Breaking News
recent

Inovasi Bisnis Menjelang Ramadhan 1442 H Saat Pendemi Covid-19

 

Foto : Google

Zawiyah News | Serba Serbi - Bulan Ramadhan 1442H sebentar lagi akan tiba dan tinggal meghitung hari saja. Ramadhan ditahun 2021 ini mungkin tidak jauh berbeda dengan bulan Ramadhan ditahun 2020 yang lalu, dimana diawal tahun 2020 adalah masa-masa awal penyebaran pandemi Covid-19 di seluruh belahan dunia dan di Indonesia. Pandemi Covid-19 memaksa setiap orang untuk beraktivitas di rumah saja, dan harus mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, menggunakan hand sanitaiser, dan selalu mecuci tangan. 

Kondisi ini membuat pola kehidupan yang sebelumnya normal menjadi tidak normal, begitu juga dengan kondisi kegiatan ibadah pada bulan suci Ramadhan, masyarakat harus terbiasa dengan kegiatan ibadah yang serba terbatas, mulai dari buka puasa di rumah saja, sholat tarawih di rumah, dan bahkan saampai sholat idul fitri di rumah saja.

Dengan adanya pandemi Covid-19 kondisi perekonomian Indonesia menjadi terganggu, masyarakat harus pandai-pandai megolah keuangan mereka agar kondisi ekonomi tetap stabil. Bulan Ramadhan yang seharusnya menjadi ladang bisnis juga terkena imbas dari pandemi covid-19. Masyarakat harus pintar-pintar melihat peluang bisnis yang ada, tentunya dengan adanya bulan Ramadhan ini akan menjadikan munculnya peluang-peluang bisnis yang dapat membantu dan mendongkrak perokonomian keluarga. Berikut ini adalah beberapa contoh inovasi bisnis yang bisa anda jalankan ketika bulan Ramadhan saat tengah pandemi.

Bisnis catering makanan untuk sahur dan berbuka puasa.

Pada masa pembatasan sosial di tengah pandemi tentunya menjadi peluang usaha tersendiri di bulan Ramadhan, masyarakat tentunya akan memilih untuk mencari makanan siap santap tanpa harus menunggu dan pergi langsung ke tempat-tempat makan karena mereka juga masih takut akan adanya wabah virus corona yang masih menjadi ancaman hingga saat ini. Maka dari itu usaha catering makanan mejadi salah satu ide bisnis cemerlang di tengah bulan suci Ramadhan.

Dalam menjalankan usaha catering makanan ini anda akan dituntut untuk pandai memilih dan berinovasi dalam memilih menu makanan yang disajikan agar para konsumen tidak merasa bosan dengan menu yang ditawarkan. Kemudian untuk menarik minat para pelanggan anda harus membuat iklan semenarik mungkin seperti memberikan menu paket hemat, menu paket murah, dan potongan harga.

Selain itu anda juga dituntut untuk mencari lokasi dan konsumen yang pas untuk oalahan makanan anda agar tepat sasaran seperti di area perkantoran dan kos mahasiswa yang umumnya membutuhkan makanan siap santap saat berbuka puasa. Dan yang terpenting dari menjalankan usaha catering adalah mejaga kehigenisan makanan, cita rasa, dan pelayanan. Dengan demikian para konsumen akan merasa puas dengan apa yang mereka rasakan.

Berjualan buah kurma.

Pada bulan Ramadhan adalah waktu yang pas untuk berjualan salah satu buah khas dari timur tengah ini. Bulan Ramadhan indentik dengan buah kurma, ada yang kurang rasannya jika berbuka puasa di bulan Ramadhan tanpa buah kurma. Apalagi ada hadis yang menyatakan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, "ketika salah seorang diatara kalian berpuasa, maka berbukalah dengan kurma. Jika tidak medapati kurma, maka berbukalah dengan air putih, karena air putih mensucikan".

