Breaking News
recent

Kebijakan Kepala Desa Kesehatan Terhadap Masyarakat Yang di Tuai Pujian

Syarifu Alam. Kepala Desa Kesehatan, Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang. (Docs.Istimewa)

Zawiyah News | Aceh Tamiang - Kampung yang berkembang salah satu pertanda bahwa kampung tersebut terbangun dengan baik,perkembangan kampung juga mempunyai dampak terhadap masyarakat seperti:

- meningkatnya pengetahuan masyarakat

- kemungkinan munculnya profesi dan spesialisasi baru di kampung

- timbulnya kesadaran masyarakat akan  permasalahan kesehatan, pendidikan dan lain sebagainya

-munculnya organisasi sosial di kampong

Seperti halnya kampung kesehatan, yaitu kampung yang terletak dikecamatan karang baru,kabupaten aceh tamiang.Tampak secara langsung atas kebijakan pak datok(kepala desa) untuk sistem pemerintahannya, kantor pemerintahan desa tetap aktif selama jam kerja dari jam 08:00 sampai jam 17:00 dan jika ada warga yang berkeperluan diluar jam kerja masih tetap dilayani dengan baik tanpa adanya pungli (pungutan liar) terhadap masyarakat.

Visi dan misi yang berlaku di kampung kesehatan itu sendiri, intinya untuk mewujudkan kampung tersebut bersih dari sampah dengan dilaksanakannya pengutipan sampah dari rumah kerumah setiap hari tanpa dipungut biaya bahkan hanya menaruh sampahnya dalam plastik di depan rumah, petugas akan datang mengutip dan dibuang pada pembuangan akhir.

Begitu pula terkait prioritas utama yaitu dana desa, dari segi pembangunan, fokus untuk membangun bangunan yang menurut mereka penting seperti perehapan rumah warga yang kurang mampu namun karena pandemi, dana desa tersebut disalurkan sebagai bansos (bantuan sosial) sebagai penunjang ekonomi masyarakat yang surut akibat pandemi.

Memasuki era new normal, pak datok beserta jajarannya tetap fokus kepada intruksi bupati, pelaksanaan peningkatan ekonomi setelah dilanda pandemi tetap berlanjut seperti bantuan-bantuan BLT(Bantuan Langsung Tunai), bantuan dari pemerintah pusat pun tetap dilaksanakan. Perihal dana desa masyarakat kampung kesehatan juga ikut berpartisipasi dalam pengawasan penggunaan dana desa bahkan pemerintahan desa memasang spanduk besar terkait anggaran dan penggunaan dana desa sehingga masyarakat bisa melihat berapa besar dana yang diterima setahun dan digunakan untuk keperluan apa saja.

Mengenai program kegiatan atas kebijakan pak datok bisa mengkoordinir, merangkul masyarakatnya dan memiliki jiwa sosial yang tinggi, masyarakat merasa lebih di perhatikan sehingga setiap ada kegiatan masyarakat antusias dalam bekerja sama. Kampung kesehatan ini berusaha terus untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat nya dan pak syarifu alam juga berharap semoga bisa menjadi contoh untuk kampung-kampung yang lain.

"semoga dana desa dipergunakan/disesuaikan dengan akurat jangan sampai melanggar aturan karena sekecil pun uang itu adalah uang rakyat.Istilahnya dari rakyat untuk rakyat bukan malah sebaliknya" ucap Syarifu Alam selaku datok penghulu/ kepala desa Kesehatan, kecamatan karang baru Kabupaten Aceh Tamiang saat diwawancarai oleh intan dan juli selaku mahasiswi KPM 2021, yang ditemani juga oleh sekretaris Kampung Kesehatan, Nurizal Gunawan.

Penulis adalah Intan Muyassirah Ridwan dan Juliani, Program Studi Hukum Pidana Islam Fakultas Syariah IAIN Langsa.

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.