Breaking News
recent

Jumat Berbagi di Masjid Baburrahman Gampong Karang Anyar

 

Masjid Baburrahman Gampong Karang Anyar. Foto (Doc.Istimewa)

Zawiyah News | Serba Serbi - Hari Jumat merupakan hari yang istimewa dari semua hari dalam seminggu. Pada hari Jumat, Allah SWT banyak sekali menghadirkan kebaikan-kebaikan dan limpahan Rahmat serta kasih sayangnya kepada makhluk. Bahkan ketika seseorang memohon kebaikan kepada Allah pada waktu itu, maka Allah senantiasa memberikan kebaikan dengan mudah. Hari Jum'at merupakan hari penuh berkah. Amalan-amalan dihari Jum'at pun dijanjikan ganjaran pahala yang berlipat ganda. Dari sekian banyak amalan, salah satunya yang banyak dianjurkan adalah sedekah. Pasalnya, banyak sekali keutamaan yang didapat oleh seorang muslim ketika bersedekah dihari Jumat salah satunya adalah dapat menggugurkan dosa. Keutamaan dari bersedekah menjadi dasar seseorang pada akhirnya membiasakan diri untuk ringan bersedekah. Sedekah walaupun hanya dengan sebiji kurma bisa mengantarkan seseorang masuk ke pintu surga.

"sesungguhnya orang orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pahalanya) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang Mulia". (Q.S Al-Hadid:18)

Badan Kemakmuran Masjid dan Remaja Masjid Gampong karang Anyar Kecamatan Langsa Baro mengadakan program sedekah jumat di masjid baburrahmah, berbagi keberkahan dalam bentuk pemberian makanan dan minuman kepada jamaah masjid Gampong karang Anyar yang melaksanakan sholat jumat di masjid Baburahmah. Program ini dilaksanakan secara rutin setiap hari Jumat di masjid baburahmah Gampong Karang Anyar.

Ketua badan kemakmuran Masjid, Jarno mengatakan, program sedekah jumat ini merupakan tempat wadah berbagi keberkahan yang menyalurkan sedekah makanan dan minuman dari para donatur. Program ini berjalan sejak bulan November tahun 2020, berkat dukungan takmir masjid, pengurus masjid, jamaah masjid, program ini terus berjalan sampai sekarang ini dan mengalami peningkatan para masyarakat untuk memberikan sedekah pada program jumat ini.

Kegiatan ini Setiap hari Jumat menyediakan makanan dan minuman sebanyak 400 porsi bahkan 600 porsi untuk dibagikan kepada jamaah sholat Jumat. Di depan masjid telah disiapkan 2 meja untuk menyimpan makanan dan minuman yang telah dikumpulkan yang nantinya akan dibagikan ke para jamaah. makanan sebanyak itu dapat terkumpul dari hasil sedekah para donator. Ini merupakan kesempatan untuk warga Gampong Karang Anyar untuk bersedekah, Masyarakat berlomba-lomba mencari pahala dengan memberikan berbagai jenis makanan dan minuman. Tanpa diminta masyarakat gampong karang anyar sekitar secara bergiliran berbagi rezeki dalam bentuk makanan dan minuman. "Kadang ada jamaah yang membawa makanan untuk disedekahkan. Adapun makanan yang disedekahkan untuk jamaah yang sholat di Masjid Baburahmah di Gampong Karang Anyar bermacam-macam yaitu dapat berupa Nasi Goreng, Mie Goreng, Bubur Sumsum, Bubur Kacang Hijau, Nasi Kotak, kue, gorengan dan makanan lainnya. Minuman yang disajikan juga dapat berupa Minuman Jus buah, susu kedelai, dan minuman dan buah-buahan segar lainnya.

Makanan dan minuman dibagikan pada saat selesai sholat Jumat.Tak lupa pula para relawan dan anggota Remaja Masjid yang ikut serta membantu  membagikan makanan dan minuman kepada para jamaah sholat Jumat. Adanya program ini ternyata banyak sekali manfaat yang didapatkan, yaitu jamaah masjid jadi sejahtera, meningkatnya jamaah masjid, dan menumbuhkan semangat untuk bersedekah baik dalam bentuk donasi maupun berupa makanan atau minuman.

Sementara itu, Roni Adi selaku ketua Remaja masjid mengucapkan terimakasih kepada para donatur yang telah menyisihkan sebagian rezekinya sehingga program ini dapat berjalan.

Program sedekah jumat ini sebagai momen berbagi kepada jamaah berhasil menarik antusias jamaah, bukan untuk mendapatkan makanan gratis melainkan juga untuk memakmurkan masjid dan untuk memperbanyak sedekah.

Penulis adalah Dewi Sarlia Mahasiswa Prodi PAI Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Langsa

Admin

Admin

No comments:

Post a comment

Powered by Blogger.