Ketika bulan Ramadhan tiba permintaan akan ketersediaan buah kurma sangat banyak dan jauh dari bulan-bulan sebelum Ramadhan. Maka dari itu berjualan buah kurma saat bulan Ramadhan adalah sebuah peluang usaha yang menjanjikan ditambah karena buah ini tidak terlalu banyak dijumpai di Tanah Air Indonesia, Anda bisa mencari importir atau agen buah kurma dengan harga yang murah untuk dijual kembali dan dikemas dengan kemasanya berbeda dan lebih menarik tentunya.

Menjualan aneka macam buah-buahan.

Dalam menjalankan ibadah puasa setiap orang pasti merasakan lelah dahaga dan menginginkan berbuka dengan yang segar-segar. Buah-buahan adalah salah satu makanan yang harus selalu ada ketika berbuka puasa. Apalagi buah-buahan menjadi bahan utama untuk membuat minum-minuman yang menyegarkan seperti sup buah, es campur, aneka jus, dan lain-lain. Oleh karena itu berjualan buah-buahan di bulan Ramadhan menjadi salah satu ide bisnis yang perlu anda coba.

Membuka jasa cuci dan setrika pakaian.

Sebagian orang tidak menyangka bahwa ada salah satu ide bisnis yang tentunya sangat prospek untuk dilakukan pada bulan Ramadhan yaitu jasa cuci dan setrika pakain atau lebih dikenal dengan jasa laundry. Usaha ini prospek dijalankan pada bulan Ramadhan karena banyak ibu-ibu yang bekerja dan sibuk menyiapakan makanan untuk berbuka puasa.

Puncak dari usaha ini adalah ketika menjelang dan sampai hari raya idul fitri tiba, karena banyak dari asisten rumah tangga yang mudik pulang kampung dan mau tidak mau mereka akan menggunakan jasa laundy pakaian untuk menggantikan pekerjaan asisten rumah tangga. Tentu saja laundry pakaian menjadi peluang bisnis dan peluang meraup untung di bulan Ramadhan.

Berjualan Busana Muslim dan Pakain Baru.

Tak dapat dipungkiri lagi ide bisnis berjualan busana muslim adalah salah satu usaha yang pasti meraup untung di bulan Ramadhan. Pasalnya dari semua kalangan baik pria, wanita, anak-anak, remaja, maupun dewasa tentunya akan berlomba-lomba memaksimalkan ibadah, salah satunya dengan membeli pakaian ibadah baru yang tentukan akan menambah semangat dan rasa nyaman ketika sedang beribadah di bulan Ramadhan.

Bagi yang belum memiliki modal yang cukup untuk menjalankan usaha ini anda tidak perlu ragu, karena anda bisa berjualan tanpa modal yang banyak dengan cara menjadi reseller atau sebagain dropshipper. Bagi anda yang belum memiliki toko atau tempat untuk berjualan bisa juga dengan berjualan secara online dari rumah saja.

Bisnis aneka kue kering khas lebaran.

Menjelang hari raya idul fitri makanan kue kering menjadi salah satu makanan yang laku keras dan dicari oleh banyak orang, Semakin mendekati lebaran permintaan kue kering akan semakin tinggi. Karena ketika hari lebaran tiba kue kering mejadi salah satu makanan untuk disuguhkan ketika ada sanak saudara yang datang, dan tentunya kue kering ini memiliki kelebihan yang awet dan enak sehingga menjadi primadona ketika lebaran tiba.

Usaha Parsel Lebaran.

Usaha membuat parsel lebaran ini sangat cocok dijalankan saat bulan Ramadhan. Karena pada saat mejelang lebaran tiba orang-orang akan berlomba-lomba mengirimkan parsel lebaran ke tetangga, teman, dan kerabat mereka.

Anda hanya perlu berinovasi untuk membuat parsel terlihat semenarik mungkin, dengan memilih isi parsel, kemasan parsel, dan tentunya harga parsel itu sendiri. Dengan memanfaatkan media sosial anda akan mudah menjangkau konsumen dengan memposting atau mengirimkan foto parsel semenarik mungkin.

Penulis adalah Muhammad Faishal, Mahasiswa Prodi KPI, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Langsa

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.