Breaking News
recent

Kegembiraan Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Essay Serba-Serbi||Bulan suci ramadhan merupakan kesempatan bagi setiap hamba Allah untuk lebih meningkatkan ketakwaan, karena bulan ini memiliki beberapa keutamaan dan manfaat yang begitu besar yang tidak didapatkan dibulan-bulan lain,  Ramadhan merupakan syahrul Quran (bulan Quran). Diturunkannnya alquran pada bulaan ramadhan menjadi bukti nyata atas kemuliaan dan keutamaan bulan ramadhan, keberkahan dan kemuliaan di dalam bulan ramadhan adalah terbukanya pintu-pintu syurga dan ditutupkannya pintu-pintu neraka.Sebuah riwayat dari imam thabrani, Rasulullah SAW bersabda “ Telah datang kepadamu bulan suci ramadhan, penghulu segala bulan, maka ucapkanlah selamat datang kepadannya, karena ia akan datang membawa berbagai keberkahan,. Maka alangkah mulianya bulan yang datang itu”.

“Lantas kenapa kita harus bergembira dengan kedatangan bulan ramadhan? Secara eksplisit dalam hadist dari imam tabrani tersebut sudah disebutkan alasan kegembiraan itu dikarenakan turunnya ragam keberkahan di bulan ramadhan.

Berkah berarti segala bentuk kenikmaan, kebaikan, dan anugrah yang Allah berikan kepada hamba-hamba Nya yang dikehendaki, dengan kata lain pada bulan suci ramadhan, Allah SWT menebarkan rahmat dan ampunan-Nya serta peluang dibebaskannya setiap hamba dari sentuhan siska api neraka jahannam. Di antara ragam keberkahan atau kenikmatan di bulan ramadhan ini adalah difardukannya ibadah puasa, dibuka nya pintu-pintu syurga dan di tutupkannya pintu-pintu neraka, kemudian setan-setan dibelenggu, dan adanya malam seribu bulan atau malam lailatul qadar saat ramadhan.

Kegembiraan dengan datangnya bulan ramadhan adalah karena kita telah meyakini dan menyadari banyak keutamaan yang terdapat di dalam bulan ramadhan, gembira karena Allah akan memberikan gelar Taqwa bagi mereka yang dengan sungguh-sungguh melaksanakan puasa.

Gembira karena telah dapat berjumpa dengan bulan yang dinanti-nantikan, kita tidak bisa menjamin bahwa usia kita akan mengantarkan kita pada bulan penuh keberkahan ini, kecuali atas izin Allah dengan memanjangkan umur kita, gembira yang dilandasi dengan rasa syukur kepada Allah atas umur yang masih diberikan, sehingga tidak ada waktu yang di sia-siakan jika kesempatan ini diberikan oleh Allah kepada kita. “ Barang siapa yang bergembira akan hadirnya bulan ramadhan, maka jasadnya tidak akan tersentuh oleh api neraka” ( HR. an-Nasa’i)

Hadis tersebut mengatakan bahwa siapa saja yang senang atau bergembira dengan datangnya bulan ramadhan maka jasad kita tidak akan disentuh oleh api neraka, Dalam menyambut bulan suci ramadhan peserta KPM iain langsa berpartisipasi membuat perlombaan untuk anak-anak pengajian yang berada di desa gampong teungoh, desa dimana peserta kpm menyelesaikan kegiatan kuliah pengapdian masyarakat.Yang mana lomba tersebut akan di ikuti oleh sejumlah anak-anak pengajian didesa gampong teungoh tersebut, yang mana lomba ini memberi rasa senang kepada anak-anak mengingat sebentar lagi akan datangnya bulan suci ramadhan. Perlombaan bertujuan untuk mengasah mental dan minat anak-anak desa gampong teungoh, perlombaan juga sebagai acara perpisahan anak-anak dalam mengikuti pengajian yang mana sebentar lagi akan datangnya bulan ramadahan.Seluruh perserta kpm telah menyiapkan segala keperluan untuk hari perlombaan tersebut, tentunya juga dibantu dengan ummi atau guru selaku pemilik rumah pengajian tersebut, anak-anak sangat bersemangat ketika peserta kpm memberitahukan akan diadakannya perlombaan,perlombaan tersebut dimulai dari lomba membaca surah pendek, lomba menghafal bacaan solat, lomba azan, lomba menulis kali grafi, dan lomba cerdas cermat yang di ikuti oleh seruluh anak-anak pengajian gampong teungoh.

