Breaking News
recent

Tambahan Rezeki Dari Merangkai Buket

Zawiyah News | Sekarang ini memang membuat orang memiliki ide bisnis apa saja yang tentu memudahkan dan menguntungkan para konsumen. Salah satu usaha rumahan kreatif yang saat ini mulai digandrungi beberapa orang, adalah bisnis buket jajanan. Bahkan sejumlah Universitas besar di Indonesia, ada sebagian kecil mahasiswanya yang menggelutinya sebagai usaha sampingan. Cara membuat buket jajan sebenarnya sangat mudah dan gampang. Kembali lagi pada kreativitas dan sisi estetik dari pembuatannya. Buket jajanan menjadi salah satu bisnis yang banyak diminati oleh pemula yang ingin mengisi waktu luang dan mendapat keuntungan. Buket jajanan memang menjadi marak karena murah dan berguna.

Buket jajanan sedang menjadi bingkisan yang sedang popular saat ini. Kebanyakan orang memilih buket jajanan sebagai hadiah untuk diberikan kepada orang tersayang karena keunikannya. Salah satu hadiah yang murah namun terkesan romantis adalah buket jajan, buket jajan banyak digunakan untuk diberikan kepada sahabat, teman atau pasangan. Tidak perlu susah untuk memikirkan budget untuk membeli buket jajanan karena bisa dibuat dirumah dengan bahan yang mudah didapatkan. Selain itu, kelebihan utama dari buket jajanan adalah bisa dimakan alias tidak akan terbuang begitu saja seperti buket bunga pada umumnya. Buket jajanan adalah sebuah buket yang yang didalamnya berisi aneka jajanan ringan seperti keripik, coklat, permen, wafer, astor dan sebagainya. Menjadi sebuah tren, tak ada salahnya kalau remaja-remaja di kampong alu pineung mencoba untuk berbisnis buket jajanan. Jika ingin berbisnis buket jajanan, harus berkenalan terlebih dahulu dengan beberapa bahan-bahan pendamping yang digunakan untuk merangkai buket jajanan.

Selain aneka jajanan, ada kertas krep, kertas kado, kertas minyak, kertas tisu, pita kain, pita satin, pita kertas, hingga bunga artificial yang bisa digunakan untuk membuat tampilan buket jajanan jadi lebih cantik. Selain bahan pendamping tersebut, jangan lupa menyiapkan gunting, iselotip, double tape dan staples.

Setelah mengetahui apa saja bahan-bahan yang digunakan, sekarang bisa melirik ide untuk merangkai buket jajanan.

Langkah-langkah membuat buket jajanan :

Apabila semua alat dan bahan sudah terkumpul, maka kita bisa memulai membuat buket jajanan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut tahapan dan cara membuat buket jajan yang mudah serta sederhana :

Bagian pertama : Tentukan Bentuk Dasar Buket 

1. Langkah pertama harus membersihkan jajan menggunakan tisu atau lap basah, agar tidak ada debu yang menempel. Hal itu perlu dilakukan agar makanan ringan pada buket terlihat bersih.

2. Kemudian harus meletakkan jajanan tersebut di tempat bersih.

3. Tahap selanjutnya dalam pembuatan buket jajan adalah membuat bentuk dasarnya. Kita bisa memotong kardus menggunakan gunting atau pisau kater sesuai keinginan.

4. Berikutnya kita harus menempelkan tusuk sate atau lidi secara sejajar ke kardus tersebut. Gunakan lem perekat yang benar-benar kuat.

5. Kemudian kita bisa menempelkan jajan yang sudah bersih ke bagian tusuk sate. Atur sesuai keinginan. 

6. Gunakan lem perekat untuk menempelkan jajan tersebut.

Bagian kedua : Masukkan Kertas Kado atau Kain Berwarna

1. Tahapan selanjutnya dalam proses cara membuat buket jajan adalah memilih kertas kado atau kain berwarna, sebagai bahan untuk membungkus dan menutupi kardus beserta jajan yang telah ditempelkan.

2. Jika susah memilih warna yang sesuai, maka letakkan kertas kado tersebut disela-sela kardus dan jajan.

3. Kemudian lipat bagian luarnya mengikuti kardus. Sedangkan, bagian bawahnya diikat menggunakan iselotip. 

Bagian terakhir : Susun Buket Secara unik, Menarik, dan Cantik

1. Kalau semua tahapan diatas sudah selesai, maka kita bisa langsung mempercantik buket dengan menyisipkan pita, bunga atau pernak-pernik lainnya.

2. Setelah itu buket sudah selesai.

Itulah ulasan tentang cara membuat buket jajanan sederhana yang bisa kita buat sendiri dirumah. Buket jajanan tersebut nantinya bisa kita berikan kepada teman, sahabat, pasangan, keluarga yang telah berhasil mencapai sesuatu.




NAMA : NUR SAKDAH

NIM    : 1012018055

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.