Breaking News
recent

Mengenal Suku dan Adat Istiadat di Desa Tampor Paloh

Foto Suasana Saat Bejamu Saman (docs. Istimewa)

Zawiyah News | Aceh Timur-Suku Gayo adalah sebuah suku yang mendiami dataran tinggi di wilayah Provinsi Aceh, secara mayoritas masyarakat suku Gayo terdapat di Kabupaten Aceh Tengah, Bener Meriah, Gayo Lues dan Aceh Tenggara yang mayoritas masyarakatnya beragama Islam.

Pemuda di Kabupaten Gayo Lues setiap tahunnya umum melakukan tradisi Bejamu Saman untuk merayakan pascapanen maupun Idul Fitri atau Idul Adha. Ritual yang telah dilakukan turun-temurun oleh masyarakat Suku Gayo itu dilakukan dengan tujuan mendapatkan serinen (sahabat, Red) antar desa dan sebagai ajang silaturahmi untuk mengakrabkan persaudaraan antar desa.

Saman berasal dari bahasa tsamaanun, yang dalam bahasa Arab artinya delapan, seperdelapan. Gerakan Saman awalnya dikembangkan oleh Syekh Saman, seorang ulama yang berasal dari Gayo, Aceh Tenggara.

“Saman itu dari bahasa Arab, tsamaanun, artinya seni kedelapan. Saat itu Syekh Saman menyiarkan agama Islam dengan Saman sebagai fasilitas,” 

“Karena orang (suku) Gayo dulu itu kalau sudah duduk bertiga atau lebih pasti ngajak main Saman. Jadi itu budayanya. Pertama kali Besaman itu di Baling, (mereka) duduk semacam ini (bersimpuh) ada bentangan kayu yang isinya serbuk gergaji,” tuturnya sambil mengenakan pakaian khas Gayo, baju Kerawang lengkap dengan kain penutup kepala sebagai simbol takhta.

Kopi dan rokok tak bisa lepas dari budaya masyarakat Gayo. Hampir tiap rumah menawarkan kopi sebagai jamuan minum. Bukan air putih atau teh. Bertukar rokok pun menjadi simbol keakraban bahwa antara tamu dan tuan rumah bisa cocok satu sama lain.

Adapun rumah adat suku gayo yaitu:

Rumah Tradisional Suku Gayo.


Bangunan utama yang terdapat ditanah Gayo ialah umah (rumah), ada beberapa jenis rumah adat yang ada di daerah Gayo yaitu umah pitu ruang yaitu rumah yang seimbang, umah belah ruang yaitu rumah belah ruang dan umah pitu ruang yaitu rumah yang memiliki tujuh ruang.

Keunikan suku gayo:

Ciri khas orang Gayo berkulit hitam, tubuhnya kecil, dan berambut keriting. Suku Gayo terdiri dari tiga kelompok, yaitu Masyarakat Gayo Laut yang mendiami daerah Aceh Tengah dan Bener Meriah, Gayo Lues yang mendiami daerah Gayo Lues dan Aceh Tenggara, serta Gayo Blang yang mendiami sebagian kecamatan di Aceh Tamiang.



(Yola Puspita Tambunan)


Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.