Breaking News
recent

Karakter Generasi Muda, Jantungnya Negeri Ini

 

Opini - Perlu diperhatikan saat ini, pendidikan karakter anak bangsa sudah berada dalam tahap yang harus perbaiki. Pendidikan karakter anak bangsa sangat berbeda dari tahun ke tahun. Jika pendidikan karakter anak bangsa dulunya lebih dominan dalam kategori yang tidak dipermasalahkan, maka saat ini pendidikan karakter menjadi penilaian pertama dalam pembelajaran di tingkat sekolah maupun dalam segi kehidupan lainnya. Perhatian dalam pendidikan karakter yang telah dibentuk oleh Pemerintah merupakan salah satu solusi terbaik. Namun, lembaga pendidikan juga tidak mampu menangani secara satu pihak, adanya kerjasama dengan keluarga dan lingkungan sekitar mungkin mampu mewujudkan apa yang ingin dicapai untuk generasi muda selanjutnya. Bagaimana sih kondisi generasi saat ini sehingga pendidikan karakter menjadi point penting dalam kehidupan sehari-hari?

Generasi muda saat ini terlahir dari didikan orang tuanya, pengaruh lingkungan sekitar, dan perkembangan teknologi yang semakin canggih. Dampak terbesar dari perkembangan generasi muda dalam pertumbuhannya adalah keluarga, dan lingkungan tempat tinggalnya. Mungkin kalau di sekolah, mereka hanya empat sampai lima jam dalam melakukan aktivitasnya, selebihnya generasi muda sekarang melakukan aktivitas di rumah ataupun di lingkungannya.

Bahaya dari aktivitas generasi muda yang dilakukan diluar rumah salah satunya, ditakutkan generasi muda saat ini akan tidak memiliki karakter yang baik. Biasanya generasi muda jika sudah berkumpul dengan teman sebayanya akan melakukan hal-hal yang berbeda-beda. Ada yang mengerjakan hal positif seperti belajar kelompok, ikut kegiatan ekstrakurikuler, berorganisisasi, dan lain sebagainya. Namun, bagaimana jika generasi muda saat ini yang melakukan hal yang tidak bermanfaat, seperti duduk di warung kopi, bermain games, balap liar, merokok, bergadang tak jelas, ataupun hal-hal lain yang menyimpang dari nilai kebaikan, dan merugikan masyarakat sekitar. Kemungkinan karakter anak bangsa akan menjadi sebuah permasalahan besar kedepannya.

Pentingnya karakter bagi generasi muda saat ini, menjadi penentu perubahan dunia pada masa yang akan datang. Generasi-generasi sekarang adalah orang-orang yang menggantikan kedudukan kepemimpinan dimasa saat ini.  Jika penerus generasi bangsa memiliki karakter yang buruk, apa yang akan terjadi dimasa sesudahnya. Walaupun generasi penerus memiliki kecerdasan intelektual yang tinggi, namun nilai sikap yang ditunjukkan tidak baik, maka akan hancur pula negeri tercinta ini. Oleh karena itu, perlu adanya pemahaman tentang apa itu karakter dan bagaimana penting sebuah karakter bagi generasi muda saat ini?

Karakter adalah suatu nilai yang diwujudkan dalam bentuk perilaku. Nilai-nilai yang diberikan dalam bentuk tindakan atau perilaku seseorang maka dapat dikatakan sebuah karakter. Jika kita menyebutkan kata karakter, sering kita mendengarkan orang mengatakan karakter dalam bentuk sifat ataupun kegiatan. Dalam kehidupan sehari-hari, karakter adalah segala bentuk penilaian yang ditunjukkan dalam tingkah laku atau tindakan dari seorang individu. Karakter sangat penting bagi setiap orang, bukan hanya bagi generasi muda saat ini. Namun, untuk menjadikan Negeri yang memiliki nilai-nilai kemanusiaan yang baik, dapat berawal dari generasi penerus yang sangat muda.

