Breaking News
recent

TANAM KAN PENDIDIKAN ISLAMI SEJAK DINI

 

Ilustrasi : Google

Zawiyah News | Serba Serbi - "Pelajarilah ilmu karena Allah karena mempelajarinya semata karena Allah akan membuahkan rasa takut, menuntutnya adalah ibadah, menghafalnya adalah tasbih, membahasnya adalah jihad, mengajarkannya adalah sedekah, membantu penuntut ilmu yang lain dianggap mendekatkan diri kepada Allah, berfikir tentang ilmu sama dengan berpuasa, mendalaminya sama dengan ibadah malam dengan ilmu silaturahmi dapat terjalin, dengan ilmu antara yang halal dan yang haram dapat dibedakan, ilmu ibarat mesin bagi amal dan amal tunduk pada perintahnya, orang yang baik dia datangi orang yang jahat dia jauhi itulah ilmu islami" ~ Hadis riwayat Mu'adz bin Jabal~

Pendidikan merupakan hal yang wajib bagi setiap orang baik pendidikan formal maupun informal, baik pendidikan umum maupun pendidikan agama, baik untuk dewasa ataupun anak-anak, pendidikan merupakan hal yang wajib ditanam kan.Berbicara mengenai pendidikan, pendidikan islami merupakan salah satu hal yang wajib dan layak ditanamkan dalam diri anak-anak sejak dini.

Islami adalah sesuatu yang berbaur dengan keagamaan. mulai dari cara kita mengenal Tuhan, bagaimana kita berbaur dengan masyarakat sesuai dengan syariat dan membina akhlakul karimah sejak dini untuk membentuk pribadi yang berkualitas sesuai tatanan syariat Islam di masa mendatang.

Jika tidak dengan pendidikan islami "Bagaimana aku akan hidup didunia ku sedangkan aku tidak mengenal Tuhanku" (Maulida).

Masa kanak-kanak adalah masa yang rentan terhadap sesuatu mereka mempelajari apa yang mereka dengar dan apa yang mereka lihat. Di masa ini peran orang tua sangatlah penting dalam mendidik anak-anak mereka. salah satu peran orang tua yang harus dilakukan adalah menanam pendidikan islami sejak mereka kecil. Banyak hal yang bisa dilakukan di antaranya selalu mengajarkan sifat jujur terhadap anak, selalu menunjukkan sikap dan perilaku positif di depan mereka,  dan bawa mereka kepada lingkungan yang yang baik sehingga semua itu dapat mempengaruhi pola pikir mereka untuk menjadi lebih baik

Di masa kanak-kanak mereka akan lebih mudah memodifikasi sesuatu baik yang diajarkan secara langsung ataupun tidak. disinilah peran pentingnya pendidikan islami, sejak dini tanamkan modal kebaikan maka kelak ketika dewasa akan memperoleh hasil kebaikan pula. sejak dini bentuklah akhlak yang baik maka kelak ketika dewasa akan menjadi pribadi yang berakhlak baik pula. sejak dini tanamkan modal-modal positif dalam diri anak kelak ketika mereka dewasa akan selalu memberi aura positif untuk lingkungan sekitar

Pendidikan islami bisa didapatkan langsung dari didikan orang tua setiap anak,jika tidak bawalah mereka ke lingkungan yang mereka dapat memperoleh pendidikan tersebut misal ke tempat pengajian anak-anak.  Di tempat tersebut pendidikan yang berbaur dengan islami akan lebih mudah didapatkan mulai dari cara mereka membaca Alquran, cara mereka mengenal sifat-sifat Tuhan sejak dini, dan bagaimana cara mereka bersikap terhadap orang tua, teman dan lingkungan. apa yang mereka dapatkan di wadah pendidikan islami tersebut akan mereka terapkan dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Menyinggung  wadah pendidikan islami anak, pesantren Darul mutaallim Malikussaleh salah satu tempatnya, terletak di dusun meunasah desa Alue Bu Alue Lhok Kecamatan perlak timur kabupaten Aceh timur.  Pesantren ini telah berdiri kurang lebih 2 tahun. Sejak berdirinya nya,  ada sekitar 100 anak yang diantar orang tuanya untuk mengais pendidikan islami di tempat tersebut.

"Kami bersyukur dan berterima kasih terhadap orang tua yang sudah berpartisipasi dan mau mengantarkan anaknya ke sini, di sini banyak hal-hal kebaikan yang mereka dapatkan. kami mengajarkan mereka mulai dari tata cara membaca Alquran, menceritakan tentang tokoh-tokoh Islam dan menanamkan modal modal keagamaan, karena menurut saya jika sejak dini dididik dengan islami kelak dewasa juga akan menjadi pribadi yang terdidik secara islami" tegas Zulkarnain salah satu ustadz di tempat tersebut.

Pesantren ini adalah pesantren pertama untuk anak-anak di desa ini,semenjak berdirinya para orang tua sangat bersyukur karna dapat menampung anak-anak mereka untuk memperoleh pendidikan agama sejak dini, para anak-anak pun mereka dengan tekun dan giat nya menyisihkan waktu bermain mereka untuk menimba ilmu pengetahuan pendidikan islami di tempat ini.

Maka oleh karena itu pendidikan islami sangat penting bagi pola pikir pertumbuhan anak. jika sejak dini diberi asumsi keislaman, di tanamkan nilai-nilai yang berbaur agamais, maka seiring pertumbuhannya ia akan menjadi sosok seperti yang diharapkan agama nusa dan bangsa.

"Sejak dini kenalkan anak-anak dengan agama,kelak apa yang kamu pupuk itu yang akan kamu tuai"

Penulis adalah Maulida Mahasiswa Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Langsa

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.