Breaking News
recent

Tiram Sebagai Sumber Pendapatan Masyarakat di Desa Teupin Mamplam


Essay Serba-Serbi
-Teupin Mamplam merupakan sebuah Gampong yang terletak di kecamatan Simpang Ulim kabupaten Aceh timur, provinsi Aceh. Perbatasan Medan-banda Aceh.Tiram merupakan salah satu sumber pendapatan yang sangat menguntungkan bagi masyarakat, dengan kandungan vitamin yang dimiliki dan juga sangat bermanfaat bagi tubuh. Di masa pandemi covid-19 seperti saat ini, meningkatnya minat hidup sehat bagi masyarakat,salah satunya dengan makan-makanan yang berprotein tinggi. Tiram menjadi salah satu makanan andalan untuk diolah menjadi makanan yang enak dan lezat.

Salah satu masalah sosial ekonomi bangsa Indonesia harus segera diatasi adalah masalah kemiskinan yang merupakan masalah mendasar bagi seluruh negara yang berkembang, desa Teupin Mamplam memiliki penduduk sebanyak 800 kepala keluarga dan sekitar 70% bermata pencahrian sebagai pencari tiram. Desa Teupin Mamplam merupakan salah satu wilayah yang memanfaatkan sungai atau alu yang bersebelahan dengan tambak untuk mengambil tiram. Tiram bisa diambil saat air sungainya surut, tiram menjadi salah satu sumber pendapatan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat di desa Teupin Mamplam.

Ibu zarkiah salah seorang pencari tiram dan dia berkata di desa Teupin Mamplam memiliki sungai atau alu yang berdekatan dengan tambak jadi untuk mengambil tiram  bisa dilakukan setiap hari. Tanpa harus menunggu waktu yang cukup lama untuk bisa mengambil lagi.

Dengan adanya tiram digampong Teupin Mamplam sangat membantu pendapatan atau perekonomian masyarakat di desa Teupin Mamplam. Bahkan semakin banyakn orang yang mengenal tiram,sumber pendapatan dan perekonomian mereka semakin meningkat bahkan tiram sudah menjadi peluang ekonomi  bagi masyarakat di desa tersebut. Tiram  juga dapat dijadikan sebagai lauk makan, karena rasanya yang hampir sama dengan kerang  itu sangat membuat peminat mencari-carinya. Tiram juga dapat di olah sebagai makanan yang enak, misalnya untuk dijadikan bahan tambahan untuk membuat mie aceh atau lainnya. Tiram sudah dikenal sebagai makanan afrodisiak sejak zaman Yunani kuno,dan kandungan yang terdapat di dalam tiram  yaitu air, karbohidrat, vitamin A, B12, namun tiram merupakan makanan yang lebih bernutrisi ketika dimakan mentah dan beberapa mineral. Tiram juga mengandung seng.

Tetapi diluar itu tidak ada kandungan rahasia pada tiram, tiram juga termasuk dalam sekelompok kerang-kerangan dengan cangkang berkapur dan relatif pipih tiram paling banyak ditemukan daerah pantai atau sungai dan diperkirakan merupakan sumber daya yang melimpah ketika itu hingga sekarang dan menjadi makanan utama bagi penduduk pesisir pantai. Bahkan saat ini tiram bukan hanya menjadi makanan utama bagi penduduk pesisir pantai atau sungai karena tiram juga sudah menjadi makanan bagi masyarakat yang tidak tinggal dipesisir sungai.

Seorang penelitian menemukan bahwa tiram mengandung asam amino yang cukup tinggi yang dapat meningkatkan kadar hormon seks manusia, dan mineral seng yang terkandung dalam tiram juga membantu pembentukan hormon testosteron. Tiram juga memiliki daya simpan yang cukup lama dibandingkan kerang yaitu hampir 4(empat) Minggu.

