Breaking News
recent

Destinasi Wisata Yang Patut di Kunjungi di Aceh Tamiang

Zawiyah News | Aceh Tamiang adalah salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Aceh Kabupaten Aceh Tamiang ialah Aceh yang berbatasan dengan Sumatra Utara, secara keseluruhan Aceh Tamiang adalah daerah dengan dataran rendah dan perbukitan.

Kabupaten Aceh Tamiang memiliki 12 kecamatan dan 213 gampong dengan kode pos 24471-24478 (dari total 243 kecamatan dan 5827 gampong di seluruh Aceh). Per tahun 2010, jumlah penduduk di wilayah ini adalah 250.992 (dari penduduk seluruh provinsi Aceh yang berjumlah 4.486.570) yang terdiri atas 126.724 pria dan 124.268 wanita (rasio 101,98). Dengan luas daerah 211.973 ha (dibanding luas seluruh provinsi Aceh 5.677.081 ha), tingkat kepadatan penduduk di wilayah ini adalah 130 jiwa/km² (dibanding kepadatan provinsi 78 jiwa/km²). Pada tahun 2017, jumlah penduduknya sebesar 287.733 jiwa dengan luas wilayahnya 1.956,72 km² dan sebaran penduduk 147 jiwa/km²

Berikut beberapa tempat destinasi wisata yang layak di kunjungi saat berada di aceh tamiang.

1. Tuntong Laut di aceh tamiang (Kura-Kura langka di dunia)

Pusat konservasi tuntong laut di Kecamatan Seruway, Aceh Tamiang menjelma menjadi ekowisata unggulan. Keberadaan beberapa pondok menyerupai rumah Sasak (rumah adat Lombok) siap memanjakan pengunjung menikmati suasana pinggiran pantai yang dipenuhi pepohonan cemara.

Ujung Tamiang, sejatinya sebuah kawasan pesisir yang diplot menjadi pusat konservasi tuntong laut sejak 2012. Posisinya yang berada di pertemuan air laut dengan sungai menciptakan eksotisme yang begitu kental.

Dua perpaduan ini kemudian digabung Pemkab Aceh Tamiang untuk menciptkan Ujung Tamiang sebagai ekowisata. Nantinya, pengunjung bisa menikmati keindahan alam sekaligus mengenal lebih mendalam mengenai tuntong laut.

2. Wisata Pemandian Gunung Pandan

Objek wisata Pemandian Gunung Pandan sendiri terletak di Kecamatan Tenggulun, Desa Selamat, Dusun Pandan, Kabupaten Aceh Tamiang, Provinsi Aceh. Untuk para wisatawan yang ingin berkunjung ke objek wisata pemandian ini, para wisatawan harus menempuh jarak yang kurang lebih 45 kilometer atau sekitar 1 jam perjalanan dari ibukota Kabupaten Aceh Tamiang yaitu Karang Baru..

Wisata gunung pandan ialah tempat pemandian di alam terbuka,yang di keliling pemandangan yang sangat indah,sehingga tidak jarang wisatawan dari luar daerah datang berkunjung ke wisata ini.

3. Wisata Pemandian Kuala Paret

Lokasi dari sungai ini terletak di Desa Kaloy, Kecamatan Tamiang Hulu, Kabupaten aceh Tamiang, Tempat yang satu ini memang unik dan sangat mempesona. Para wisatawan dapat melihat keindahan tebing-tebing bebatuan yang dialiri dengan riakan air sungai yang mengalir. Airnya deras, tebing bebatuannya pun cadas, namun tidak menyurutkan keinginan wisatawan untuk berkunjung kemari.

Terdapat pula sebuah air terjun kecil yang dapat ditemukan wisatawan. Wisatawan bisa duduk diatas bebatuan sambil menikmati keindahan alam yang masih terjaga serta suara gemericik air yang tiada hentinya mengalir. 

4. Wisata Bukit Awan

Lokasi dari bukit ini terletak di Kampung Bangkelang, Kecamatan Bandar Pusaka, Aceh Tamiang,bukit ini menawarkan panorama indah mulai dari matahari terbit serta awan yang sangat memanjakan mata, sehingga menjadi salah satu destinasi wisata yang patut anda tuju saat berada di aceh tamiang.

Berikut adalah beberapa tempat desitinasi wisata yang ada di aceh tamiang,semoga dengan membaca ini semakin minat untuk pergi ke tempatwisata yang berada di aceh tamiang.



(Agus Triandi Nst)

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.