Breaking News
recent

PERAN MASYARAKAT PINTU KHIMBE DALAM PEMBANGUNAN EKONOMI DI MASA PANDEMI

 

Ilustrasi :Google

Essay-Dunia tengah mengalami kasus besar, ialah pandemi covid- 19. Tidak seorangpun yang bisa memprediksi tadinya terdapatnya wabah semacam dikala ini. Kejadian yang seketika memforsir seluruh orang biar bisa menerimanya. Bahaya wabah corona tidak bisa diabaikan. Banyak Korban sudah berjatuhan dari bermacam golongan, mulai dari warga kelas dasar hingga pejabat pemerintah, apalagi para dokter yang jadi ujung tombak dalam menanggulangi kasus ini. Dari segi umur pula ataupun bermacam- macam, mulai dari balita, kanak- kanak, anak muda, berusia sampai orang tua, seluruh terdapat permasalahan yang sudah menimpanya. Pemerintah serta warga dituntut buat berpikir keras supaya pemecahan dari seluruh ini dapam diminimalisir.

Dengan menggunakan sistem kerjasama antara masyarakat setempat dengan pemerintah. Bagaimana diharapkan pada pengembangan ketahanan setiap desa melalaui kemampuan masyarakat yang berpengaruh pada kemandirian dan kesejahteraan warganya terkhusus pada ketahanan keluarga dengan sistem penthahelix. Pada pelaksanaan program kampong atau desa tentunya dapat menanggulangi pada setiap permasalahan seperti ekonomi, kesehatan, social masyarakat, maupun keamanan kampung.

Pemerintahan merupakan salah satu paradigma baru dalam pelayanan publik. dalam penyelenggaraan pemerintahan melibatkan kolaborasi antara Pemerintah, dan Masyarakat. Agar terwujudnya ketahanan terhadap keluarga. Di dalam masa pandemi diases covid-19 ini diharapkan peran antara ketiga pilar penting dalam perwujudannya seperti Pemerintah dan Masyarakat diharapkan dapat berjalan secara bersinergi dan saling mendukung agar kebijakan pemerintah pusat terkait dengan pencegahan penyebaran covid-19 dapat dijalankan dengan maksimal oleh seluruh pemerintah daerah dan jajarannya. Sehingga laju penyebaran covid-19 dapat diminimalisir, tujuan diterapkannya ialah agar jalannya pemerintahan yang dilaksanakan dapat berjalan dengan baik sesuai dengan asas-asas pemerintahan. Komunikasi yang efektif merupakan ujung tombak dalam pengambilan keputusan setiap keluarga. Suami sebagai kepala keluarga yang berperan aktif dalam tanggung jawab dalam pengambilan keputusan dalam menjalankan tugasnya tidak lah otoriter, namun dapat dijalankan secara bijaksana serta mengakomodasi ide serta saran yang baik melalui pasangan dan anak-anaknya. terdapatnya pertanggungjawaban pimpinan, serta terdapatnya partisipasi dari seluruh pegawai dalam meningkatkan kinerja yang lebih baik.

Dengan adanya kampung tersebut diharapkan tentunya dapat berkembang serta menambah perekonomian masyarakat demi ketahanan terhadap para keluarga melaui konsep tersebut, setidaknya masyarakat dapat meminimalisir ekonomi mereka. Agar tangguh dari segala aspek dalam kehidupan bermasyarakat serta dapat menormalkan kembali dengan membangun sikap ketangguhan masyarakat dengan tentunya dapat memenuhi kewajiaban mereka.

Hal itu juga tidak terlepas dari usaha maupu kerja keras para masyarakat desa tentunya untuk mematuhi protokol kesehatan yang telah di anjuran pemerintah. Melalui program yang telah di laksanakan pada desa khimbe juga dipastikan akan menjadi salah satu program yang dalam pelaksanaannya pembangunan ekonomi masyarakat serta dapat memutus mata rantai penyebaran virus, hal tersebut di karnakan desa ini ikut serta beberapa syarat yang harus terpenuhi. Fasilitas yang tentunya harus ada di desa ini ialah memiliki posko kesehatan penanganan, ruangan isolasi, penyedian tempat cuci tangan, handsinitizer serta mewajibkan seluruh warganya memakai masker. Program desa khimbe juga mengbangaun sikap kerjasama gotong royong para warga. Yang merupakan bentuk solidaritas maupun sikap sosial masyarakat yang salah satunya pembentukan kelompok-kelompok serta komunitas-komunitas.

