Breaking News
recent

Tidak Pernah Luntur Semangat Dalam Berkreativitas dan Juga Bekerja di Tengah Dampak Pandemi Covid-19

Zawiyah News | Seorang mahasiswa yang bernama Barezi Putra Sentosa Mahasiswa IAIN Langsa dengan NIM 4042019015 semester 6 Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf melakukan pengabdian masyarakat daring di kampung Damai Kecamatan Binjai Utara Kota Binjai. Kala itu ia datang mengunjungi salah satu rumah warga yang berprofesi sebagai wirausaha yaitu pak Mukhsin yang tepatnya usaha reprerasi kursi, jok mobil, tenda, jok kreta, springbeat dll. Bapak tersebut telah menekuninya sudah dari masa dia lajang ya itu tahun 1998 yang tepat nya dia masih di bangku sekolah. 

Dengan faktor ekonomi dia bekerja dengan orang di bidang yang sama dan beliau menekuninya sampai bisa sehingga dia dengan berani mencoba untuk mengambil pesanan orang yang dia ambil sendiri dan dia kerjain sendiri dengan temannya dahulu. Dengan pengalaman sekali itu dia langsung mencoba memberanikan diri untuk meminjam uang kepada teman nya untuk membuka usaha atau took untuk tempat menetap yaitu di Jl. Agus salim, di tahun 2000-2004 kemudian beliau pindah ke pinggir jalan yang begitu tempat strategis sehingga dapat memudahkan dalam berintraksi dengan konsumen. 

Namun muncul nya pandemi covid ini membuatnya terpaksa untuk gulung tikar karena tidak sanggupnya membayar sewa dan terpaksa mengerjakannya didalam rumah atau kembali kerumah dengan sepi nya yang sangat drastic sempat membuat pak mukshin kewalahan dengan menghadapi covid, namun dia berpesan ketika kita di saat sulit ingatlah Allah yang selalu ada memohon lah ampun dan meminta lah kepada nya karena dimana lagi kita tempat mengadu dan dimana lagi kita tempat meminta jadi kita harus memohon kepadanya agar bisa melewati masa masa sulit ini, tutur Pak Mukhsin di hasil wawancaranya.

Beliau yang sangat humoris dalam berbincang santai dengan sedikti gurauan agar kita bisa terus semangat dalam  semua kegiatan kita dan demi cita cita yang kita capai kita harus maju apa yang sudah kita jalankan jangan melihat keatas terus dalam hidup ini sesekali lihat lah kebawah masih banyak yang susah dari kita tutur beliau. Jadi kita harus bisa membagi waktu dalam bekerja dan beribadah sehingga kita tidak meninggalkan kewajiban kita seorang muslimin.

Ketika covid ini penghasilannya sangat tidak stabil kadang bisa melebihi dan kadang bisa turun sekali sehingga tidak cukup untuk makan sehari hari, harus pandai pandai dalam mengatur keuangan agar mencukupi biayaa kehidupan sehari – hari., tutur Pak Mukhsin.

Banyak orang yang selalu mengeluh dengan kaeadaannya namun tak luput bahkan jarang sekali bersyukur dapat kita ambil contoh dari pak mukhsin yang selalu bersyukur dengan kadaaan nya dan bahkan selalu tersyeum dalam keadaab susah maupu senang beliau mau belajar bahkan mau mengajari orang, walaupun dia berkarakter keras atau tegas yang selalu di cap sebagai orang yang kasar namun ada juga sisi baik nya yang tidak orang ketahui. 

Banyak manfaatnya ketika kita pandai dalam melakukan beberapa ketrampilan termasuk juga ketreampilan dalam mereprasi kursi ni banyak skil dan ilmu yang bisa kita dapat bahkan kita tidak perlu khawatir jika kita merasa kelaparan karena dengan skil yang dapat kita miliki kita tidak akan merasa kelaparan karena denga nada nya bakat ini kita bisa melakukan apa aja contoh kecil nya jok kreta yang sangat simple dengan cara kita datangin pelanggan atau jemput bola kita bisa medapatkan pelanggan jika pelyanan kita bagus rapi dan juga murah pasti banyak orang yang akan dating ke kita karena kita memberi playanan yang baik dan juga bagus.

Jadi kita bisa belajar dari mana saja dan kapan saja jangan takut gagal ketika kita mencoab namun orang yang gagal ialah orang yang menganggap diri nya itu gagal padahal belum lagi mencoba udah merasa gagal. Dimasa pemulihan ekonomi ini kita harus berlomba lomba dalam bersaing apa lagi banyak pelaku umkm yang bangkit kita juga harus bangkit dan jangan sampai mau kalah karenaa ini jalan yang harus kita tempuh karena kita mahasiswa harus cerdas intelektual dan juga kreatif.

Jadi, pesan saya jangan mau jadi pemuda pengecut hidup hanya satu kali jadi lah manusia yang bermanfaat karena kita hidup untuk beribadah dan mencari nafkah dan jangan mau kalah dengan keadan ayo semangat apa pun harus kita lakukan dengan bismilah.

Jadi apabila teman-teman ada yang mau melakukan reparasi kursi jok mobil jok kreta, tenda, spring bed DLL. Bisa hubungi 085277073245 bisa langsung aja hubungi beliau. 



(Barezi Putra Sentosa)

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.