Breaking News
recent

Kebutuhan Tambahan Sumber Daya Manusia Pada Sekolah Dasar Negeri Pengidam

Zawiyah News | Keberhasilan melakukan pembangunan pendidikan ditentukan oleh banyak faktor yaitu oleh keberhasilan mengelola sumber daya manusia, uang, sarana dan prasarana, dan metodenya. Keberhasilan mengelola komponen-komponen tersebut harus pula dikaitkan dengan keberhasilan pelaksanaa fungsi-fungsi manajemen yaitu: perumusan tujuan, perencanaan, pengorganisasian, penentuan staf, pengarahan, koordinasi, motivasi, pengawasan, komunikasi dan lain sebagainya. Faktor-faktor inilah yang berdampak pada keunggulan terutama pada sekolah dasar di pedesaan.

SDN Pengidam merupakan salah satu sekolah tingkat dasar yang berada di wilayah Desa Pengidam Kabupaten Aceh Tamiang, yang berupaya untuk menjadi sekolah dasar unggulan di daerah pedesaan Kabupaten Aceh Tamiang. Penanganan manajemen sekolah dasar yang baik dan unggul dapat ditempuh dengan pemberdayaan implementasi kebijakan manajemen berbasis sekolah melalui manajemen kinerja yang tersusun dalam empat perspektif yaitu perspektif finansial, perspektif pelanggan, perspektif bisnis internal sekolah, perspektif pembelajaran dan pertumbuhan.

SDN Pengidam memiliki jumlah siswa yang lumayan banyak. Disetiap kelasnya hampir rata-rata memiliki 25 orang siswa. Namun, seiring dengan bertambahnya jumlah siswa, jumlah guru dan ketersediaan fasilitas disekolah malah semakin minim. Dapat dinilai bahwa SDN Pengidam mengalami kekurangan SDM pada jumlah tenaga pengajar dan fasilitas yang dapat menunjang keberhasilan pada proses pembelajaran.

Manajemen tenaga pendidik mempengaruhi prestasi akademik, non akademik, kesejahteraan guru dan minat masyarakat dalam menyekolahkan anaknya. Kemampuan memimpin seorang kepala sekolah sangat mempengaruhi keberhasilan dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Tenaga pendidik di SDN Pengidam terdiri dari urusan kurikulum, urusan kesiswaan, wali kelas dan guru.

Program pembinaan dan pengembangan tenaga pendidik memiliki peranan yang besar dalam memajukan suatu lembaga pendidikan.Dalam dunia pendidikan, sebagai upaya pada pengendalian manajemen sumber daya manusia merupakan keberhasilan proses dan hasil belajar yang menyenangkan dan memberikan dampak pada mutu pendidikan. Upaya agar sumber daya manusia di Sekolah Dasar Negeri Pengidam Kabupaten Aceh Tamiang diperlukan pengendalian sumber daya manusia. Adapun pengendalian manajemen sumber daya manusia di Sekolah Dasar Negeri Pengidam digolongkan sebagai organisasional atau operasional.

Pengendalian pendidikan sudah tentu tidak dapat dipisahkan dengan sistem manajemen dalam pola keseluruhan kegiatan. Kegiatan pengawasan ini penting artinya untuk mengetahui keunggulan dan kelemahan dalam akhir pelaksanaan manajemen pendidikan. Dengan pelaksanaan fungsi ini, maka pemimpin organisasi dapat memperoleh informasi balik yang besar manfaatnya dalam rangka upaya perbaikan, dan penyesuaian. Pengawasan ditujukan pada perencanaan, pelaksanaan dan pada akhir operasional tersebut. Fokus perhatian umumnya tertuju pada sisi kelemahan untuk segera diadakan perbaikan.

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.