Breaking News
recent

Peserta PJTLN Janang Lakukan Praktek Liputan di Sekitar Koto Gadang

 

Para peserta akan melakukan liputan di Masjid Tapi Nurul Iman (Docs.Rahmah Safitri)

Zawiyah News | Koto Gadang - Setelah menerima materi teknik liputan mendalam dari Abdul Manan kemarin, hari ini seluruh peserta Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut Nasional (PJTLN) Janang 2021 melakukan praktek liputan disekitar wilayah Koto Gadang, Minggu (28/11/2021).

Seperti yang di ungkapkan oleh Pimpinan Umum LPM Suara Kampus, Alif Ilham pada pembukaan PJTLN Jum'at lalu, Koto Gadang di pilih karena merupakan tempat lahirnya tokoh besar yang berasal dari Sumatera Barat.

"Koto Gadang adalah kampung halaman orang-orang besar, banyak tempat sejarah yang bisa digali untuk liputan,” ujar Alif kala itu

Peserta yang berasal dari berbagai LPM (Lembaga pers mahasiswa) ini di bagi beberapa kelompok yang berisi campuran dari masing-masing LPM. Setelah diberi pengarahan oleh Hendra Makmur selaku pembina peliputan, peserta langsung bergegas ke tempat yang telah ditentukan oleh panitia.

Salah satu isu yang ingin di liput yaitu H.Agus Salim. Beliau merupakan pejuang kemerdekaan Indonesia sekaligus Menteri Luar Negeri pada kabinet Amir Syarifuddin yang berasal dari Koto Gadang. Selain itu, isu lainnya tentang Roehana Koeddoes yang merupakan wanita berdarah Minang dan menjadi satu-satunya pelopor Pers wanita pertama di Indonesia.

Tidak hanya tokoh, isu yang di angkat pada pelatihan ini tentang kebudayaan Koto Gadang dan berbagai ikonik yang menjadi daya tarik dan sumber penghasilan bagi masyarakat setempat. Peserta dari masing-masing kelompok bertugas menggali informasi sebanyak-banyaknya dan menuangkan nya kedalaman bentuk tulisan feature.

Rencananya tulisan yang nantinya telah selesai dibuat akan di evaluasi bersama-sama. Hal ini bertujuan agar peserta dan panitia bisa sama-sama mengkoreksi dan mendiskusikan isi dari berita tersebut. (Rahmah)

Editor : Redaksi Zawiyah News

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.