Berdasarkan hasil data peran desa khimbe ini dengan hasil wawancara yang telah dilakukan dengan masyarakat kampung serta kepalada desa khimbe mengetahui bahwasanya program pemerintah ini dijadikan alternative dalam menanganani, mengurangi, serta menanggulangi angka covid di kampung, maupun ekonomi masyarakat terhadap ketahanan para keluarga dimasa pandemi.

Kampung dinyatakan berkembanmg dengan memenuhi syarat kampung yang dapat melaukan program-program yang ketangguhan seperti budidaya ikan, kebun, galon minyak, galon air, serta posko serta tempat penanganan kesehatan. Yang telah di laksanakan di beberapa kampung yang ada di kutacane. Ada beberapa alasan diterapkannya protokol kesehatan terhadap masyarakat serta ketahanan perekonomian keluarga. Walau terdapat berapa masalah baik pro maupun kontra akan tetapi masyarkat menyadari mereka haruslah satu visi serta ide demi suksesnya program kampung tersebut. Walaupun karakter pada setiap desa berbeda-beda. Dengan menimbulkan kesadaran pada masyarakat. Selain menimbulkan serta memberikan penguatan kampung di masa pandemi sehingga dapat menghilangkan rasa takut yang tengah dirasakan masyarakat agar membiasakan diri dalam hidup sehat, seperti menerapkan protocol kesehatan, menjaga kebersihan, mencuci tangan, yang telah di anjurkan pemerintah agar dapat semestinya dijalankan dengan baik serta tidak melangar peraturan tersebut.

Sedangkan menurut kepala desa khimbe berpendapat bahwa kampung khimbe ini diharapkan menjadi suatu pogram yang unggul dalam penanganan covid serta memabangun sektor ekonomi masyarakat sehat. Masyarakat juga saling mengingatkan apabila melanggarnya, kemudian bantuan pun didapatkan dari pemerintah kota, dari pihak-pihak yang mendukung serta penerapan penertiban kampung khimbe.

Selain itu, peran ataupun partisipasi masyarakat juga dibutuhkan dalam implementasi suatu kebijakan dalam program-program yang di wacanakan pemerintah dalam proses pembanguan sosial. Berdasarkan dari data yang sebagai upaya menekan angka covid di desa khimbe peran masyarakat sangatlah dibutuhkan. Hasil wawancara dari beberapa warga sekitar. Warga menyatakan mereka sama-sama saling gotong royong, memberikan semangat, bekerja keras dalam membangun ekonomi di tengah wabah yang melanda. Adanya kampung ini tentunya warga antusias serta merasa cukup terbantu melalu program yang dijalankan pemerintah bersama masyarakat yang sangat berdampak positif yang dijalankan secara sistemasis serta bersama-sama.

Dengan adanya output dalam menekan angka covid-19 di kutacane khususnya desa khimbe. Selama masa covid-19 warga sangat kompak melakukan kontribusi maupun semangat dalam pembanguan sektor ekonomi yang menjadi kekuatan satu dengan yang lain di masa pandemi. Support dari sejumlah masyarakat maupun pemerintah kota mereka menyadari bahwa dalam satu lingkup dalam lingkungan sama saja dengan satu keluarga, tetangga yang seharusnya dijaga bersama mereka berperinsip saling menyayangai, peduli, serta berbagi hasil yang didapatkan. Peran aktif masyakat sangat berpengaruh terhadap angka covid-19 di masa pandemi.

Melihat perkembangan masyarakat pada desa khimbe, memiliki kecendrungan penurun ekonomi, Masyarakat berupaya agar dapat mempertahankan ketahanan terhadap keluarganya masing-masing, Hal tersebut tentunya memiliki ketahanan serta kemandirian yang sangat tinggi dalam mewujudkan potensi anggota keluarganya, berperan aktif secara optimal. Tanggung jawab setiap keluarga dapat memaksimalkan dengan mengikuti beberapa kegiatan dalam pembangunan ekonomi meliputi, pendidikan ekonomi, social, serta budaya.

Penulis: Sri Ulandari Mahasiswi Pendiikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Ilmu dan Keguruan

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.