Breaking News
recent

Peran Generasi Milenial bagi Keberlangsungan Bangsa di Masa Akan Datang

Zawiyah News | Seperti kita ketahui bahwa setiap manusia akan menjadi pemimpin. Sama hal nya dengan para pemuda-pemuda bangsa Indonesia, generasi millenial saat ini. Mereka merupakan calon pemimpin yang akan memimpin suatu bangsa.setiap bangsa di dunia ini pastilah berharap banyak kepada para pemudanya agar mampu membawa kemajuan dan perubahan ke arah yang lebih baik bagi bangsanya. Begitu pentingnya peran pemuda bagi para pendiri bangsa. Khususnya para pemuda di era generasi milenial ini. Jika puluhan tahun yang lalu para pemuda memperjuangkan bangsanya secara fisik, namun beda dengan zaman saat ini dimana para pemuda dihadapkan dengan tantangan yang bermacam-macam bentuknya, dan apabila tidak diarahkan maka para pemuda akan tersesat ke arah yang buruk yang tentu akan berdampak buruk juga bagi keberlangsungan negara kita tercinta ini.

Generasi millenial saat ini sangat dekat dengan teknologi. Kehidupan generasi ini tidak bisa dilepaskan dari teknologi dan internet. Generasi milenial lahir ketika hnadphone dan media sosial mulai muncul di Indonesia, sehingga wajar apabila generasi ini lebih melek atau lebih paham terhadap teknologi dibandingkan generasi-generasi sebelumnya. Selain itu, generasi milenial juga memiliki sifat yang lebih toleran terhadap sesamanya. Hal ini dipengaruhi oleh arus globalisasi yang semakin cepat, dimana pemuda zaman sekarang dapat berinteraksi dengan manusia dari berbagai belahan dunia dengan berbagai akses. Arus globalisasi berhasil menciptakan interaksi langsung dan tidak langsung yang lebih luas antar umat manusia, yang tidak mengenal batas-batas anatar negara satu dengan negara yang lain. Oleh sebab itu , globalisasi membuat generasi milenial menjadi lebih terbuka terhadap perbedaan, wawasan mereka terhadap keberagaman pun menjadi luas sehingga timbul sifat toleran yang cukup tinggi dari generasi ini.

Nah, apabila melihat berbagai karakterisik yang dimiliki generasi milenial, tampaknya kehidupan dari generasi ini sungguh terjamin dan menyenangkan. Kemajuan teknologi yang pesat, kehidupan yang super dinamis, dan perkembangan alat telekomunikasi telah membantu mereka dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Akan tetapi, sering tidak kita sadari bahwa dunia ini semakin kejam dan penuh dengan tantangan baru yang harus dihadapi. Oleh karena itu, sebagai generasi penerus bangsa, generasi milenial harus mampu menghadapi tantangan-tantangan tersebut. Pendidikan yang tinggi saja tidak cukup, anak muda Indonesia zaman sekarang harus dibekali dengan berbagai pengalaman dan soft skills yang baik. Menjadi pribadi yang kreatif, aktif, dan inovatif tentu harus dimiliki dalam jiwa anak muda. Itu adalah syarat utama bagi generasi milenial untuk dapat bersaing dan menghadapi berbagai tantangan di dunia yang semakin dinamis ini.

Ada beberapa pola hidup yang harus diterapkan untuk generasi para pemuda di zaman sekarang, Berikut ini merupakan beberapa aktivitas/pola hidup yang dapat diterapkan untuk menjadi anak muda zaman sekarang yang kreatif, aktif, dan inovatif :

1. Perbanyak membaca buku

2. Menggunakan internet dan media sosial secara bijak

3. Bersikap terbuka terhadap berbagai pengalaman baru

4. Mencoba membangun ide dan visi ke depan

5. Rajin berolahraga dan membiasakan diri untuk bangun pagi.

Inilah beberapa pola hidup yang harus diterapkan untuk generasi para pemuda di zaman sekarang. Apalagi dengan kurangnya minat membaca yang dimiliki oleh para pemuda tentunya di Indonesia seharusnya mendorong pihak-pihak yang terkait untuk sesegera mungkin memfasilitasi dan menganalisis apa saja yang menjadi penyebab hal tersebut. peran pemerintah sangat diperlukan untuk memberikan subsidi buku, terutama buku-buku pelajaran yang sangat dibutuhkan oleh generasi muda bangsa. Hal ini akan lebih baik jika pemerintah memberikan anggaran khusus bagi pemuliaan perpustakaan, karena perpustakaan dapat dijangkau oleh siapa saja dan tentunya lebih efisien bagi mereka yang memiliki dana minim untuk membeli buku. Dengan begitu kita bisa menjaga generasi agar tidak lalai menggunakan Internet dan Media sosial. 

Para Pemuda zaman sekarang sangat ketergantungan dengan gadget sehingga menurunkan minat belajar mereka dan lebih sering lalai dan kecanduan memainkan Video Game. Saya kira ini adalah tugas kita bersama untuk meningkatkan Peran Generasi Milenial bagi Keberlangsungan Bangsa di Masa Akan Datang.

peran generasi milenial bagi keberlangsungan bangsa di masa akan datang. Pemuda diharapkan untuk dapat menjadi agen perubahan yang bergerak dan berusaha untuk sedekat mungkin dengan dunia. Mereka juga diharapkan bisa membawa ide-ide segar, pemikiran-pemikiran kreatif dengan metode cara berfikir yang out of the box atau inovatif, sehingga bangsa tidak melulu hanya dihadapkan pada hal-hal zaman dahulu yang tidak pernah berkembang. Dengan kata lain pemuda diharapkan menjadi pemimpin masa depan yang lebih baik dari pemimpin masa kini.




Ditulis oleh Fajar Miswari mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Arab FTIK IAIN Langsa

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.