasi Mahasantri Ma'had(OMM) adakan malam ta'aruf Bersama mahasantri baru, Sabtu(22/09/2018).

Kegiatan tersebut dilakukan di mesjid Az-zawiyah IAIN langsa yang di menjadi panitia adalah pengurus lama (OMM) yang terselenggara setelah shalat isya berjamaah.

Iswar Sukarsa, Lc selaku pegawai Ma'had Al-Jami'ah IAIN Langsa membuka acara tersebut, dalam sambutannya beliau mengatakan begitu penting keberadaan Ma'had Al-Jami'ah di  Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTKIN) khususnya di IAIN Langsa. Instruksi DIKTIS tentang Penyelenggaraan Ma'had Al-Jami'ah sebagai penguat wawasan keislaman, membentuk karakter, pusat pembinaan tahsin dan tahfidz al-quran dan pusat pembinaan bahasa asing.

Lanjut beliau, konsep Boarding/ asrama bagi mahasiswa merupakan kurikulum yang dapat melahirkan sarjana-sarjana muslim berintelektual dan berakhlakul karimah.

Secara berlangsung temu ramah atau ta'aruf/pengenalan kepada Mahasantri yang baru saja lulus seleksi ujian, yang diantaranya adalah mahasiswa yang menerima beasiswa bidikmisi maupun non bidikmisi sekitar 180 orang putra dan putri tahun 2017-2018.

Mahasantri Ma'had Al-jami'ah berhak tinggal di asrama dan mengikuti ekstrakulikuler selama satu tahun. Selain dari kegitan belajar mengajar disaat kuliah mahasantri juga mendapatkan ilmu secara plus di Makhad Al-jami'ah IAIN Langsa.

Target pembina/pamong Ma'had Al-jami'ah mahasantri harus bisa menguasai dua bahasa yaitu arab dan inggris.

Sudah sejak tahun 2014 dan Ma'had Al-jami'ah terus berbenah menjadi pusat pembentukan karakter muslim dan melahirkan muslim yang berintelektual.

Ustad muliadi selaku pamong Ma'had Al-jami'ah mengatakan mahasiswa/mahasantri wajib mengikuti setiap peraturan dan tata tertib yang di sepakati dan di tanda tangan oleh seluruh mahasantri.
1. Menjadikan Ma'had Al-jami'ah sebagai sarana pembentukan pribadi yang beraklakul katimah,
2. Bersedia berada di Ma'had Al-jami'ah sampai hati sabtu,
3. Menjaga keimanan kebersiahan dan keindahan lingkungan Ma'had Al-jami'ah,
4. Menjaga etika terhadap pengurus, pembina, pamong, dan semua teman di dalam dan di luar lingkungan Mak'had Al-jami'ah,
5. Mengikuti shalat berjamaah lima wajtu di Mazjid Az-zawiyah IAIN Langsa,
6. Mengikuti penganjian sesuai jadwal dan kelas yang telah di terapkan,
7. Bersedia tidak membawa teman ke kamar.
8. Bersedia untuk tidak merokok di dalam lingkungan Ma'had Al-jami'ah,
9. Bersedia untuk tidak menambah atau mengurangi segala fasilitas kamar yang telah di sediakan tanpa izin pengurus Ma'had Al-jami'ah,
10. Bersedia mengikuti gotong royong kebersihan lingkungan Ma'had Al'-jami'ah setiap pagi sabtu,
11. Apabila berhenti dalam masa pemondokan/pembinaan, maka uang asrama yang telah disetorkan tidak dapat di tarik kembali, Ujarnya.


Dalam kegiatan ini dihadiri oleh para pamong/pembina, musrif dan musrifah, serta mahasantri putra dan putri.

Dengan diaktifkannya Ma'had Al-jami'ah untuk umum,mahasantri diharapkan bisa berkontribusi dan terhadap masyarakat dan berpengaruh terhadap lingkungan.
(ADH)
Muhammad Irfan

Muhammad Irfan

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.