Breaking News
recent

Weekend With Al-Qur'an di Masjid Nurul Qur'an Desa Alue Pineung

Zawiyah News | Langsa-Banyak cara yang dilakukan ketika memasuki hari libur anak-anak. Ada yang berkunjung ke tempat wisata, atau bahkan ada yang hanya mengisi waktu dirumah saja. Ada satu kegiatan yang positif dan bermanfaat di masjid Nurul Quran di desa Alue Pineung yaitu mengisi hari libur dengan belajar membaca Al-quran. Kegiatan tersebut memberikan manfaat kepada mereka dengan mengisi hari liburnya dengan belajar membaca Al-quran  menjadi amalan untuk bekal mereka diakhirat kelak. Mendekatkan diri dengan Al-quran merupakan salah satu cara untuk meraih amalan diakhirat kelak. Sebagai muslim yang baik, mengisi hari-hari dengan kebaikan adalah sesuatu yang diharuskan, apalagi mengisi hari-hari untuk dekat dengan Al-quran. Jangan sampai waktu luang yang telah diberikan Allah SWT tersebut malah kita sia-siakan, dan parahnya lagi bila kita isi waktu luang tesebut dengan kemungkaran. 

Maka dekatkanlah anak-anak dengan Al-quran, karena Al-quran merupan firman Allah yang diturunkan agar menjadi pedoman dan petunjuk hidup bagi umat manusia. Didalamnya terkandung berbagai hal, mulai dari akidah, muamalah, akhlak, hingga kisah umat-umat terdahulu. Maka tidak hanya anak-anak yang didekatkan dengan Al-quran, tetapi bagaimana peran orang tua yang harus mencontohkan bagaimana dekatnya dengan Al-quran. Sebelum mengajarkan kepada anak-anak, orang tua yang harus lebih dulu mendekatkan kepada Al-quran. 

Banyak sekali keutamaan membaca Al-quran baik didunia maupun diakhirat kelak. Seperti hadis Rasulullah SAW yang berbunyi: “sebaik-baik kalian adalah yang belajar Al-quran dan mengajarkannya.”

Jika orang tua merasa belum siap mengajarkan Al-quran pada anak-anak, orang tua bisa mengundang guru ngaji kerumah untuk belajar tahsin agar bacaan anak lancar. Mengarahkan anak belajar Al-quran bisa menjadi motivasi kita dan tidak perlu merasa malu untuk terus belajar. Membaca Al-quran dengan baik dan memahami serta mengamalkannya adalah kewajiban bagi setiap muslim sehingga harus dibiasakan sejak kecil. Dengan demikian akal, budi pekerti, jasmani, dan rohani menjadi seimbang dalam mengisi hari libur anak.

Dalam Al-quran ada tiga posisi Al-quran yang fungsinya sebagai petunjuk. Al-quran menjadi petunjuk bagi manusia secara umum, petunjuk bagi orang-orang yang bertaqwa, dan petunjuk bagi orang-orang yang beriman.

Al-quran dapat memisahkan antara yang benar dan yang salah. Didalam Al-quran dijelaskan beberapa hal mengenai yang boleh dilakukan atau yang baik, dan yang tidak boleh dilakukan atau yang buruk. Al-quran bisa menjadi obat penyakit mental dimana membaca Al-quran dan mengamalkannya dapat terhindar dari berbagai hati dan mental. Meskipun Al-quran hanya sebatas tulisan saja, namun membacanya dapat memberikan pencerahan bagi setiap orang yang beriman. Didalam Al-quran terdapat banyak pengajaran, nasihat-nasihat, peringatan tentang kehidupan bagi orang-orang yang bertaqwa, yang berjalan dijalan Allah SWT. Nasihat yang terdapat didalam Al-quran biasanya berkaitan dengan sebuah peristiwa atau kejadian, yang bisa dijadikan pelajaran bagi orang-orang dimasa sekarang atau masa setelahnya.




NAMA : NUR SAKDAH

NIM : 1012018055

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.