Sebelum hari perlombaan, peserta kpm telah jauh-jauh hari memberi tahu kepada anak-anak pengajian agar mempersiapkan diri untuk mengikuti perlombaan, perlombaan ini juga sebagai uji keberanian anak-anak untuk tampil didepan orang ramai, tanpa perlombaan seperti ini tentu kita tidak tau bagaimana keberanian anak-anak untuk tampil didepan keramaian, mungkin ada dari mereka yang tidak berani tampil di depan orang ramai, nah dari perlombaan inilah peserta kpm mengasah sekaligus menguji mental mereka. Dimana acara perlombaan yang akan di adakan pada tanggal 4 bulan april 2021, perlombaan diadakan selama tiga malam berturut-turut, dan nantinya bagi pemenang lomba tersebut akan diberikan hadiah oleh para peserta kpm, yang mana hadiahnya telah disiapkan terlebih dahulu oleh para peserta kpm, mereka yang mengikuti lomba tidak langsung selesai pada satu malam saja, dikarenakan banyak anak yang mengikuti lomba dan lomba tersebut hanya di adakan oleh ummi atau guru ngaji hanya sampai pukul 21.30 WIB. 

Kepada anak-anak pengajian yang tidak berkesempatan maju pada malam pertama perlombaan, maka mereka masih ada kesempatan maju pada malam selanjutnya yaitu malam kedua dan malam ketiga perlombaan, Setelah sampai pada malam ketiga perlombaan, maka pengumuman pemenang lomba pun akan di umumkan, mulai dari juara satu sampai juara tiga untuk semua perlombaan, setelah di umumkan perlombaan maka peserta kpm pun akan membagikan hadiah kepada juara lomba, hadiahnya berupa piala untuk semua juara. Setelah pengumuman dan pembagian piala selesai, maka bagi anak-anak pengajian akan membaca doa bersama yang dipimpin oleh peserta kpm iain langsa, setelah itu di ikuti dengan makan bersama untuk mengambil berkah pada menyambut bulan suci ramadhan.

· Diantara keutamaan dan keberkahan bulan ramadhan

1.Bulan yang penuh barakah

Ini keutamaan Ramadhan yang pertama. Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mensabdakan bahwa bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh barakah. "Telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah." (HR. Ahmad).Barakah artinya adalah ziyadatul khair; bertambahnya kebaikan di bulan Ramadhan, banyak kebaikan yang bertambah. Banyak kebaikan yang meningkat. Kita lihat, Ramadhan memang penuh dengan keberkahan. Meningkatnya omset para pedagang dan pengusaha serta THR bagi karyawan dan pegawai mungkin adalah bagian dari keberkahan bulan Ramadhan. Sedangkan meningkatnya ibadah, puasa Ramadhan, shalat tarawih, semakin banyak tilawah dan sedekah adalah bagian dari keberkahan Ramadhan yang lebih besar lagi.

2.Diwajibkannya puasa

Salah satu keutamaan Ramadhan, di bulan ini umat Islam diwajibkan berpuasa. Sehingga Ramadhan juga disebut sebagai syahrush shiyam. Puasa menjadikan Ramadhan istimewa karena ia adalah rukun Islam yang tidak ada di bulan-bulan lainnya. Lanjutan hadits di atas berbunyi: "Telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah, diwajibkan kepada kalian ibadah puasa." (HR. Ahmad).

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman: "Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian menjadi orang yang bertaqwa" (QS. Al Baqarah: 183). "Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu serta pembeda (antara yang haq dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kalian hadir di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa." (QS. Al Baqarah: 185)

3.Pintu surga dibuka

Pada bulan Ramadhan, pintu-pintu surga dibuka. Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, lanjutan hadits di atas: "Telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah, diwajibkan kepada kalian ibadah puasa, dibukakan pintu-pintu surga." (HR. Ahmad)

4.Pintu neraka ditutup

Di samping pintu-pintu surga dibuka, pada bulan Ramadhan, pintu-pintu neraka ditutup. Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, lanjutan hadits di atas: "Telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah, diwajibkan kepada kalian ibadah puasa, dibukakan pintu-pintu surga dan ditutuplah pintu-pintu neraka." (HR. Ahmad).

