Breaking News
recent

MAHASISWA DAN ORGANISASI



Opini - Mahasiswa dan organisasi merupakan kedua hal yang tidak dapat terpisahkan.  Kura-kura, alias (kuliah-rapat kuliah-rapat), itulah sebutan bagi mereka, para mahasiswa yang aktif di beberapa kegiatan kampus. Bahkan, tidak jarang mereka rela pulang larut malam dari kampus setiap harinya demi menghadiri rapat ini dan itu.

Kehidupan berorganisasi di kampus nyatanya memiliki begitu banyak pandangan dan sorotan. Ada yang memandang bahwa dengan mengikuti kegiatan organisasi hanya akan menghambat nilai akademik. Hmm, masa sih? 

Namun, tidak sedikit juga yang menganggap bahwa dengan bergabung dalam organisasi kampus akan memberikan banyak sekali manfaat bagi dirinya, salah satunya dengan menjadi mahasiswa yang eksis yang terkenal seantero kampus.

Sebagai seorang mahasiswa, berprestasi di bidang akademik sudah menjadi sebuah kewajiban. Yap, tugas kita sebagai seorang mahasiswa adalah belajar! Tapi, apa iya cukup dengan belajar saja? Selain datang ke kampus untuk menimba ilmu, alangkah baiknya kalau seorang mahasiswa juga menyeimbangkan kehidupannya sebagai mahasiswa dengan mengikuti berbagai kegiatan di bidang non akademik, salah satunya dengan aktif di beberapa organisasi kampus, seperti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), himpunan mahasiswa jurusan/program studi, dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), atau bergabung dalam kepanitiaan sebuah acara di kampus.

Mahasiswa yang disebut-sebut sebagai kaum intelektual muda harus mempunyai beberapa modal untuk mewujudkan ungkapan tersebut. Tidak hanya kemampuan yang baik secara akademik (hardskill) yang harus dimiliki tetapi kemampuan lain juga sangat diperlukan. Kemampuan di luar bidang akademik itu biasa disebut dengan soft skill. 

Tetapi pada kenyatannya banyak sekali mahasiswa yang belum memiliki kemampuan ini.Mahasiswa merupakan agent of change (agen perubahan) yang diharapkan dapat mewujudkan perubahan dari bangsa ini, peran mahasiswa dalam melakukan perubahan tidak cukup hanya itu saja, melainkan mahasiswa bisa menjadi pelaku perubahan tersebut. Karena sikap kritis yang dimiliki mahasiswa  sering membuat perubahan besar. 

Tentunya, perubahan  itu diharapkan kearah yang positif. Maka sebagai agent of change mahasiswa harus bisa terjun langsung dalam masyarakat. Hal tersebut dapat terwujud dengan baik jika mahasiswa  mampu berorganisasi. Organisasi tersebut dapat  diperoleh saat mahasiswa berinteraksi dengan  kelompok-kelompok tertentu. 

Organisasi adalah suatu kelompok yang terdiri  dari beberapa orang yang mempunyai tujuan visi dan  misi yang sama dalam melakukan perubahan, dengan adanya organisasi seseorang yang mempunyai aspirasi,  bakat serta kemampuan yang lain dapat tersalurkan  dalam organiasi tersebut. Sehingga aspirasi-aspirasi itu dapat terwujud dengan kerjasama yang baik dalam  organisasi itu. 

Maka dari itu dalam organisasi juga  dibutuhkan adanya rasa solidaritas yang tinggi antar  anggota seperti kerjasama, rukun, kompak, dan saling membantu apabila ditemukan kendala-kendala dalam  organisasi tersebut Dan pendapat saya tentang mahasiswa yang aktif  dalam organisasi dia dapat mengembangkan  kemampuan yang dimilikinya. 

Di organisasi dia belajar  tentang bagaimana caranya menjalankan amanat dengan rasa tanggung jawab. Tidak hanya itu saja masih banyak  lagi manfaat yang dapat diambil dari aktifnya mahasiswa  dalam berorganisasi. Misalnya, dengan adanya dia berorganisasi dia bisa belajar mengatur atau membagi  waktunya dengan baik, antara organisasi dan kuliah. 

Tidak perlu takut dengan nilai IP yang akan turun, dengan adanya kita bisa konsisten dan komitmen  terhadap tugas maka tidak akan ada yang terbengkalai.  Sering saya ketahui bahwa mahasiswa yang mengikuti  organisasi dia terlihat bijaksana dan bertanggung jawab  terhadap tugasnya, ketika mengambil keputusan dia juga  bersikap tegas dan konsisten. 

Mungkin mahasiswa yang  berminat untuk mengikuti organisasi dia ingin  membangun karakter kepemimpinan yang baik. Dengan  demikian dia mendapatkan pengalaman yang dapat  diambil pelajarannya untuk bekal masa depan.

Penulis : Nyak Maulana
Admin

Admin

No comments:

Post a comment

Powered by Blogger.