Breaking News
recent

HOBI MEMBACA? YUK SIMAK ISTILAH-ISTILAH BERIKUT INI!

Ilustrator : Google 



Oleh : P.R

Suka terhadap sesuatu itu adalah fitra manusia, lahir dari hasil nalar dan daya pikir yang kemudian direalisasikan melalui tingkah laku manusia itu sendiri. Suka terhadap “sesuatu” itu di gambarkan dengan banyak hal. Seperti suka terhadap benda yang unik, aktifitas yang membuat seseorang itu merasa bahagia, suka terhadap tantangan, suka melihat sesuatu yang indah dan lain sebagainya. Kemudian kesukaan itu manusia tuangkan melalui interaksi tingkah laku nya secara terus-menerus sehingga menjadi sebuah “kebiasaan”,  Nah kebiasaan dalam menyukai sesuatu kemudian direalisasikan melalui tingkah laku manusia itulah yang sering manusia sebut –sebut sebagai “ hobi”.
Kita memiliki hobi yang beragam dibandingkan orang lain. Misalnya saja kamu mengaku pecinta buku sedangkan temanmu lebih gemar berolahraga. Wajar saja, sebab preferensi individu itu memang khas. Perbedaan yang kelak akan menjembatani interaksi yang saling melengkapi diantara kita sesama manusia.
Nah , terkhusus bagi kamu yang akrab dengan buku seperti aku, agaknya istilah-istilah julukan berikut ini pernah kamu temukan selama penyelamanmu dalam deretan kata-kata di berbagai bacaan yang telah kamu lahap selama ini. Atau, jangan –jangan kamu malah dilabeli dengan salah satu dari hal-hal ini. Yuk simak!

1. Bibliophile

Bibliophile merupakan istilah untuk seseorang yang benar-benar mencintai buku baik itu membacanya dan mengoleksinya. Akan tetapi dia tidak berobsesi berlebihan sebab kecintaannya tersebut terbilang wajar.

Misalnya mengoleksi, membaca, dan merawat bukunya yang sudah dianggap sebagai seorang sahabat karib. Ataupun perpustakaan pribadi dan rela menghabiskan uang demi membeli sebuah “buku”.

2. Book Sniffer

Book Sniffer merupakan sebutan untuk orang yang suka membaui aroma buku . baik aroma khas dari buku lama ataupun buku yang telah usang. Ada semacam kenangan sendiri ketika aroma itu diendus olehnya.

3. Bibliomania

Bibliomania adalah orang yang terobsesi untuk mengumpulkan buku secara terus menerus sehingga koleksi bukunya telah menumpuk. Bahkan terkadang buku tersebut ada yang tidak dibacanya sama sekali. Dan tak jarang pula perilaku ini seolah menjadi salah satu bentuk pelarian dirinya dari hubungan sekitar yang tak begitu harmonis .

4. Tsundoku

Tsundoku yang merupakan istilah dari jepang ini merupakan sebutan bagi mereka yang sangat gemar membeli buku namun buku tersebut tidak dibaca sama sekali . seolah hanya dijadikan sebagai pajangan belaka.

5. Bibliokleptomania

Bibliokleptomania adalah orang yang cenderung lupa atau memang sengaja tidak mengembalikan buku yang telah dipinjamnya bahkan memang berniat mencurinya. Hal ini disebabkan oleh orang bersangkutan tidak mampu memiliki atau membeli buku tersebut.

6. Bibliotaphs

Istilah ini merujuk pada seseorang yang memilih untuk menyembunyikan buku-buku miliknya dari orang lain. Seolah mereka tidak rela jika bukunya menjadi rusak atau hilang.

7. Biblioarti

Biblioarti merupakan perasaan kagum berlebihan pada buku dan berkeinginan kuat untuk melindungi buku. Termasuk melindungi buku miliknya supaya tidak diambil oleh orang lain.

8. Bibliognast

Bibliognast merupakan istilah untuk orang yang mengetahui tentang sesuatu buku samoai hal-hal detail. Misalnya mulai dari daftar pustaka hingga isi dari setiap halaman.

9. Bibliobibuli

Bibliobibuli adalah sebutan bagi orang berdaya baca di atas rata-rata. Misalnya dia dapat menyelesaikan satu novel tebal dalam waktu beberapa jam saja sedangkan orang normal membutuhkan waktu hingga dua hari paling cepat.

10. Librocubicularist

Nah, Librocubicularist ini adalah sebutan untuk orang yang gemar membaca buku di tempat tidur. Kayanya ini julukan pas untuk aku deh, hehe.
Semua pecinta buku melakukan ini kan ya? Apalagi ditemani setoples keripik kacang, ehh

11. Abibliophobia

Abibliophobia merupakan istilah untuk orang yang merasa sangat frustasi apabila tidak memiliki bahan yang mau dibaca. Oleh sebab itu, baginya akan lebih baik membeli banyak buku sekaligus karena takut kehabisan bahan bacaan tiba-tiba.

Tips untuk si Abibliophobia ini jika kehabisan bahan bacaan, silahkan baca komposisi dibelakang botol sabun ya , ngehehe..

12. Bibliopegy

Bibliopegy merupakan praktek atau teknik penyampulan buku. Bahkan juga dikenal istilah anthropodemic bibliopegy yang adalah penyampulan buku dengan menggunakan kulit manusia. Praktek ini sudah terjadi sejak berabad-abad lalu di Eropa, lho.

13. Bookworm

Sekilas Bookworm memang sama dengan Bibliophile. Akan tetapi, seorang Bookworm lebih kepada cinta terhadap isi bukunya atau membaca buku. Dia tidak memiliki keinginan sekuat seorang Bibliophile untuk sampai mengoleksi buku-buku tersebut.

Nah , sebagai pecinta buku, istilah mana sih yang paling menggambarkan dirimu?


Pimred

Pimred

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.