Breaking News
recent

HMJ EKSYA Adakan Workshop Ekonomi Kreatif

 

Para peserta sedang menunggu acara di mulai (Docs. Rizlia)

Zawiyah New | Langsa - Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ekonomi Syariah (EKSYA) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa menggelar kegiatan Workshop Ekonomi Kreatif dengan tema "Implementasi Ekonomi Kreatif Sebagai Kacamata Mahasiswa Dalam Berinovasi", berlangsung di Aula Sebelah Barat Gedung Biro Rektorat, Selasa (30/11/2021).

Kegiatan tersebut di hadiri puluhan mahasiswa IAIN Langsa dari berbagai jurusan dan turut menghadirkan narasumber dari Anggota DPRA Komisi V, Nora Indah Nita, SE. Owner Toko Kopi Urban, Mohd Assad, S.H dan juga Barista Sabi Coffee Space, Arief Muharram.

Miftahul Jannah Ketua HMJ Ekonomi Syariah, menjelaskan tujuan dari acara tersebut di laksanakannya “acara ini bertujuan supaya mahasiswa paham apa itu ekonomi kreatif dan melihat potensinya kemudian di implementasikan dan supaya juga  mahasiswa lebih berdikari sekaligus berani melihat peluang usaha,” katanya saat di wawancarai melalui Via Whatsapp.

Sedangkan, Iin Mahdalena Ketua Pelaksana Workshop Ekonomi Kreatif juga menjelaskan, acara ini di inisiasi atas dasar kepedulian mahasiswa untuk dapat mulai mencoba suatu usaha, “Kami turut mengundang para pelaku ekonomi kreatif di Kota Langsa yang telah lebih dulu terjun ke dunia kerja untuk dapat membagikan insight dan pengalaman mereka dalam merintis usaha,” ujarnya.

Workshop tersebut diawali dengan pemateri pertama yaitu Mohd Assad, S.H selaku Owner Toko Kopi Urban, ia mengajak para mahasiswa untuk berani mengambil tantangan dan mulai mencoba berwirausaha tanpa melalaikan kuliahnya, “Jika gagal, coba lagi. Jika orang tua tidak sepakat, maka berikan pengertian jangan di lawan. Jadikan usaha sebagai modal kuliah, jangan sampai sebaliknya,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan, “dalam berusaha jangan terlalu fokus pada uangnya tapi fokuslah pada prosesnya,” jelasnya.

Pemateri selanjutnya, Nora Indah Nita, S.E selaku Anggota DPRA Komisi V dan juga mempunyai salah satu Cafe di Aceh Tamiang, menyampaikan kepada mahasiswa agar tidak menyepelekan wirausaha dan ia juga mengingatkan “berwirausaha juga dibutuhkan mentalitas yang kuat dan ilmu manajemen yang baik,” ucapnya.

Lanjutnya, “Para mahasiswa harus bisa mengoptimalkan skill yang mereka miliki serta memanfaatkan berbagai media belajar terutama dari internet,” tutupnya.

Setelah materi di sampaikan narasumber, para peserta mendapat kesempatan untuk belajar membuat latte art yang di pandu langsung Arief Muharram salah satu karyawan Barista Sabi Coffee Space dan Ririn Mariska Putri Barista perempuan dari Toko Kopi Urban dan selanjutnya HMJ EKSYA juga turut merepresentasikan bahwa perempuan juga bisa melakukan banyak hal. (Rizlia)

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.