Breaking News
recent

Peranan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Babul Jannah Dalam Pendidikan Karakter Desa Pandan Sari Kecamatan Manyak Payed Aceh Tamiang

Sumber : Istimewa

Zawiyah News| Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) adalah lembaga pendidikan nonformal yang merupakan lembaga pendidikan baca Al-Qur’an untuk usia SD (6-12 tahun). Untuk membina agar anak mempunyai sifat-sifat terpuji tidak hanya dengan  pembiasaan- pembiasaan melakukan hal baik, dan menjauhi larangan-Nya.


Dengan kebiasaan dan latihan akan membuat anak cenderung melakukan yang baik dan meninggalkan yang buruk Disamping itu, Taman pendidikan Al-quran merupakan lembaga pendidikan dan pengajaran islam untuk anak usia 7-12 tahun, yang diselenggarakan di lingkungan masyarakat muslim salah satu nya TPA Babul Jannah yang berada di Desa Pandan Sari Kecamatan Manyak Payed, Aceh Tamiang sebagai wahana pembinaan dasar-dasar keimanan, keilmuan dan akhlaq yang qur’ani sesuai taraf  perkembangan  kejiwaan dan karakteristik anak.


Pendidikan di TPA lebih menekankan pada dimensi akhlak meskipun tidak pula menafikan dimensi intelektual. Peserta didik (santri/santriwati) TPA akan mendapatkan pendampingan yang  lebih intensif dibandingkan pendidikan formal di sekolah.


Hal ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa nyaman dalam belajar sehingga materi yang disampaikan lebih mudah dipahami, lebih jauh lagi agar lebih mudah diimplementasikan dalam kehidupan keseharian. TPA merupakan wadah atau sarana pembelajaran bagi generasi balita islam.


Pada usia tersebut anak-anak diajarkan berbagai macam doa-doa belajar mengaji Al-qur’an,  pemahaman  tentangrukun  iman dan islam. Hal ini diharapkan mampu menjadi benteng bagi generasi islam.

karakter itu tidak dapat dikembangkan secara cepat dan segera (instant), akan tetapi harus melewati suatu proses yang panjang, cermat dan sistematis.


Berdasarkan perspektif yang berkembang dalam sejarah pemikiran manusia, pendidikan karakter harus dilakukan berdasarkan tahap-tahap perkembangan anak sejak usia dini sampai dewasa.

Sumber : Istimewa

Peranan TPA dalam Pendidikan Karakter

TPA sebagai lembaga pendidikan nonformal yang mempunyai peran utama mengajarkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an juga sangat berperan bagi perkembangan jiwa anak seperti pengetahuan tentang ibadah, akidah, dan akhlak/akhlak.


Mengingat bahwa materi yang diajarkan tidak hanya terpaku pada materi baca tulis Al-Qur’an melainkan juga memberikan materi tentang ibadah, aqidah, akhlak atau akhlak yang bertujuan mempersiapkan peserta didik menjadi pribadi yang Qur’ani dan menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman dalam hidupnya Pendidikan di TPA lebih menekankan pada dimensi akhlak meskipun tidak pula menafikan dimensi intelektual.


Peserta didik (santri/santriwati) TPA akan mendapatkan pendampingan yang lebih intensif dibandingkan pendidikan formal di sekolah. Hal ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa nyaman dalam belajar sehingga materi yang disampaikan lebih mudah dipahami, lebih jauh lagi agar lebih mudah diimplementasikan dalam kehidupan keseharian.


Peran dan keberadaan tpa babul jannah pada desa pandan sari sangat mendukung pendidikan karakter pada anak usia dini mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Adapun peran TPA dalam menumbuhkan karakter diantaranya sebagai berikut: 


Peran TPA dalam membantu santri mengagumi dan mncintai Al-@ur’an sebagai bacaan yang istimewa, Peran TPA dalam membimbing santri membaca a1-qur’an dengan baik dan benar, Peran TPA dalam mengajarkan sholat 5 waktu dengan tata cara yang benar, Peran TPA dalam membina santri menguasai hafalan sejumlah  surat pendek atau ayat pilihan  dan do’a sehari-hari, Peran TPA dalam mengarahkan berakhlak sosial yang baik sesuai dengan tuntunan Islam, Peran TPA dalam membantu santri menulis huruf Arab dengan baik dan benar.


Berdasarkan paparan di atas tentang peranan TPA dalam menumbuhkan karakter maka dapat disimpulkan bahwa TPA sangat berperan dalam pendidikan karakter santri. Hal ini sesuai dengan tujuan pendidikan karakter yang dicanangkan oleh Pusat Kurikulum Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan Nasional yaitu Peran TPA dalam membantu santri mengagumi dan mncintai Al- Qur’an sebagai bacaan yang istimewa.


Peran ini akan menumbuhkan karakter religius, Peran TPA dalam membimbing santri membaca Al - qur’an dengan baik dan benar. Peran ini akan menumbuhkan karakter gemar membaca, Peran TPA dalam mengajarkan sholat 5 waktu dengan tata cara yang benar Peran ini akan menumbuhkan karakter disiplin, Peran TPA dalam membina santri menguasai hafalan sejumlah surat pendek atau ayat pilihan dan do’a sehari-hari.

Peran ini akan menumbuhkan karakter mandiri, Peran TPA dalam mengarahkan berakhlak sosial yang baik sesuai dengan tuntunan Islam. Peran ini akan menumbuhkan karakter peduli sosial, dan Peran TPA dalam membantu santri menulis huruf Arab dengan baik dan benar. Peran ini akan menumbuhkan karakter kreatif. Oleh karena itu agar TPA berperan dalam menumbuhkan karakter maka perlu didukung oleh semua pihak termasuk guru, orang tua, dan lingkungan sekitarnya.

Penulis : 1. M. Reza Maulana (201201809) Syariah

2. Mauli Fajrina ( 4022018016) Febi 

3. Miftahul jannah (4022018045) Febi 


Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.