Breaking News
recent

Prodi Psikologi Islam IAIN Langsa Studi Banding Terkait Kurikulum dan Pengelolaan Jurnal Ilmiah ke UIN Walisongo

Foto Kaprodi Psikologi Islam IAIN Langsa Bersama Sivitas Akademika Fakultas Psikologi dan Kesehatan UIN Walisongo, Semarang (docs. Istimewa)

Zawiyah News | Semarang - Dalam rangka persiapan pelaksanaan agenda akademik perdananya pada Tahun Akademik 2022/2023 ini, Program Studi Psikologi Islam IAIN Langsa melakukan studi banding ke UIN Walisongo, Semarang. Kedatangan Ketua Program Studi Psikologi Islam, Dedy Surya, M.Psi., disambut hangat oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Psikologi dan Kesehatan UIN Walisongo, Dr. Baidi Bukhori, M.Si. di gedung fakultas setempat, bersama dengan Wakil Dekan Bidang Kepegawaian dan Umum Dr. Widiastuti, M.Ag., Ketua Program Studi Psikologi Wening Wihartati, S.Psi., M.Si., Sekretaris Program Studi Psikologi, Dr. Nikmah Rahmawati, M.Psi., Psikolog, serta para editor dan pengelola jurnal Psikohumaniora.

Dalam sambutan dan pembukaannya, Wakil Dekan Bidang Akademik mengapresiasi kunjungan Program Studi Psikologi Islam IAIN Langsa ke Fakultas Psikologi dan Kesehatan UIN Walisongo Semarang.

 “Kami berbahagia dan bersyukur IAIN Langsa hadir mengunjungi kampus kami jauh-jauh dari Aceh. Semoga pertemuan ini memberikan manfaat dan keberkahan buat kami dan juga IAIN Langsa.”

 Sementara itu, Dedy menyampaikan ucapan terima kasih atas kesediaan para pimpinan fakultas menerima kehadirannya serta menjelaskan maksud kehadiran IAIN Langsa ke UIN Walisongo terkait dua agenda besar. 

“Maksud kehadiran kami di sini adalah terkait dua agenda besar yang kami butuhkan. Yang pertama adalah agenda studi banding mengenai kurikum Program Studi Psikologi Islam yang akan terselenggara di tahun akademik ini. Kemudian, yang kedua adalah keinginan kami untuk mempelajari kesuksesan UIN Walisongo Semarang dalam mengelola jurnal Psikohumaniora yang saat ini adalah jurnal ilmiah bidang psikologi satu-satunya yang terindeks Scopus di Indonesia. Sehingga dapat kami implementasikan pada jurnal INSPIRA: Indonesian Journal of Psychological Research yang saat ini kami kelola,” jelasnya.

Pada sesi pertama kegiatan ini, Baidi, yang juga sebagai Editor-in-Chief Jurnal Psikohumaniora menjelaskan rangkaian perjalanan sejarah serta strategi-strategi yang telah dilaluinya untuk menghantarkan jurnal ini memperoleh indeksasi dari Scopus. Selain penjelasan, jurnal INSPIRA juga mendapatkan kesempatan untuk dibedah langsung oleh Editor-in-Chief dan para pengelola Jurnal Psikohumaniora, serta Helmi Suyanto, Sekretaris Relawan Jurnal Indonesia Wilayah Jawa Tengah serta pemilik website bengkeljurnal.com

Pada sesi selanjutnya, Ketua dan Sekretaris Program Studi memaparkan struktur kurikulum yang telah diimplementasikan pada Program Studi Psikologi UIN Walisongo, Semarang. Kegiatan ini diakhiri dengan penandatangan Memorandum of Agreement terkait pelaksanaan kolaborasi Tridharma Perguruan Tinggi serta publikasi ilmiah antar kedua fakultas.



(Dedy Surya, M.Psi)

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.