Breaking News
recent

Indahnya Mengabdi di Balik Surga Tersembunyi Yang Memikat Hati

Oleh: Muhammad Farhan, Siti Riri Wulandari, Novika Fazriati, Nashfa Maulira, Rifki Maulana R

Mahasiswi  Program Studi Perbankan Syariah IAIN Langsa

Zawiyah News | Pengidam merupakan salah satu gampong yang ada di kecamatan Tamiang Hulu, Kabupaten Aceh Tamiang, provinsi Aceh, Indonesia. Nah di desa ini lah saya dan beberapa teman saya mengabdi. Desa pengidam ini merupakan desa yang sangat amat indah membuat mata sejuk memandang dan membuat pikiran menjadi tenang. Nah di desa ini juga terdapat air terjun yang bernama Sangkapane. 

Air Terjun Sangka Pane atau biasa juga disebut dengan Air Terjun 17 Tingkat merupakan sebuah air terjun yang tersembunyi dibalik perbukitan Aceh Tamiang. Air Terjun Sangka Pane merupakan sebuah air terjun eksotis yang berada dibalik perbukitan. Tak seperti air terjun lainnya, tempat wisata ini memiliki kontur tebing berkelok disekelilingnya sehingga nampak cantik dan indah. Konon, air terjun ini merupakan air terjun terpanjang yang ada di Kabupaten Aceh Tamiang. Secara geografis, Air Terjun Sangka Pane terletak pada Desa Pengidam, Kecamatan Bandar Pusaka, Kabupaten Aceh Tamiang, Provinsi Aceh. Untuk mencapai lokasi air terjun ini wisatawan setidaknya harus menempuh jarak sekitar 50 kilometer atau melakukan perjalanan kurang lebih satu jam dari Karang Baru yang merupakan ibukota dari Aceh Tamiang. Terdapat dua jalur yang bisa dipilih wisatawan untuk menuju lokasi air terjun, yang pertama yaitu dengan melalui tangga darurat pada tebing bebatuan yang terbuat dari batang kayu sederhana. Sayangnya, kondisi tangga ini sangat memprihatinkan karena banyak anak tangga yang rusak sehingga berbahaya bagi keselamatan wisatawan.

Air Terjun Sangka Pane ini memiliki beberapa tingkatan air terjun sehingga banyak masyarakat sekitar yang menyebut air terjun ini dengan nama Air Terjun Tujuh Tingkat. Namun sebagian dari pengunjung mengatakan bahwa air terjun ini sebenarnya memiliki 17 tingkatan air terjun bahkan lebih. Hal ini pula yang membuat wisatawan semakin penasaran untuk berkunjung ke tempat wisata di Aceh Tamiang ini. Saat berada dilokasi air terjun wisatawan bisa merasakan suasana alam yang masih lestari, serta dipenuhi dengan rimbunnya pepohonan hijau disekelilingnya. Udara di lokasi air terjun juga sangat sejuk, yang membuat wisatawan akan betah berlama-lama menikmati maha karya Sang Kuasa ini.

Air Terjun Sangka Pane juga dihiasi dengan banyaknya bebatuan yang dapat ditemukan oleh wisatawan. Berbagai batu dengan bentuk dan ukuran yang berbeda seolah menjadi pelengkap keindahan dari air terjun ini. Tak jarang wisatawan memanfaatkan bebatuan tersebut untuk beristirahat, atau sekedar menikmati derasnya air yang membasahi seluruh tubuh. Keistimewaan dari Air Terjun Sangka Pane adalah adanya beberapa tingkatan air terjun dengan karakteristik serta keindahan yang berbeda. Bagi wisatawan yang memiliki jiwa petualang dapat mencari tingkatan demi tingkatan air terjun tersebut serta menghitung sendiri jumlah dari tingkatan air terjun yang ada di tempat wisata ini.

Dengan berbagai keindahan alam yang membuat mata sejuk memandang membuat kami mahasiswa yang mengabdi di desa ini merasa senang akan keindahan alam di sekitar desa, di balik keindahan alam yang sangat amat indah ini masyarakatnya juga ramah ramah. Begitu indah ciptahan mu tuhan menciptakan bumi ini dengan berbagai keindahannya. Begitu banyak kejutan kejutan yang telat Allah ciptakan seperti indahnya surga tersembunyi yang sangat memikat hati yang terletak dibalik desa-desa terpencil seperti tempat kami mengabdi ini.

Sayangnya, keindahan yang dimiliki oleh Air Terjun Sangka Pane tidak diimbangi dengan fasilitas-fasilitas disekitar lokasi wisata ini. Masih belum ditemukan fasilitas umum seperti toilet, kamar mandi, atau mushola untuk beribadah. Untungnya, wisatawan masih bisa menemukan tempat parkir yang berjarak 2 kilometer sebelum tempat wisata. Tempat parkir ini sudah dijaga oleh penduduk setempat, sehingga wisatawan tak perlu takut jika kendaraannya akan hilang. Kondisi jalan yang menuju ke tempat wisata juga dalam keadaan yang cukup buruk, sehingga tidak bisa dilalui kendaraan bermotor. Jalanan yang sempit, berliku serta ekstrim memaksa wisatawan berjalan kaki setidaknya 2 kilometer dari tempat parkir. Perlu adanya campur tangan pemerintah dalam membangun infrastruktur ini, karena mengingat potensi wisata Air Terjun Sangka Pane yang cukup besar.

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.