Breaking News
recent

Menjahit Mimpi Hasilkan Usaha

 

Lia Sintiani sedang menjahit. (Docs.Istimewa)
Zawiyah News | Essay - Pada umumnya generasi milenial saat ini mulai tertarik dan memiliki usaha bisnis sendiri. Apalagi jika di liat pada kondisi sekarang ini yang mana segala kegiatan dan berbagai jenis usaha di lakukan dalam bentuk digital. Oleh sebab itu para generasi milenial saat ini memilki keterkaitan dalam bidang bisnis, apalagi dengan bisnis yang promosinya berbabis sosial media atau dalam bentuk online. Tak hanya itu saja generasi milenial adalah generasi penerus bangsa yang mana segala kemmapuan yang di miliki ataupum skill nya harus di dukung dan di hargai, agar generasi tersebut bisa berkarya dan memiliki inovatif sendiri dalam bidang yang di miliki sesuai dengan kemampuannya.

Maka dari itu jika dilihat dari berbagai usaha yang  di ciptakan oleh generasi milenial saat ini sangat berpengaruh terhadap orang lain yang terinspirasi terhadapnya atas segala usaha yang di ciptakan yang terwujud dari hobinya tersendiri.  Sehingga dengan demikian salah satu usaha yang di ciptakan oleh salah satu milenial ialah di bidang fashion. Karena fashion pada saat ini memiliki daya tarik yang kuat terhadap penggunanya dan juga memiliki peminat yang cukup tinggi. Sehingga milenial yang hobi menjahit dan juga mendesain pakaian memiliki peluang yang besar dalam menciptakan usaha serta mengelola usaha tersebut ke arah yang lebih luas dengan hobi dan kemmapua yang dimilikinya.

Menjahit pada dasarnya terdiri dari modal yang sederhana hanya dengan peralatan mesin jahit, benang, jarum, rol, alat ukur serta keperluan lainnya. Proses menjahit diawali dengan tahap pengukuran sesuai dengan ukuran penggunanya yang diukur pada kain yang akan di potong untuk dijadikan pakain jadi sesuai dengan keinginan penggunanya. Dengan demikian proses menjahit dilakukan sesuai prosedur yang sesuai dengan tahap-tahapnya.

Keuntungan yang dimiliki untuk menjahit ialah suatu keuntungan yang luar biasa pada saat pemasaran produk dilakukan. Apalagi suatu produk tersebut memiliki desain dan label pribadi yang luar biasa, otomatis penghasilan yang di dapati juga cukup besar. Jika penjahit menggunakan jasanya sendiri baik dalam proses penjahitan maupun mendesain maka hasilnya cukup memungkinkan dalam membentuk usaha kearah yang lebih besar.

Namun, pada saat ini masih banyak orang-orang yang tidak mengasah kemampuannya dalam bidang menjahit. Padahal orang tersebut bisa menjahit tetapi dia tidak ada pengembangan yang dilakukan. Maka dari itu dari kita sebagai milenial saat ini harus meyakinkan orang-orang tersebut untuk bisa bangkit dan lebih berkarya dalam bidang menjahit. Dengan keyakinan yang di berikan maka dapat membuat orang tersebut lebih berkreatif dan giat dalam menciptakan hasil jahit dan desain yang bagus dan luar biasa. Sehingga dengan hasil yang dilakukan bisa membuat usahanya lebih baik dan menciptakan kreasi-kreasi terbaru dalam bidang fashion.

Sekarang bagi milenial yang menciptakan usaha dibidang tersebut harus lebih luas wawasan, pegalaman dan juga kemampuannya karena dengan demikian akan membuah hasil untuk usahanya dalam menciptakan produk-produk baru dalam perfashionan. Terutama bagi pencinta fashion, maka tidak heran dari mereka bisa menggunakannya dan juga sekalian untuk mempromosikannya. Bagi milenial saat tidak bisa ketinggalan informasi dibidang yang dijalankanya sehingga harus update setiap perkembangan yang terjadi di pengguanya.

Demikian proses marketing yang lebih update dan efek yang kuat pada saat ini ialah dengan promosi di sosial media dan juga dalam bentuk market place. Dikarenakan, tahap promosi yang berbasis online. Karena dengan maju dan berkembangnya teknologi juga berpengaruh pada konsumennya. Yang mana para konsumen sekarang dapat memudahkan segala aktifitas yang di lakukannya, seperti mudahnya dalam belanja online. Tak heran jika para konsumen dan produsen lebih meoptimalkan produk yang memakai marketing yang berbasis teknologi. Marketing tersebut bisa di gunakan melalui sosial media, aplikasi e-commerce dan juga dengan situs lainya.

Milenial juga harus memiliki suatu kemampuan tersendiri dalam mengelola usaha yang di miliki. Di karenakan segala produk yang di hasilkan bisa terinspirasi dari maja saja bahkan produk tersebut bisa di gunakan untuk memperkenal budaya di daerah tersebut dengan mendesain dari ciri khas yang ada di daerah tersebut. Sehingga, dengan seni yang di miliki serta mempublikasi suatu karya dari hasil menjahit dan mendesain bisa memberikan dampak yang positif bagi masyarakat dan juga orang luar.

Menjahit memiliki dampak terhadap perekonomian bagi siapapun yang melakukannya. Katakan saja pada saat ini adanya covid-19 yang masih berlangsung di berbagai negara termasuk Indonesia, maka bagi para milenial keluarkan hobi dan ciptakan usaha dengan sebaik mungkin untuk menstabilkan perekonomian nasional. Dengan kemampuan yang dimiliki bisa berdampak bagi milenial dan juga masyarakat lainnya, agar mereka itu bisa terinspirasi dari usaha-usaha yang lain.

Maka dari itu sebagai milenial bangkitlah dari rebahan mari bangun dan jalankan usaha untuk masa depan sekaligus untuk mensejahterakan perekonomian nasional. Milenial harus lebih aktif, kreatif, inovatif serta ciptakan ide-ide terbaru yang memiliki pengaruh yang besar terhadap ekonomi juga sosial di negara. Generasi milenial suatu generasi penerus kebangsaan dalam negeri, maka dari itu segala permasalahan yang di alami harus adanya penyelesaian terhadap masalah tersebut. Generasi milenial harus menguasai kemampuan dan ilmu yang dimilikinya suapaya bisa di pergunakan untuk orang lain.

Penulis adalah Lia Sintiani, Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Prodi Manajemen Keuangan Syariah IAIN Langsa

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.