Breaking News
recent

Inilah Alasannya, Kenapa Kegiatan PJTLN Janang Ke-2 di Adakan di Koto Gadang

 

Pemandangan Koto Gadang (Docs.Gita Lianda)

Zawiyah News | Sumatra Barat - Kegiatan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut Nasional (PJTLN) Janang ke-2 sebelumnya sudah resmi di buka di UIN Imam Bonjol Padang, selanjutnya akan diselenggarakan di Koto Gadang, Kabupaten Agam pada 26-30 November 2021 mendatang nantik, Sabtu (27/11/2021).

Kenapa kegiatan PJTLN Janang ke-2 di adakan di Koto Gadang ?, alasannya karena tempat ini termasuk salah satu nagari yang banyak menghasilkan para pahlawan-pahlawan indonesia serta sebagai kawasan objek wisata mulai dari lokal hingga internasional.

Bu denny, salah satu sosok pengrajin perak (silver work) dan sulam menjelaskan, Koto Gadang adalah tempat di mana munculnya banyak sosok penting dan berjasa, salah satunya Rohana Kudus yang merupakan wartawati pertama di indonesia. Dan tempat ini juga sering di kunjungi oleh para wisatawan asing. Sayangnya, selama Pandemi Covid-19 sudah jarang wisatawan asing berdatangan kesini.

"Disini warganya selalu menerima kedatangan tamu dari luar, dulu sering dateng bule membeli kerajinan tangan yang kami buat. semenjak pandemi sudah tidak ada lagi yang berkunjung kemari," ungkapnya.

Ia juga menjelaskan, mayoritas masyarakat yang tinggal di sini bekerja sebagai petani. Namun, banyak juga warga yang sudah merantau meninggalkan Koto Gadang di karenakan tawaran pekerjaan yang lebih baik di luar kota.

"Rata-rata pekerjaan warga di sini (petani), banyak rumah kosong karena orang-orang pada pindah ke kota, apalagi dapat kerjaan bagus sudah pasti jarang pulang kesini," jelasnya.

Dengan dilakukannya kegiatan pelatihan di Koto Gadang ini, diharapkan bisa menjadi acuan kepada peserta agar bisa lebih memahami penulisan berita, mengingat di tempat ini tersebar banyak isu-isu sosial dan budaya yang menarik untuk diberitakan. (Gita Lianda)

Editor : Redaksi Zawiyah News

Admin

Admin

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.