Breaking News
recent

Dayah Sebagai Solusi Persoalan Sosial Keagamaan Remaja Gampong Seuriget

Zawiyah News | Langsa-Desa Seuriget adalah salah satu desa/kelurahan di Kecamatan Langsa Barat, Kota Langsa, Provinsi Aceh.Berdasarkan sumber ppdi.kemendesa.id , desa yang berbatasan dengan laut dan di tepi/ sekitar atau kawasan hutan. Terdapat 578 keluarga ,ada kepala desa, sekretaris desa serta aparatur desa .Desa Seuriget adalah salah satu desa yang  berdiri Dayah- Dayah sebagai tempat untuk menimba ilmu agama.

Di dayah  anak-anak diajarkan dan dikenalkan hukum-hukum Islam yang sebenarnya. Didayah anak-anak atau yang sering disebut santri/ santriwati ini diajarkan oleh Tengku( guru mengaji). Tengku yang biasa disebut didalam lingkungan Dayah ini adalah mereka yang telah menamatkan pendidikan rangkang yang diangkat oleh Tengku di bales( balai pengajian). Untuk menjadi guru balee (Tengku) tidak da ketentuan berapa lama yang bersangkutan telah menempuh pendidikan di rangkang. Ada diantara mereka yang menempuh pendidikan 10 tahun atau lebih atau ada juga yang baru 5 tahun, sangat bergantung pada kemampuan yang bersangkutan dalam menguasai ilmu yang dipelajari dari kitab-kitab selama meudagang(mondok) didayah.

Berdirinya Dayah-dayah di Gampoeng Seuriget ini diharapkan mampu menjawab berbagai persoalan sosial keagamaan baik bagi remaja maupun dalam masyarakat, serta mampu mengintegrasikan pendidikan agama guna menciptakan remaja-remaja penerus bangsa yang benar benar paham akan ilmu keagamaan Islam diera modernisasi ini. Karena di zaman yang semakin canggih ini marak nya remaja-remaja sering lalai dan mengesampingkan belajar agama.  Jadi karena kebiasaan yang kurang terkontrol dan cenderung sepele dalam hal belajar agama , takutnya para remaja ini akan terjerumus pada pergaulan bebas, hobi yang kurang baik, kenakalan remaja seperti pecandu narkoba,mabuk-mabukan,dan hal  lain sebagai nya yang menyimpang . Karena itulah salah satu alasan berdiri Dayah di Gampong Seuriget ini.

Berdirinya Dayah-dayah di Gampoeng Seuriget yang letaknya hampir disemua lorong, misalnya di lorong RPH berdiri Dayah Sirajul Huda  yang dipimpin oleh Abi Zulfadli, Di lorong Abu Muhammad berdiri Dayah Futuhul Ma'arif Al Azizziyah yang dipimpin oleh Abana Murdani anak dari ALM. abu Muhammad, di lorong pusara terdapat balai pengajian Al Muttaqin yang dipimpin oleh Tgk. Syukri, di dusun Malahayati berdiri Dayah Futuhul mua'rif Al Azizziyah Furu'tsamin yang dipimpin oleh Abina di reube, di dusun damai juga terdapat balai pengajian Nurul iman dan di lorong Tijarah terdapat balai pengajian yang dipimpin oleh Tgk .Usman. 

Hal tersebut adalah sebuah tanda garis besar bahwa perangkat desa serta pemuka agama di Gampoeng Seuriget perduli dan menjunjung tinggi ilmu agama serta secara otomatis mengharuskan dan mengharapkan remaja Gampong Seuriget mampu tumbuh menjadi remaja-remaja yang kaya akan pengetahuan hukum-hukum Islam yang diharapkan mampu diaplikasikan kedalam kehidupan pribadi dan bermasyarakat nya.




Sastia Muqharani

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.