Breaking News
recent

Menjaga Kesehatan Tubuh Pasca Pandemi

 


Zawiyah News | Setelah masa pandemi covid-19 selama dua tahun ini berakhir, masyarakat harus tetap menjaga kesehatan tubuh karena ancaman virus itu bisa datang kapan saja. tubuh merupakan aset terpenting bagi setiap manusia, karena tubuh merupakan sumber utama untuk kita beraktivitas. Untuk menjaga kehidupan manusia agar tetap lestari, maka tentunya tidak ada salahnya dan memang alangkah baiknya jika kondisi new normal yang sekarang ini berlangsung tetap dijalankan dan dibentuk menjadi kebiasaan. Tugas kita selanjutnya adalah menjaga keberlangsungan kondisi normal yang baru ini secara istiqomah. Konsisten adalah kunci, sehingga diperlukan komitmen untuk menjaga keberlangsungan hidup yang lebih baik bersama-sama. Untuk itu maka semua unsur masyarakat yang kinijuga telah melakukan adaptasi hidup bersih dan sehat ini perlu terus mengembangkannya dengan berbagai program dan kegiatan yang berkelanjutan. Untuk menjaga keberlanjutannya itu, tidak cukup  kiranya kalau hanya diserahkan begitu saja kepada masyarakat. Perlu dikembangkan program untuk mrnjaga kesetimbangan biotik (makhluk hidup) dan abiotik (kehidupan sosial ekonomi) yang saat ini sudah dirintis bersama, termasuk hubungan dan kepedulian social. Semua lembaga, misalnya pendidikan, sosial keagamaan, infrastruktur ekonomi, kesehatan dan utamanya pemerintahan harus menyiapkannya dengan baik dalam menyambut kondisi pasca covid-19 ini agar terjaga harmoni kehidupan yang sehat dan produktif. 

Kita perlu menerapkan kembali beberapa cara untuk menjaga kesehatan saat pandemi. Cara yang paling baik untuk dilakukan adalah dengan tetap tinggal di rumah sebisa mungkin apabila semua pekerjaan bisa di tuntaskan tanpa tatap muka. Jika kamu benar-benar butuh sesuatu dan ingin keluar rumah, ada baiknya tau mengaplikasikan cara untuk menjaga kesehatan saat pandemi. Berikut ini beberapa caranya:

1. Menerapkan pola makan sehat

Langkah awal yang perlu di lakukan untuk menjaga kesehatan saat pandemi yaitu dengan menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang. Saat melakukan diet sehat,dan kamu juga membantu tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar efektif dalam hal melawan virus corona. Pastikan untuk selalu mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayur,lemak sehat,serta protein dalam pola makan harian.

2. Jaga tubuh tetap terhidrasi

Kita juga perlu selalu memastikan tubuh mendapatkan konsumsi air yang cukup agar tetap terhidrasi. Hal ini dilakukan untuk menghindari dehidrasi. Kondisi yang dapat menyebabkan sembelit dan perubahan dalam hati. Minum air putih juga di percaya dapat membantu sistem imun agar tetap fit. Kita juga dapat mengonsumsi kopi dan teh, tetapi hanya dalam jumlah sedang. Hindari minuman manis yang jelas-jelas tidak menyehatkan tubuh kita. Jika kita merasakan gejala-gejala yang berhubungan dengan covid-19, untuk mendapatkan pengarahan lebih lanjut, dinas kesehatan bisa menjemput dan mengantarkan kita langsung ke fasilitas layanan kesehatan atau rumah sakit rujukan covid-19. Dan pemesanan untuk pemeriksaan swab antigen atau PCR dapat dilakukan melalui aplikasi halodoc. Kita bisa memilih pelayanan yang di inginkan dan tempat terdekat sekitar kita.

3. Berolahraga secara teratur 

Dengan berolahraga kita mendapatkan beberapa manfaat bagi tubuh kita,baik secara fisik maupun psikologis.kedua hal tersebut tentu saja dapat mempengaruhi sistem imunitas di dalam tubuh.dengan kita berolahraga yang simple di rumah,kita bisa menuai dua manfaat dalam satu kegiatan. Tentu saja hal ini efektif sebagai cara untuk menjaga kesehatan saat pandemi.ayo lakukanlah olahraga singkat yang dapat di lakukan setiap pagi hari.

4.  Tidur yang cukup

Saat tubuh mendapatkan istirahat yang cukup,banyak hal positif yang di dapat, contohnya kita dapat melakukan aktivitas-aktivitas yang ingin kita kerjakan sembari menjaga kesehatan yang seimbang, selain itu kita dapat menjaga sistem kekebalan bekerja sebaik mungkin untuk melawan infeksi, seperti halnya virus corona. Faktanya, memang ada bagian respons imun tubuh yang hanya terjadi saat tidur. Selain itu, cukup tidur dapat mengendalikan perasaan stres dan membuat  tubuh lebih fokus saat bekerja. 

Dan saat ini pemerintah telah menghimbau agar masyarakat bersiap untuk new normal alias hidup “berdampingan” dengan covid-19 sambil menjalani aktivitas seperti biasa. Namun, tetap ada batasan-batasannya. Batasan apakah yang perlu diterapkan? Berikut adalah hal-hal penting yang perlu kita ketahui untuk menghadapi new normal.

1. Saat harus keluar rumah dan kembali lagi ke rumah

Jangan bebaskan diri untuk keluar rumah saat sedang tidak fit. Bila keperluan sudah selesai, segera kembali ke rumah. Sesampainya di rumah, langsung lakukan beberapa hal berikut:

•Buka alas kaki sebelum masuk ke dalam rumah

•Semprotkan disinfektan pada alas kaki maupun peralatan yang kita gunakan

•Cuci tangan dengan air dan sabun

•Pakaian yang dikenakan segera lepaskan dan masukkan kedalam tempat cuci yang tertutup

•Mandi dan mengganti pakaian bersih sebelum bersantai atau berkumpul dengan keluarga

2. Saat menggunakan tranportasi umum

Bila kita harus mengatur suatu tempat dan menggunakan tranportasi umum, ada beberapa hal yang perlu diperhatiakan:

•Bawalah selalu hand sanitizer

•Jangan menyentuh wajah dengan tanganyang belum dibersihkan 

•Pastikan kita selalu membawa botol minum agar terhidrasi selama dalam perjalanan

•Mengurangi interaksi dan menjaga jarak setidaknya 1 meter dengan penumpang lain.

Dapat disimpulkan memilih menjaga kesehatan bagi tubuh pada masa sekarang ini memang di utamakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang lebih baik. Selain memegang teguh prinsip aman, sehat den keseimbangan sangat disarankan untuk tetap terus menjaga kesehatan beberapa contohnya mengkonsumsi sumber protein, vitamin, mineral lebih dari biasanya, berolah raga dan istirahat yang cukup. Hal ini mempunyai kontribusi besar dalam meningkatkan daya tubuh kita masing-masing.




(Riski Mayang Murni)


Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.