Breaking News
recent

Usia Tidak Menjadi Penghalang Masyarakat Belajar Ilmu Agama Melalui Pengajian Rutin di desa Gampong Jawa

Zawiyah News | Langsa-Gampong jawa adalah gampong yang berlokasi di Kecamatan Idi rayeuk, Kabupaten Aceh Timur, Aceh, Indonesia. Masjid  Baitul Muttaqin adalah salah satu masjid yang berada di Kecamatan Idi Rayeuk,Kabupaten Aceh Timur. Layaknya masjid pada umumnya masjid Baitul Muttaqin merupakan tempat untuk melaksanakan kegiatan rutinitas keagamaan yang salah sau kegiatannya adalah pengajian rutin yang dilakukan setiap minggunya. Pengajian yang dilakukan secara aktif oleh masyarakat Gampong Jawa sudah berlangsung cukup lama dan sampai sekarang masih dilakukan, ada banyak manfaat dari mengikuti kegiatan pengajian rutin didesa Gampong jawa, Pengajian rutin ini diharapkan mampu menambah wawasan keagamaan masyarakat setempat juga diharapkan mampu meningkatkan kualitas masyarakat. 

Dakwah merupakan ajakan untuk memanggil, mengundang, mengajak, menyeru, mendorong umat islam menuju kepada kebahagiaan hidup didunia dan akhirat yang sesuai dengan ajaran agama islam. Sifat utama dalam dakwah ialah menyuruh yang ma’ruf dan menjauhi yang munkar, hal ini dilakukan seorang da’i dalam mengaktualisasikan ajaran agama islam. Konsep dakwah itu sendiri memiliki unsur-unsur yang tidak dapat dipisahkan yaitu

1. Da’i (pelaku dakwah) yaitu orang yang melaksanakan dakwah baik lisan maupun tulisan ataupun perbuatan baik cecara individu, kelompok dan berbntuk organisasi dan lembaga. 

2. Mad’u (penerima dakwah) yaitu manusia yang menjadi sasaran dakwah atau manusia penerima dakwah baik secara individu maupun kelompok

3. Maddah (materi dakwah) 

4. Wasilah (media dakwah) 

5. Thariqah (metode dakwah) yaitu cara yang digunakan juru dakwah untuk menyampaikan ajaran materi dakwah islam

Tujuan diharuskannya dakwah ialah untuk mempertemukan kembali fitrah manusia dengan agama atau untuk menyadarkan manusia agar mengakui kebenaran islam dan mau mengamalkan ajaran agama islam. Diharuskannya umat islam untuk menyampaiakan ajaran agam islam dikarenakan masih banyaknya umat manusia yang belum mengimplementasikan ajaran agama islam cera tepat dan benar. Ceramah agama didalam suatu pengajian merupakan salah satu contoh bentuk kegiatan dakwah yang dilakukan secara tatap muka. 

 Pengajian merupakan penyelenggaraan atau kegiatan belajar agama islam yang berlangsung dalam kehidupan masyarakat yang dibimbing atau diberikan oleh seorang guru ngaji (Da’i) terhadap beberapa orang atau lebih. Pengajian ialah salah satu bentuk dakwah yang bertujuan untuk menyebarkan atau mengajarkan tentang agama islam kepada masyarakat islam, pegajian juga sering disebut sebagai la dang dakwah islamiyah karena salah satu upaya dalam dakwah islamiyah adalah melalui pengajian. Dakwah islamiyah ditujukan agar terwujudnya ajaran agama dalam semua segi dan aspek kehidupan yang merupaan wadah kegiatan yang mempunyai tujuan untuk membentuk muslim yang baik, taat, beriman, bertaqwa serta berbudi luhur. 

Pada dasarnya dakwah atau pengajian merupakan ajakan kepada kebaikan dan petunjuk untuk beriman kepada Allah SWT, menyeru kepada mereka untuk berbuat kebiasaan yang baik dan melarang mereka dari perihal melakukan kebiasaan yang buruk agar mendapatkan keberuntungan baik didunia maupun akhirat. 

Tentunya dengan diadakannya kegiatan pengajian rutin didesa Gampong Jawa ini sangat bermanfaat bagi masyarakat karena selain dapat dijadikan tempat belajar ilmu agama juga dapat membantu sesama masyarakat untuk tetap menjalin silaturahmi. Harapan masyarakat bagi yang belum aktif mengikuti kegiatan pengajian ini disarankan untuk mengikuti kegiatan pengajian rutin ini agar pengajian ini akan terus bertahan nantinya. Kegiatan mengaji pada dasarnya harus dilakukan mulai sejak dini disaat kita masih mampu mengingat dan memahami dengan kuat dan jelas terhadap apa yang diajarkan yang mana seperti disalah satu kata pepatah yaitu “Belajar diwaktu muda bagaikan mengukir diatas batu dan belajar diwaktu tua bagaikan menulis diatas air”. Namun begitu, saya sangat bersyukur dan terharu kepada ibu-ibu yang tetap mengikuti pengajian meski usia sudah tidak lagi muda dan kemampuan mengingat lemah tetapi semangat serta keinginan yang kuat untuk tetap belajar mengaji tidak pernah surut. Oleh karena usia tidak boleh dijadikan penghalang untuk bermalas-malasan dalam belajar ilmu agama islam. 

Kegiatan pengajian di Gampong Jawa ini dilakukan setiap hari minggu dan senin pada pukul 14.00 sampai 16.00 WIB yang mana pengajian ini berisi materi tentang ajaran islam dengan berbagai aspeknya yang didalamnya mencakup kegiatan membaca Al’quran, pengajaran tauhid, fiqih tentang cara beribadah, prinsip rukun islam dan hubungan antar manusia sesuai yang tersirat didalam Al-Qur’an dan sunnah, hadist yang berisi tentang segala perkataan, perbuatan, ketetapan dan persetujuan Nabi Muhammad SAW, akhlak yang berisi tentang akhlak kepada Allah SWT, akhlak terhadap manusia, akhlak terhadap diri sendiri, tetangga, masyarakat serta juga akhlak terhadap flora dan fauna. Dalam proses pengajiannya, seorang guru ngaji (Da’i) menyampaikan dakwah secara lisan kepada ibu-ibu dan juga apabila terdapat hal yang tidak dimengerti atau dipahami  ibu-ibu dapat mengajukan pertanyaan kepada guru ngaji (Da’i) tersebut.  

Kegiatan pengajian sebenarnya tidak hanya dilakukan oleh orang-orang tertentu seperti santri dan siswa namun pengajian seharusnya diikuti oleh seluruh umat islam baik bapak-bapak, ibu-ibu, anak-anak, remaja dan serta semua kalangan. Pengajian juga dapat dijadikan sebagai sarana komunikasi dan sosialisasi antar masyarakat.  




Ditulis Oleh: Siti Nurhaliza

Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah iAIN Langsa, 2022

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.