Breaking News
recent

Nikmatnya Seduhan Kopi di balik Indahnya Desa Pengidam

Oleh: Maulana Rizki, Nita, Muzakir, Siti Rosa Lina

Mahasiswi  Program Studi Perbankan Syariah IAIN Langsa

Zawiyah News | Desa Pengidam adalah salah desa yang terletak di Kabupaten Aceh Tamiang, provinsi Aceh, Indonesia. Desa ini terkenal dengan keindahan alamnya, selain keindahan alamnya di desa ini juga terdapat beberapa masyarakat yang memproduksi kopi dan kopi yang mereka produksi terkenal dengan kenikmatannya. Kopi yang mereka produksi yaitu kopi gayo.

Masyarakat desa pengidam memproduksi kopi sendiri mulai dari menanam hingga memproduksinya dan terjual dipasaran. Mereka mengolah kopi masih menggunakan cara yang sangat ramah lingkungan. Awalnya kopi ini dipetik lalu dijemur hingga kering agar kulit dan bijinya terpisah, kemudian setelah kering dijemur kopi ini disangrai menggunakan sekidit beras agar kopi lebih terasa nikmat. Setelah di sangrai kopi pun di dinginkan sejenak sebelum dihaluskan menggunakan mesin, seletelah dingin kopi pun siap untuk dihaluskan menjadi bubuk kopi.

Setelah biji kopi dihaluskan kemudian dimasukkan kedalam wadah dengan muatan satu kilogram dan dijual seharga Rp. 75.000, yang kemudian akan diperjual belikan didalam maupun keluar desa pengidam. Kopi ini selain nikmat dan dapat menghilangkan rasa ngantuk juga memberikan manfaat yang bagus untuk kesehatan dan kecantikan wajah.

Menurut Bhara L.A.M (2005) kopi adalah suatu jenis tumbuhan yang dibuat minuman dengan sifat psikostimulant sehingga menyebabkan seseorang yang meminumnya akan tetap terjaga (susah tidur), mengurangi kelelahan atau stress saat bekerja, serta mampu untuk memberikan efek fisiologis yakni energi. 

Selain bermanfaat bagi kesehatan kopi juga memiliki banyak manfaat bagi kecantikan wajah yaitu dengan cara masker wajah dengan bubuk kopi yang dapat membuat wajah menjadi awet muda karena kopi mengandung antioksidan yang dapat melindungi kulit dari radiasi bebas, dan antioksidan pada kopi juga dapat membuat kadar kolagen meningkat sehingga dapat membuat kulit menjadi kencang. Kopi juga dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari, selain itu juga dapat menenangkan kulit wajah yaitu kopi dapat memberikan efek stimulasi bagi tubuh saat di konsumsi. Namun saat dijadikan masker kopi kandungan antioksidannya mmapu menenangkan kulit wajah sehingga dapat mengatasi iritasi pada kulit akibat paparan sinar matahari atau penggunaan produk tertentu,  selain itu juga dapat merawat kulit yang berjerawat karena kopi memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat merawat kulit yang berjerawat. antioksidan dalam kopi juga dipercaya dapat mengurangi munculnya jerawat pada kulit wajah. Kopi juga dapat mengangkat sel kulit mati, selain itu butiran bubuk kopi juga mampu mengeluarkan kotoran yang menyumbat pori-pori dan menstimulasi sirkulasi darah di bawah kulit. Selain itu manfaat masker kopi untuk kulit wajah adalah melembutkan dan menghaluskan kulit, mengurangi hiperprigmentasi, dan memudarkan lingkaran hitam pada mata.

Begitu banyak manfaat kopi ini bagi kesehatan bahkan bagi kulit wajah, sehingga  desa pengidam ini layak disebut sebagai surga dunia yang tersembunyi karena di balik indahnya pemandangan dan damainya suasana didesa ini tersimpan banyak keistimewaan yang salah satunya yaitu kopinya yang sangat nikmat apalagi bila diseduh di pagi hari sambil menikmati indahnya serta damainya desa pengidam.

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.