Breaking News
recent

Asal-usul dan Manfaat Susu Kambing Etawa

Proses Pemerasan Susu Kambing Etawa

Zawiyah News | Kambing peranakan etawa (PE) terkenal karena susunya yang memiliki tekstur dengan butiran lemak yang lembut, halus, dan lebih kecil ketimbang lemak pada susu sapi. 

Kambing etawa sendiri merupakan hasil peranakan jambing jamnapari dari India dengan kambing lokal Indonesia. 

Sekitar 1930-an, pemerintah kolonial Belanda membawa kambing jamnapari ke Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. 

Kambing jamnapari ini kemudian disilangkan dengan kambing lokal (kambing jawa randu atau kacang). 

Beberapa manfaat susu kambing etawa :

1. Memiliki sifat anti-infla masi alami 

Susu kambing etawa dihomogenisasi secara alami. Gelembung-gelembung lemak yang terdapat pada susu kambing etawa ini dapat memecahkan diri menjadi bagian yang lebih kecil jika dibandingkan dengan susu sapi. Hal ini bermanfaat untuk mempermudah pencernaan dan penyerapan makanan oleh tubuh.

2. Mengandung asam lemak esensial

Susu kambing etawa mengandung sekitar 35% asam lemak lebih tinggi bila dibandingkan dengan susu sapi yang hanya memiliki 17%. Di samping itu, susu kambing etawa lebih terasa khasiatnya jika diminum dalam keadaan masih mentah., bahkan bagi mereka yang tidak toleran laktosa. Susu kambing etawa juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol yang tinggi. Asam lemak antimikroba seperti kaprilat dan asam kaprat ditemukan dalam susu kambing etawa juga berguna untuk memperbaiki sistem pencernaan.

3. Memperbaiki sistem pencernaan

Susu ini memiliki kemampuan untuk menenangkan saluran pencernaan Anda dan menekan rasa lapar secara efektif sehingga sangat cocok untuk menurunkan berat badan. Selain itu, tidak adanya protein kompleks dalam susu kambing etawa membuat susu ini kurang alergi bila dibandingkan dengan susu sapi.

4. Kaya Kalsium

Meskipun orang mengkonsumsi susu sapi untuk meningkatkan asupan kalsium dan mencegah osteoporosis, ada baiknya Anda juga mencoba susu kambing etawa karena susu kambing etawa sangat kaya akan kalsium dan asam amino triptofan.

5. Sebagai nutrisi baik dan alami

Kambing dikenal sebagai hewan sodium bio-organik sebab berkhasiat untuk meningkatkan semangat, fleksibilitas dan vitalitas bagi orang yang gemar mengkonsumsi susu kambing. Sodium bio-organik merupakan elemen yang menjaga persendian tetap lentur dan sehat. Selain itu, susu kambing etawa juga banyak digunakan sebagai obat untuk memelihara dan regenerasi sistem saraf.

Nah, di atas merupakan beberapa manfaat susu kambing etawa bagi kesehatan. Susu kambing etawa merupakan pilihan yang tepat dan menyehatkan terutama ketika dikonsumsi mentah. Semoga bermanfaat.



Penulis : Mulianda, KPI, FUAD, IAIN Langsa

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.