Breaking News
recent

Pembangunan Sosial

Ilustrasi : Google

Zawiyahnews | Essay - Pembangunan sosial dipandang sebagai satu konsep dan pendekatan untuk memprornosikan kesejahteraan manusia. Istilah "Pembangunan Sosial" telah menjadi tema besar dalam pembangunan manusia menjelang Word Summit for Social Development pada Mac 1995 di Copenhagen. Pembangunan sosial sebagai komitmen untuk meletakan "manusia sebagai pusat perhatian pembangunan-dan kerjasama internasional" dengan tujuan untuk memenuhi keperluan sosial sebagai bagian integral untuk stabilitas nasional dan Intemasional yang Lebih besar. Ini menunjukkan bahwa pembangunan sosial bukan hanya memberi barang, pelayanan atau pemulihaa bagi penyandang masalah sosial saja, tetapi ditujukan kepada masyarakat yang lebih luas, untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas hidup manusia, dengan mempromosikan pentingnya kesejahteraan manusia.

Pembangunan sosial berusaha menggabungkan berbagai pendekatan (saintifik maupun kemanusiaan yang berorientasi praktis dalam pembangunan terpadu. Upaya membanguh suatu mode! pendekatan, perlu satu strategi pembangunan berkelanjutan, yang dikenal "komitmen dan strategi global'. Kegiatan ini berfungsi untuk membentuk "kerjasama baru" antara pemerintah dengan organisasi bukan pemerintah (LSM) yang mengamalkan satu pandangan bersama mengenai paradigma dan etika sosial baru. Artinya, sama dengan upaya untuk memperbaiki keadaan hidup orang (menjadi tugas utama kebijakan sosial). Semua kegiatan ini akan berkaitan dengan tanggungjawab (moral, sosial, politik, dan ekonomi) untuk mengurangkan kemelaratan dan kemiskinan. Selain itu, setiap pendekatan dan strategi tidak dapat dilaksanakan tanpa menggabungkan dan menerima sumbangan dari disiplin lain secara kreatif dan dinamik. Oleh karena itu, pendekatan dan strategi pembangunan sosial, secara konsepsional dan komprehensif, perlu dilihat dari: ada situasi sosial yang menunjukkan proses pembangunan sosial itu ditujukan untuk mencapai tujuan. Dengan demikian, pembangunan sosial perlu pendekatan baru karena semakin luas dan kompleksnya lingkup bidang ini dalam pembangunan. Karena itu, pendekatan, strategi dan pencapaian pembangunan sosial berusaha membangun sintesis baru untuk mencapai tujuan pembangunan yang berorientasikan pada kesejahteraan.

Inti dari upaya membangun model pendekatan pembangunan sosial adalah menggunakan evaluasi sebagai sebuah konsep yang diartikan sebagai kajian sistematik yang dirancang dan dilaksanakan untuk memperbaiki kehidupan rakyat. Secara khusus, evaluasi perlu untuk memperbaiki kualitas dengan meregulasi semua aspek kehidupan manusia. Dalam perkembangannya, evaluasi semakin lebih mementingkan keterbukaan sebagai cara berfikir skeptis (teknis rasional) dalam organisasi yang mempunyai tujuan dan nilai-nilai (bukan hanya mementingkan 'produk hasil kerja'). Pendekatan evaluasi telah menjadi satu strategi pelaksanaan dengan menempatkan manusia sebagai sumber daya, dan mengutamakan pelayanan kemanusiaan secara efisien. Pendekatan evaluasi yang bersifat teknis rasional, dapat digabungkan dengan pendekatan interpretatif telah melahirkan pendekatan yang lebih kritis. Pendekatan evaluasi yang baru ini dianggap lebih baik karena memudahkan mempunyai keterbukaan 'debat' mengenai nilai praktis, baik dalam kebijakan maupun pelaksanaan program pembangunan.

Dalam konteks dan ruang lingkup pendekatan evaluasi menjadi semakin lebih luas, bukan hanya berkenaan dengan nilai-nilai atau falsapah, undang - undang, kebijakan dan program. Namun dapat berkenaan juga dengan eksistensi aktor (pelaksana), nilai - nilai, dan aspirasi rakyat. Bagaimanapun, kajian yang berkenaan dengan nilai sangat penting, karena akan memberikan satu gambaran mengenai tugas - tugas evaluator yang harus mempunyai tanggungjawab moral kepada masyarakat dalam arti luas. Sebagai gambaran, pendekatan pembangunan sosial di dunia ketiga kurang berhasil, karena lebih dilihat sebagai metode pembangunan ekonomi, yang kurang memperhatikan aspek nilai-nilai, dan aspirasi masvarakat lokal Pendekatan evaluasi pembangunan sosial.

Pembangunan sosial di Indonesia memerlukan pemikiran yang selaras antara konsepsi dengan prakteknya. Kegiatan pembangunan sosial merupakan usaha yang tiada henti, selama masalah bangsa ini masih ada dan memerlukan bantuan penyelesaiannya. Fokusnya adalah untuk membangun manusia dengan tujuan memungkinkan rakyat menikmati kehidupan yang kreatif, sehat dan sejahtera. Pembangunan sosial perlu dilakukan untuk meningkatkan kesadaran, tanggungjawab serta kemampuan setiap warga negara untuk ikut serta dalam pembangunan. Strategi dalam pelaksanaannya berasaskan prinsip kerjasama dari unsur pemerintah, organisasi masyarakat dan kelompok masyarakat lokal perlu wujud untuk lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dalam menumbuhkembangkan Departemen Sosial yang baru saja "dimatikan" oleh kabinet yang lalu, dan dalam rangka otonomi daerah, maka sistem dan mekanisme birokrasi di dalam Departemen ini perlu memposisikan diri agar dapat menjadi "mitra yang baik" dalam pembangunan nasional. Bahkan. bagaimana menjadikan Departemen Sosial yang dominan dan sentral, terutama dalam perancangan kebijakan maupun pelaksanaan pembangunan sosial di Indonesia. Posisi ini hanya mungkin dicapai, apabila mempunyai "kuasa" yang didukung oleh sumber daya manusia (SDM) yang tangguh untuk melaksanakan pembangunan sosial secara efektif dan efisien.

Penulis adalah Ridwan Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Semester 7 IAIN Langsa

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.