5.Syetan dibelenggu

Di antara keutamaan Ramadhan, syetan-syetan dibelenggu pada bulan ini sebagaimana Sabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam: "Apabila Ramadhan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan pun dibelenggu." (HR. Bukhari dan Muslim). Juga lanjutan sebelumnya: hadits riwayat Imam Ahmad "Telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah, diwajibkan kepada kalian ibadah puasa, dibukakan pintu-pintu surga dan ditutuplah pintu-pintu neraka serta syetan-svetan dibelenggu" (HR. Ahmad).

6.Lailatul Qadar Keutamaan

Ramadhan yang tidak kalah luar biasa adalah lailatul qadar. Yakni malam yang nilainya lebih baik daripada seribu bulan. Lailatul qadar hanya ada di salah satu malam bulan Ramadhan, tidak dijumpai di bulan-bulan lainnya. "Telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah, diwajibkan kepada kalian ibadah puasa, dibukakan pintu-pintu surga dan ditutuplah pintu-pintu neraka serta syetan-syetan dibelenggu. di dalamnya terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan. Barangsiapa yang tidak mendapatkan kebaikannya berarti ia telah benar-benar terhalang/terjauhkan (dari kebaikan)" (HR. Ahmad). Dengan adanya lailatul qadar ini, umat Muhammad bisa mengejar ketertinggalan waktu beramal Nabi dari sebelumnya. Seperti umat-umat diketahui, umat terdahulu usianya relatif lebih panjang. Bisa ratusan hingga seribu tahun. Dengan mendapatkan lailatul qadar, amal mereka bisa terkejar karena satu kali lailatul qadar setara dengan 83 tahun. Sepuluh kali mendapatkan lailatul qadar, bisa mengejar 833 tahun amal umat terdahulu.

7.Penghapus dosa

Ibadah dan amal-amal shalih yang dilakukan di bulan Ramadhan merupakan penghapus dosa dari Ramadhan sebelumnya hingga Ramadhan saat ini. Ini salah satu keutamaan Ramadhan, sebagaimana sabda "Sholat lima waktu, antara shalat Jum'at ke Shalat Jum'at dan Ramadhan ke Ramadhan penghapus dosa diantara kesuanya, jika dijauhi dosa-dosa besar" (HR. Muslim).

8.Penghapus dosa yang telah lalu

Bukan hanya penghapus dosa antara Ramadhan satu ke Ramadhan berikutnya, bahkan salah satu keutamaan Ramadhan adalah menghapus dosa-dosa yang telah lalu. Ini diperoleh jika melakukan puasa Ramadhan dengan dilandasi iman dan mengharap perhitungan pahala dari Allah semata. "Barangsiapa yang berpuasa karena iman dan mengharap perhitungan (pahala) akan diampuni dosa- dosanya yang telah lalu" (Muttafaq 'Alaih)

9.Waktu dikabulkannya doa

Berbeda dengan bulan lainnya, pada bulan Ramadhan banyak waktu mustajabah untuk berdoa. Di antaranya adalah waktu menjelang berbuka. Bahkan sepanjang waktu puasa mulai terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari adalah waktu yang mustajabah untuk berdoa. Berdoa di waktu puasa Ramadhan ini lebih dikabulkan Allah. Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Tiga orang yang doanya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang dizholimi" (HR. Tirmidzi; HR. Hasan).

10.Pembebasan dari neraka

Salah satu keutamaan Ramadhan adalah setiap harinya Allah membebaskan hambaNya dari neraka. Mereka yang hampir saja masuk neraka, dengan kemurahan Allah di bulan Ramadhan, mereka diampuni oleh Allah dan dibebaskan dari neraka. Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam: "Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari Ramadhan,dan memanjatkan do'a maka pasti dikabulkan." (HR. AI Bazaar dengan para perawi yang tsiqah).

Demikian 10 Keutamaan Ramadhan yang luar biasa dan semestinya kita syukuri. Sebab umat sebelum Nabi Muhammad tidak mendapatkan keutamaan- keutamaan ini. Dan semoga keutamaan-keutamaan ini memacu kita untuk lebih giat beribadah dan melakukan amal shalih di bulan Ramadhan ini.

 

Penulis : Adalah Nurul Husna Mahasiswi Program Studi Hukum Ekonomi Syariah IAIN Langsa


Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.