Breaking News
recent

Mahasiswa KKN Melayu Serumpun III Ajarkan Tarian Aceh Kepada Anak-Anak Gampong Ujong Sudheun, Aceh Jaya.


Zawiyah News | Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata - Melayu Serumpun Angkatan III Ajarkan gerakan tarian budaya Aceh kepada masyarakat khususnya anak-anak Gampong Ujong Sudheun Kecamatan Jaya, Kabupaten Aceh Jaya, Kamis (07/07/2022).

Mahasiswa KKN-MS III memiliki tujuan dan tema pengembangan daerah dari sisi pariwisata atau budaya dengan kegiatan pengabdian kepada masyarakat setempat.

Mahasiswa KKN yang ditempatkan di Gampong Ujong Sudheun terdiri dari 7 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) wilayah Se-sumatera yang berbeda, yakni ; UIN Raden Fatah Palembang ( Tania Insyuri), UIN Raden Intan Lampung ( Wifayatul Amani), UIN Sultan Syarif Kasim Pekanbaru (Abdul Aziz),UIN Imam Bonjol Padang (Nur Hasimah Hasibuan), IAIN Metro Lampung (Muhammad Taufiqur Rohman),IAIN Langsa (Nur Aida Fitri), dan UIN Ar-Raniry Banda Aceh ( M Alfarisyi,Ratna Yusnita,Salmidar,Salman Farizi,Syarifah Rizqa Maghfirah).

Sementara itu,Ketua KKN-MS III Gampong Ujong Sudheun, Salman Farizi menyampaikan tujuan pelatihan tari ini dilakukan untuk meningkatkan minat anak-anak desa dalam melestarikan kebudayaan Aceh melalui seni tari.

"Sebagaimana Kita tau Indonesia ini memiliki banyak seni dan budaya,anak-anak dan remaja adalah generasi baru yang melanjutkan dan mengembangkan seni budaya yang ada di Indonesia. Tari Ranup Lampuan merupakan salah satu seni budaya dalam bentuk tarian yang turun temurun dilestarikan dan cukup terkenal di Aceh".

Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Senin-Kamis selama masa pengabdian mahasiswa KKN pada tanggal 23 Juni s.d 31 Juli 2022. Kegiatan ini dilakukan didalam ruang meunasah atau musholla ,terletak disebelah PAUD-KB Jantong Hatee Gampong Ujong Sudheun. Anak-anak sangat senang dan antusias dalam mempelajari setiap gerak tarinya, walaupun properti yang digunakan untuk latihan menggunakan wadah atau alat seadanya saja,hal itu tidak mematahkan semangat mereka dalam berlatih.

Salah satu anak warga gampong Ujong Sudheun, Aini mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat dan menambah pengalaman mereka.

"Senang sekali bisa belajar menari ,daripada bermain lebih baik mengikuti kegiatan bermanfaat yang diadakan kakak-kakak KKN", ujarnya.

Mahasiswi yang mengajarkan tari Ranup Lampuan, Salmidar juga menyampaikan bahwa gerakan dalam tari Ranup Lampuan ini memberikan kesan lemah lembut yang melambangkan kesopanan dan ketulusan para penari. Hal itu dikorelasikan dengan sifat anak-anak Gampong Ujong Sudheun yang memiliki sifat sopan dan lembut.

"Program ini sangat bermanfaat untuk melestarikan budaya Aceh dan memberikan pengalaman baru yang positif kepada anak-anak desa". 





(Tania Insyuri)
Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.