Breaking News
recent

Usaha sampingan berjualan tape ketan dan tape ubi selama pandemi covid-19

Zawiyahnews |Essay -  Tape ketan merupakan makanan fermentasi. khas Indonesia yang terbuat dari beras ketan.Tape ubi merupakan tape yang dibuat dari ubi yang difermentasi. Tape dapat dinikmati langsung atau dibuat menjadi wedang, es, maupun bolu.Rasanya yang asam dan segar membuat banyak kalangan menyukainya. Terlebih jika dihidangkan saat cuaca sedang panas.

Tape ketan juga memiliki banyak manfaat yakni: 

1. Melancarkan sistem pencernaan.

2. Mempermudah tubuh mencerna makanan.

3. Meningkatkan imunitas tubuh. 

4. Meningkatkan fungsi jantung.

5. Meningkatkan fungsi kognitif pada penderita Alzheimer. 

6. Mengontrol kadar gula darah. 

7. Mencegah stres.


Sedangkan tape ubi juga mempunyai manfaat luar biasa bagi kesehatan yakni: 

1. Sumber Karbohidrat yang Baik. Ubi merupakan sumber karbohidrat yang lebih baik daripada nasi karena memiliki kadar indeks glikemik lebih yang lebih rendah.

2. Mencegah Anemia. Bagi Anda yang memiliki penyakit anemia, sebaiknya mengonsumsi tape ubi.

Awal mula jualan, pemilik usaha Tape ibu Hesty menceritakan bahwa mulanya usaha ini dibangun masih sangat dini selama pandemi covid. 

Namun, ia dan keluarga sebetulnya sudah sering membuat tape ketan dan tape ubi untuk konsumsi pribadi. Tak disangka tape  tersebut banyak disukai. Lalu, ibu hesty pun berinisiatif menjualnya. 

"Pokoknya setiap Lebaran itu selalu bikin, kadang ada juga yang mau dibikinin.  Nah, awalnya ya dari situ pertama cuma iseng tapi dulu juga sudah bikin cuma buat keluarga, untuk konsumsi pribadi, akhirnya kepikiran untuk dijual."

Pemasaran Tape Ketan dan tape ubi ibu hesty mulanya hanya di sekitar kawasan rumahnya, di Gampong karang anyar, Kecamatan Langsa Baro, Aceh. Lalu, ibu hesty mencoba untuk menitipkan produknya di kantin kantor PTPN-1. Dan juga melakukan penjualan via online dengan menggunakan sistem pre-order,  alhamdulillah sekarang lebih berkembang dan lancar.

Harga penjualannya tape  dimulai dari cup kecil yang harganya Rp. 5000 dan cup 750ml harganya Rp. 15.000, bisa juga pemesanan perkilogram ketan.

Semoga informasi yang saya sampaikan  bisa bermanfaat dan berguna dalam memberikan wawasan juga untuk referensi usaha bagi ibu rumah tangga maupun remaja sekarang.

Penulis: Rahmatun Nissa Mahasiswi Manajemen Keuangan Syariah (MKS) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.