Breaking News
recent

Scout Sar Training Racana Teuku Umar-Cut Nyak Dhien IAIN Langsa

Foto Bersama di Waduk IAIN Langsa

Zawiyah News | Langsa-Pramuka Racana Tengku Umar dan Cut Nyak Dien Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa mengadakan kegiatan Scout SAR Training dengan tema “Solidaritas dan Integritas menjadikan Kepedulian terhadap diri sendiri, orang lain dan alam sekitar" bertempat di Waduk IAIN Langsa, Sabtu-Minggu, (26-27/11/2022).

Kegiatan ini bertujuan untuk melatih skill anggota Racana dan umumnya kepada mahasiswa dan siswa/i dalam bidang SAR. Menimbang di Provinsi Aceh Khususnya dikota Langsa dan Aceh Tamiang terdapat beberapa titik banjir yang cukup tinggi, Sehingga diharapkan dengan kegiatan ini dapat memberikan edukasi serta bekal bagi para anggota racana dan peserta pelatihan untuk dapat secara langsung membantu masyarakat yang membutuhkan pertolongan.

Dihari pertama, dalam kegiatan ini dilatih oleh pelatih yang sudah profesional Ilham Ridwan selaku Satgas SAR. Dalam pelatihannya para peserta diberikan beberapa materi dan praktek tentang water rescue.

“Belajar water rescue bukan hanya mengetahui caranya penyelamatan diair namun belajar water rescue juga melatih ketenangan dan penyelamatan kepada korban dengan beretika yang baik dan sesuai dengan standar seorang SAR” ujarnya.

Pada hari kedua, para peserta pelatihan Scout SAR training diberi beberapa materi, praktek serta edukasi tentang penyelamatan saat terjadinya Kebakaran dan Penyelamatan saat terjadi gempa bumi. Pelatihan ini peserta diajari cara mematikan api menggunakan karung kain  yang basah dan APAR POWDER dan cara menenangkan korban saat terperangkap didalam rumah roboh akibat gempa bumi serta cara pengevakuasiannya.

“Saat menyelamatkan korban dari bencana kebakaran ataupun gempa bumi yang harus dilakukan yang pertama adalah ketenangan bagi tim penyelamat, setelah tim tenang maka korban juga bisa ikut tenang dan penyelamatan pun bisa dilakukan dengan cara mudah” ujarnya.

Kegiatan ini ditutup dengan apel penutupan dan kata sambutan serta penutupan kegiatan oleh Ketua Dewan Racana Kak Muzakir. Dalam sambutannya beliau menyampaikan beribu-ribu terimakasih kepada pelatih, peserta dan panitia pelaksana yang ikut berpartisipasi dalam Scout SAR training. Bukan hanya itu setelah dari pelatihan ini diharapkan kepada seluruh peserta agar siap siaga apabila alarm emergency berbunyi dan selalu siap siaga dalam kondisi yang berpotensi bencana. 

“saya berharap semoga kegiatan ini tidak hanya sampai disini saja dan semoga ilmu yang didapatkan disini bermanfaat bagi diri sendiri dan lingkungan sekitar”  ujarnya.

Selanjutnya, kegiatan ini dihadiri oleh para peserta dari siswa menengah keatas dikota Langsa dan Aceh Tamiang serta mahasiswa yang ada dikota Langsa.

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.