Membentuk karakter yang baik, mungkin dapat dilakukan dari generasi penerus yang memiliki usia yang sangat dini. Perhatian yang khusus dan pendekatan dari orang tua dengan anak yang masih di bawah umur, ini lebih mudah membentuk karakter-karakter baik dalam diri seorang anak. Anak cenderung mengikuti perilaku orang tuanya, ini menggambarkan orang tua sebagai bahan tiruan bagi anak. Anak akan melihat apa yang dilakukan oleh orang tuanya setiap harinya, dan kemudian anak tersebut mempraktekkannya. Kewaspadaan orang tua terhadap tindakan-tindakan dalam mendidik anak juga harus diperhatikan agar si anak dapat mengambil hal positif dari tingkah laku orang tuanya. Tidak hanya itu, mungkin lingkungan tempat tinggal juga menjadi bahan pertimbangan dalam membangun karakter yang baik, setelah dukungan dari orang tua.

Lingkungan sekitar sering memicu hancurnya karakter bagi penerus bangsa. Dalam berinteraksi dengan lingkungan sekitar, biasanya anak-anak generasi muda cenderung mengikuti tingkah laku teman bermainnya. Nah, jika teman bermainnya memiliki karakter yang baik tanpa disadari si anak juga akan terbawa dengan nilai-nilai baik dari temannya. Namun sebaliknya, jika lingkungan sekitarnya membentuk karakter yang buruk, Kemungkinan karakter yang terbentuk akan sama dengan lingkungannya pula. Nah, Peran lingkungan dalam membentuk generasi muda yang berkarakter sangatlah diperlukan. Adanya kegiatan masyarakat dalam menanggulangi generasi-generasi yang nakal, ini merupakan wujud perubahan kecil dalam mengatasi kehancuran yang besar. Adanya gerakan-gerakan setiap masyarakat dalam kampung, dapat membangun generasi muda yang berkarakter dan intelektual. Kegiatan masyarakat yang dapat dilakukan diantaranya seperti membentuk remaja masjid, kelompok belajar masyarakat yang dikoordinasikan oleh pemuda-pemuda kampung, dan kegiatan lain yang bermanfaat. Kegiatan-kegiatan tersebut telah dilakukan oleh setiap kampung, ada yang berjalan lancar dan ada yang tidak berkelanjutan. Masalah ini perlu ada penegasan dari pihak-pihak yang miliki suara terpenting disetiap kampung, agar dapat mengontrol dan mengawasi jalannya kegiatan.

Selain itu, pendidikan karakter juga akan mudah dibentuk jika ditanamkan nilai-nilai keagamaan pada diri si anak. Contohnya, jika anak-anak bangsa paham nilai-nilai agama dari tempat pengajian, dayah, ataupun pesantren. Maka ini juga akan membentuk karakter yang baik bagi si penerus bangsa. Didalam ilmu agama, sangat diutamakan adab dan etika dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Bahkan, dalam agama sendiri tingkah laku yang baik lebih diutamakan dari orang yang berilmu. Inilah juga salah satu yang menunjukan pentingnya pendidikan karakter bagi setiap orang. Karna tanpa karakter yang baik seseorang akan dapat melakukan hal yang tidak terduga. Misalnya kejadian yang sering terjadi sekarang oleh generasi saat ini mengenai perilaku buruk yaitu pencurian, pelecehan seksual, kekerasan, dan lain sebagainya.

Dari beberapa penjelasan diatas, dapat diketahui bahwa sangat penting pendidikan karakter bagi penerus bangsa yang dimulai pembentukannya dari usia yang sangat dini, dan beberapa faktor pendukung lain seperti lingkungan masyarakat, ilmu agama, serta orang-orang yang membantu membentuk karakter bagi si anak. Setelah karakter telah terbentuk dengan baik, maka dimanapun si generasi muda berada atau menginjakkan kakinya di bumi, maka dia akan menanamkan nilai-nilai baik tersebut, bahkan hingga dia dewasa dan meneruskan hingga ke posisi yang akan didudukinya nanti. Semoga penerus generasi muda kita adalah orang-orang yang memiliki karakter baik, jauh dari korupsi, kriminal, dan pelanggaran-pelanggaran lainnya, serta dapat membentuk negeri tercinta yang diinginkan oleh seluruh insan di muka bumi ini.

Penulis : Dinda Reskina Mahasiswi Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

 

Admin

Admin

No comments:

Post a comment

Powered by Blogger.