Breaking News
recent

Masakan Kuliner Racikan Mie Aceh Yang Kaya Akan Rempah


Zawiyah News | Ketika mengunjungi Aceh, sangat disarankan untuk mencicipi mie aceh, mie aceh menjadi salah satu makanan favorit diantara berbagai kekayaan kuliner yang ada di negara salah satu alasannya adalah bumbu yang diracikannya sehingga rasanya yang pas dan aromanya itu sangat harum menggoda hidung berkunjung ke kedai mie aceh, tidak akan cukup untuk dapat menjelajahi berbagai variasi rasa yang ditawarkan. 

Mie aceh adalah makanan khas dari Aceh. Mie kuning tebal dengan bahan utama tepung terigu dan dimasak menggunakan bumbu pedas berwarna merah khas aceh. irisan daging sapi, daging kambing atau makanan laut (udang dan cumi) disajikan dalam sup sejenis kari yang gurih dan pedas. Mi aceh biasanya ditaburi dengan bawang goreng dan disajikan bersama emping, potongan bawang merah, mentimun, dan jeruk nipis. 

Mie aceh menunjukkan sejarah budaya masyarakat Aceh dengan yang mendapat banyak pengaruh budaya asing yang membentuk wilayah Aceh. Keunikan cita rasa mie Aceh terletak pada racikan bumbu yang kaya dengan rempah-rempah pilihan, sehingga menghasilkan rasa yang kuat di lidah. Mienya pun cukup unik karena berwarna kuning dan bentuknya tebal pipih. Mie Aceh memiliki beberapa varian, ada yang kering, dan basah. 

Ada banyak khas aceh yang terdapat di dalam mie aceh, mulai dari tampilan, cita rasa, kandungan bahan, cara memasak yang unik, hingga peralatan khusus yang umumnya digunakan dalam proses memasaknya, yaitu menggunakan wajan berukuran besar yang terbuat dari besi tebal berwarna hitam. Lokasi keberadaan warung-warung mei aceh juga masih sangat tradisional. Umumnya, mie aceh selalu tersedia hampir di setiap warung kopi.

Salah satunya mie aceh buk salamah lokasi nya itu terletak di cot muda hitam kec peureulak, aceh timur buk salamah ini memilih berjualan di rumah dengan lokasi yang strategis . Buk salamah ini berjualan dari jam 13.00 siang -  24.00 malam. waktu yang dihabiskan untuk berjualan, banyak pengunjung yang memilih makan mie aceh buk salamah dengan harga yang terjangkau. buk salamah ini berjualan mie aceh, dan mie lainnya dengan harga yang terjangkau mie aceh ada dua varian yaitu mie aceh pedas dan sedang harga nya itu sekitar Rp 8.000 sampai Rp 15.000 misal pakai daging dengan harga Rp 15.000 mie aceh tidak pakai daging Rp 8.000.

Jika mengira mie aceh hanya disajikan dengan cara digoreng, mungkin kita belum mengenal mie aceh seutuhnya. Masih ada mie aceh lainnya, yaitu mie aceh kuah dan mie aceh goring basah. Keduanya sama-sama ditambahkan kaldu dalam proses pemasakannya. Perbedaannya adalah pada kadar kuah kaldu yang digunakan, dimana mie goreng basah menggunakan lebih sedikit kaldu.

Perbedaan utama mie aceh dari hidangan mie dari daerah-daerah lain terletak pada racukan bumbu yang lebih tajam dan kaya rempah. Komposisi utama dari bumbu halus di mie aceh adalah cabai merah, kunyit, jintan, kapulaga, merica, dan bawang putih. Takaran penggunaan racikan bumbu halus yang relative lebih banyak di dalam setiap porsi mie aceh, membuat rasa bumbu-bumbu ini memiliki nuansa saat dimulut kita. Selain itu, mie aceh tidak menggunakan telur dan sebagai gantinya bumbu halus ditumis bersama bahan pelengkap sesuai pesanan. 




Penulis : Muntasir (4042018017) Mahasiswa IAIN Langsa Fakultas FEBI Prodi Manajemen Zakat Dan Wakaf 

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.