Tiram harus di simpan dalam kondisi dingin dengan kelembaban udara 100% dan tidak boleh membeku bahkan terendam air sama sekali. Tiram yang ditangkap harus dalam kondisi yang hidup karena itu dapat menjamin kualitas rasanya, dan bahkan daya tahan simpan nya yang lama,jika tiram yang mati daya tahan simpannya tidaklah lama.

Dengan adanya tiram di pesisir sungai khususnya di desa Teupin mamplam, itu sangat membantu perekonomian masyarakat tersebut. Apa lagi bagi masyarakat yang kurang mampu karena tiram itu bisa di ambil langsung di pesisir sungai tanpa harus mengeluarkan  modal sedikit pun.

Bagi masyarakat didesa tersebut yang berpendapatan atau bermata pencaharian tiram, itu sangat menguntungkan ya karna tiram itu dapat diambil setiap hari. Tidak perlu waktu yang cukup lama untuk menunggu panennya lagi,dan tiram juga dapat dipanen secara tidak lestari maupun secara lestari serta dapat dibudidayakan dengan sumber daya yang sangat menimal.

Bahkan tiram juga dapat mengurangi toksin yang ada pada perairan sungai maupun pantai, karena tiram termasuk dalam hewan penyaring. Apalagi pada masa-masa pandemi covid-19 seperti saat ini sangatlah berdampak buruk terhadap perekonomian masyarakat. Dimana banyaknya peluang untuk mendapatkan pekerjaan sangatlah sulit sekali,

Maka dengan adanya tiram di perairan sungai itu sangatlah membantu sekali untuk dapat menjadi sebagai sumber pendapatan yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, salah satunya seorang ibu yang bernama zarkiah beliau adalah seorang janda yang memiliki 4 orang anak. Satu anaknya masih sekolah dan membutuhkan biaya yang cukup untuk pendidikannya di SMP.

Ibu zarkiah harus menghidupi anaknya seorang diri tanpa mengharapkan atau belas kasihan bantuan dari orang lain,jadi bagi ibu zarkiah dengan terdapatnya tiram di pesisir sungai tempat dia tinggal, itu sangat membantu sekali bagi dia untuk mendapatkan pendapatan perharinya.

Karena dengan adanya tiram, itu menjadi sumber penghasilan bagi ibu zarkiah dan masyarakat setempat yang berpenghasilan kurang, namun mereka harus tetap bertahan hidup dan mencari cara agar dapat memenuhi kebutuhan dan  menutupi kekurangannya dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Banyak sekali harapan yang mereka harapkan dari tiram.Mereka selalu berharap tiram yang terdapat di pesisir sungai tidaklah habis agar mereka dapat mengambilnya setiap hari.karna besar harapan mereka untuk meningkatkan kesejahteraan perekonomian keluarganya.

Bahkan tiram juga bisa di ekspor ke luar dari daerah Aceh, karna daya tahan simpanya yang cukup lama yaitu sekitar 4(empat) Minggu, jadi dengan banyaknya peminat untuk mengkonsumsi tiram diberbagai daerah maka omset penjualan atau pendapatan mereka akan selalu bertambah lagi.

Kekayaan sumberdaya kelautan dan sungai yang dimiliki di kecamatan Simpang Ulim  saat ini sudah cukup menjadi suatu alasan. Yaitu untuk mulai merubah cara pandang masyarakat sebagai pelaku bisnis, di wilayah tersebut banyak sekali terdapat sumberdaya laut yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber pendapatan.

Potensi tiram ternyata memiliki nilai ekonomis yang tinggi, dan sangat memberikan banyak  manfaat yang sangat baik. Jadi, yang harus dilakukan masyarakat  yaitu harus tetap menjaga pelestarian alam dan dalam membudidayakan harus tetap memperhatikan kondisi lingkungan.

Supaya habitat tiram dapat berlangsung dengan baik. Tiram juga dapat dilakukan secara membudidayakan atau tidak dibudidayakan.

Penulis Nurfadillah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Prodi Perbankan Syariah

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.