Breaking News
recent

UKPM Zawiyah News IAIN Langsa Membekali Anggota Baru Melalui PJTD

 

Flayer Kegiatan PJTD 2021

Zawiyah News | Langsa – Unit Kegiatan Pers Mahasiswa (UKPM) Zawiyah News (ZN) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa mengadakan kegiatan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) sejak, 12 s/d 14 November 2021 yang secara daring melalui via zoom meeting, Jumat (12/11/2021).

Kegiatan PJTD tersebut di ikuti oleh anggota muda UKPM Zawiyah News IAIN Langsa. PJTD pada tahun ini, di fokuskan untuk pengkaderan UKPM Zawiyah News di periode ke-4 tahun kepengurusan 2021, penguatan kapasitas jurnalis untuk melahirkan penulis yang handal dan profesional.

Untuk menuai hasil sempurna, dengan lahirnya jurnalis baru di kota Langsa, UKPM Zawiyah News menghadirkan pemateri yang mengisi kegiatan PJTD ini, selama 3 hari kedepannya nantik.

Pimpinan Umum UKPM Zawiyah News IAIN langsa, Muhammad Faishal memberi ucapan selamat bergabung kepada anggota baru di UKPM Zawiyah News IAIN Langsa dan berharap dapat membawa nama organisasi tersebut lebih baik lagi kedepannya sekaligus dapat menuai banyak prestasi.

saya selaku ketua umum mewakili pengurus ingin mengucapkan selamat bergabung kepada anggota baru UKPM zawiyah news atau UKM Pers, Penelitian dan Penerbitan IAIN Langsa dan semoga teman-teman anggota baru dapat membawa organisasi ini menjadi lebih baik lagi kedepannya dan tentunya dapat menuai banyak prestasi nantiknya”. Ungkapnya

Adapun PJTD kali ini mengangkat tema "Bersama Berkarya Dengan Pena (BBDP)" dan (BBDP) ini di dasarkan pada pilosofi pena itu sendiri, di mana menurut Muhammad faishal, “jika kita sadari bahwa pena itu lebih kuat dari pada sekuat kuatnya ingatan artinya ketika temen-temen memiliki ide atau gagasan serta inspirasi yang seharusnya di lakukan itu adalah menulis untuk mengabadikan segala ide atau gagasan yang ada dalam pikiran karna ide dan gagasan atau inspirasi itu sifatnya sangat berharga”. Ujarnya

Lanjutnya, "akan tetapi, sangat cepat hilang jika sebuah ide atau gagasan serta inspirasi tema-teman tidak di tulis, melalui tulisanlah kita bisa mengabadikanya sehingga kita bisa membacanya kapanpun, dimanapun, dan dalam keadaan bagaimanapun". Pungkasnya

Wakil Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) IAIN Langsa,  Irfan mengatakan, ” pada kesempatan kali ini saya sangat senang bisa menghadiri kegiatan yang  diselenggarakan oleh zawiyah news dalam kegiatan pelatihan jurnalistik tingkat dasar, ini pertama kali saya mengahdiri ataupun mengucap kata sambutan melalui via zoom atau daring dan ini momen paling istimewa, saya  sangat mengapresiasi kegiatan ini, mudah-mudahan dapat meningkatkan minat mahasiswa baru untuk menulis berita dan menyampaikan informasi sekaligus publikasi untuk masyarakat kampus IAIN Langsa”. Katanya

PJTD tersebut di buka langsung, Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Zainuddin, MA yang di wakilkan langsung oleh Kepala Sub Bagian (KASUBAG) bagian Kemahasiswaan dan Kerjasama, Muliadi, SE.

KASUBAG Kemahasiswaan dan Kerjasama, Muliadi, SE mengatakan, ”kegiatan pelatihan jurnalistik tingkat dasar baru pertama kali ini di laksanakan secara online tidak seperti biasanya di adakan tatap muka di karenakan kondisi covid-19 yang masih melanda sampai saat ini belum stabil seperti biasanya dan saya berharap agar anggota baru zawiyah news terus semangat dalam berkarya di bidang informasi dan publikasi saat ini”. Tutupnya

Pemateri yang di hadirkan UKPM Zawiyah News pada kegiatan PJTD tersebut diantaranya, Alfath Asmuda merupakan salah satu wartawan di portal Masakini.co, ia mengisi materi, ‘Dasar-Dasar Jurnalistik dan Teknik Penulisan Berita’ pada hari pertama. 

Selanjutnya di hari kedua, Mhd. Saifullah ialah salah satu wartawan di portal Readres.ID, ia mengisi materi, ‘Straight News’. Dan Iin Prasetyo atau biasa di sebut pangeran diksi ia seorang poets, proofreader, dan content writer, ia memberikan materi, ‘Penulisan Opini’.

Sedangkan di hari ketiga, pemateri yang di hadirkan yaitu Muslem, MA ia merupakan salah satu dosen foto jurnalistik dan photografi, ia mengisi materi, ‘Fotografi Jurnalistik’. Dan materi yang terakhir di isi oleh Ilham Zulfikar, SH ia juga merupakan kontributor Tv One dan juga jurnalis media massa onlineia mengisi materi, ‘Videografi Jurnalistik’.

Dalam kegiatan tersebut juga, turut di hadirin oleh KASUBAG Kemahasiswaan dan Kerjasama, UKK/UKM, Wakil Ketua DEMA IAIN Langsa, Demisioner UKPM Zawiyah News, dan Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) se-indonesia. (MJ)

Editor : Redaksi Zawiyah News

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.