Breaking News
recent

Minat Baca Di-Zaman Milenial

 

Foto. (Doc.Istimewa)


Zawiyah News | Serba Serbi - Membaca merupakan suatu kebutuhan bagi manusia, dimana dengan membaca buku dapat menambah wawasan dan meningkatkan pengetahuan serta dengan membaca suatu buku kita akan mendapatkan ilmu yang belum pernah kita ketahui dan kita dapatakan sebelumnya, serta banyak hal positif dari kegiatan membaca, namun di indonesia sendiri kegiatan membaca ini masih kurang, berbeda dengan negara maju lainnya yang menjadikan kegiatan membaca ini sebagai suatu budaya.

Dari beberapa negara maju di Asia Tenggara Negara Indonesialah yang memiliki tingkat minat baca masyarakat nya masih terbilang sangat rendah. kondisi ini sangat miris, di mana menurut Unesco tingkat minat baca pada masyarakat di indonesia hanya sejumlah 0,01 di mana rata-rata indeks di negara-negara maju tingkat minat membaca nya berjumlah 0,45 sampai dengan 0,62.

Hal inilah yang menyebabkan rendahnya kualitas pendidikan di indonesia. Adapun penyebab rendahnya minat baca masyarakat Indonesia sendiri itu dikarenakan masyarakatnya lebih menyukai aktivitas menonton televisi, berselancar di media sosial, bahkan zaman era modern ini kegiatan anak-anak itu ialah bermain game di gadgetnya berbeda dengan zaman pada tahun 1990 sampai dengan tahun 2000 an di mana anak-anak kecil suka membaca buku cerita bersama teman-teman yang lainnya.

Karena kondisi minat baca masyarakat masih rendah, pemerintah membuat organisasi yang bernama Gerakan Permasyarakatan Minat Baca (GPMB) pada tahun 2017 dan  organisasi ini juga berharap hingga tahun 2023 nanti gerakan ini sudah ada juga di setiap desa-desa, hal ini disampaikan langsung oleh Kepala perpusnas yaitu Muhammad Syarif Bando.

Organisasi ini menargetkan gerakan ini ada di desa-desa, yang bertujuan untuk menyadarkan masyarakat betapa pentingnya membaca, di mana membaca itu bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM di indonesia. Dengan membaca kita akan memiliki pengetahuan yang lebih luas terbukti dengan beberapa orang-orang sukses sebagai berikut yaitu Bill Gates sang pendiri Microsoft beliau mengaku membaca lebih dari 50 buku setiap tahunnya. Dari buku yang dibaca setiap harinya dia mendapatkan pemikiran-pemikiran baru sehingga itu dapat merubah dunia dengan caranya. Adapun perintah membaca ini juga disampaikan di dalam agama Islam, kata pertama yang diturunkan di dalam Alquran berbunyi Iqra’ yang artinya bacalah kita diperintahkan untuk membaca oleh Allah swt.

Di mana perintah untuk membaca itu ada di dalam Surah Al Alaq yang merupakan surah pertama yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. Surah ini berjumlah 5 ayat, pada ayat pertama surah al-alaq ini Allah swt berfirman” Iqra’ bismirobbikalladzi kholaq” yang terjemahannya ialah bacalah dengan menyebut nama tuhanmu yang menciptakan. dan pada ayat ke-3 dalam surah ini perintah membaca diulang kembali yaitu “Iqra warabbukal Akram” yang terjemahannya ialah bacalah dan tuhanmulah yang maha mulia. Sehingga surat inilah yang menjadi tonggak Perubahan dunia yaitu pentingnya ilmu pengetahuan di mana perubahan jahiliyah menjadi terang benderang, perubahan ini bisa terjadi karena diawali dengan perintah bacalah di mana didalam surah Al A'la itu perintah membaca bukan hanya dimaknai untuk membaca selembaran buku melainkan dapat membaca tanda-tanda kebesaran Allah swt dan alam semesta.

Adapun kegiatan membaca itu sendiri memiliki manfaat, yaitu sebagai berikut.

1. Stimulasi mental

Dengan membaca setiap harinya dapat mencegah dari penyakit Alzheimer dan demensia, hal itu dikarenakan dengan aktivitas membaca ini, otak terjaga tetap aktif dan bekerja sehingga membuat kita tidak mudah kehilangan ingatan-ingatan atau memori-memori di dalam kehidupan yang telah kita jalani.

2. Menambah pengetahuan

Dari buku yang anda baca itu akan membuat diri Anda mendapatkan informasi-informasi baru yang akan berguna di dalam kehidupan kedepannya dengan Seiring berjalannya waktu. Semakin anda memiliki pengetahuan yang lebih luas itu dapat membantu anda dalam dunia pendidikan maupun di dalam dunia pekerjaan.

3. Keterampilan menulis

Dengan membaca karya orang lain yang telah diterbitkan. Maka penulis pemula akan mengamati gaya penulisan orang lain sehingga sebagai gambaran dalam penulisannya yang akan dia tulis.

4. Hiburan

Untuk mendapatkan hiburan yang simpel dan mudah seseorang terkadang hanya perlu membaca suatu buku untuk menjernihkan pikiran dari pekerjaan yang membuat dirinya menjadi penat, dan buku dengan genre komedi juga dapat menjadi hiburan bagi yang membacanya serta bagi anak-anak dengan membaca buku cerita dapat membuatnya mendapatkan kosakata yang banyak mulai dari kecil.

Dari data yang menyatakan minat membaca masyarkat indonesia yang masih rendah,pemerintah serta lembaga-lembaga tertentu seperti perpus daerah,perpustakaan di kampus dan lainnya, sudah membuat suatu cara agar masyarakat menjadi gemar membaca di zaman milenial yang serba instan(praktis) ini yaitu dengan adanya perpustakaan dalam bentuk digital yang bisa diakses dimanapun berada hanya dengan bermodalkan paket data. Peningkatan jumlah kunjungan pada perpustakaan digital ini semakin signifikan semoga kedepannya makin banyak lagi masyarkat indonesia yang gemar membaca sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan mutu sumber daya manusia di indonesia.

Yuk mulai dari diri kita sendiri  untuk membaca buku setiap harinya sehingga dapat memotivasi orang banyak..

Penulis Adalah Nurjihan Azizah, Mahasiswi Program Study Manajemen Keuangan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN LANGSA.

Admin

Admin

No comments:

Post a comment

Powered by Blogger.