Breaking News
recent

Dampak Game Online Bagi Kesehatan Mental


Zawiyah News | A. Pengertian Game Online

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, game merupakan permaianan. Permainan yaitu suatu kegiatan yang mempunyai sifat sebagai rekreasi atau hiburan dimana pemainnya berjumlah satu atau lebih. Menurut pendapat Kim et al dalam Azis (2011:3) yang dikutip oleh Kustiawan & Utomo (2018) game online merupakan suatu permainan yang dimainkan oleh banyak orang dari berbagai penjuru dunia di waktu yang sama dan terhubung melalui jaringan internet. 

Akbar (2012) dalam Adiningtiyas (2017) mengungkapan pengertian game online yaitu salah satu jenis permainan pada komputer yang menggunakan jaringan internet sebagai medianya. Terkadang, game online disuguhkan oleh layanan penyedia jasa internet sebagai fitur tambahan bahwa kita berlangganan menggunakan jasa mereka. Atau bahkan, game online tersebut dapat digunakan langsung disistem yang telah disediakan oleh developer game.

Firdaus et al (2018) game online merupakan suatu bentuk permainan elektronik yang terhubung dengan jaringan internet dan dimainkan melalui perangkat komputer, ponsel pintar, konsol game, laptop, dan perangkat game lainnya serta bersifat multiplayer atau dapat dimainkan oleh banyak pengguna diwaktu yang sama.

B. Pengertian Kesehatan Mental

Dalam mendefinisikan kesehatan mental, sangat dipengaruhi oleh kultur dimana seseorang tersebut tinggal. Apa yang boleh dilakukan dalamsuatu budayatertentu, bisa saja menjadi hal yang aneh dan tidak normal dalambudaya lain, dandemikian pula sebaliknya (Sias,2006). 

Menurut Pieper dan Uden (2006), kesehatan mental adalah suatu keadaandimana seseorang tidak mengalami perasaan bersalah terhadap dirinya sendiri, memiliki estimasi yang relistis terhadap dirinya sendiri dan dapat menerimakekurangan atau kelemahannya, kemampuan menghadapi masalah-masalah dalamhidupnya, memiliki kepuasan dalam kehidupan sosialnya, serta memiliki kebahagiaan dalam hidupnya.

Federasi Kesehatan Mental Dunia (World Federation for Mental Health) merumuskan pengertian kesehatan mental sebagai kondisi yang memungkinkanadanya perkembangan yang optimal baik secara fisik, intelektual dan emosional, sepanjang hal itu sesuai dengan keadaan orang lain. Sebuah masyarakat yangsehat secara mental adalah masyarakat yang membolehkan anggotamasyarakatnya berkembang sesuai kemampuannya. Dalam konteks Federasi Kesehatan Mental Dunia ini jelas bahwa kesehatan mental itu tidak cukup dalam pandangan individual tetapi sekaligus mendapatkan dukungan dari masyarakatnyauntuk berekembang secara optimal.

C. Gangguan Kesehatan Mental

Mental disorder adalah gangguan mental atau gangguan kesehatan jiwa, penyakit yang mempengaruhi emosi, pemikiran dan perilaku orang yang terkena. Seperti penyakit fisik, ada obat untuk penyakit mental.

Gangguan kesehatan jiwa merupakan salah satu jenis gangguan pada diri seseorang yang dapat mempengaruhi cara berpikir, merasa, dan berperilaku. Gejalanya bervariasi tergantung gangguan mental yang dirasakan. Perubahan gaya hidup dan dukungan dari kerabat dekat adalah cara untuk mengatasi kondisi ini.

Mental disorder atau gangguan jiwa adalah kondisi yang menyebabkan gangguan pemikiran serta perilaku yang mengakibatkan ketidak mampuan untuk mengatasi tuntutan dan rutinitas hidup yang biasa. Beberapa gangguan yang lebih umum adalah depresi, gangguan bipolar, demensia, skizofrenia dan gangguan kecemasan. Gejala mungkin termasuk perubahan suasana hati, kepribadian, kebiasaan pribadi sampai kepada penarikan sosial.

D. Hubungan Game Online Dengan Kesehatan Mental


Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sudah menyatakan bahwa gaming disorder sebagai salah satu kategori dari masalah kesehatan mental. Dengan kata lain, game online bisa memicu kecanduan dan sebaiknya dibatasi agar terhindar dari gaming disorder. Penting untuk mengetahui dan mengenali beberapa gejala yang menandakan kecanduan game online dan mengarah pada masalah kesehatan mental.

Gaming disorder adalah suatu kondisi yang terjadi ketika seseorang tidak mampu mengendalikan aktivitas bermain game. Orang dengan gangguan ini memprioritaskan bermain game daripada aktivitas lainnya. Kabar buruknya, kondisi ini bisa meningkatkan dampak negatif bagi kehidupan seseorang akibat kecanduan bermain game.

Ada beberapa gejala yang bisa dikenali sebagai tanda kecanduan game internet atau gaming disorder. Biasanya penderita gaming disorder sulit mengontrol keinginan untuk bermain dibandingkan aktivitas lainnya. Orang dengan gangguan game mungkin mengabaikan aktivitas penting lainnya saat bermain game, seperti makan atau istirahat.

Kecanduan game online juga bisa ditandai dengan munculnya gangguan hubungan dengan keluarga, kerabat, pekerjaan, hingga masalah pendidikan. Seseorang dikatakan mengalami gaming disorder, yang menjadi jenis gangguan kesehatan mental, ketika perubahan tersebut terjadi selama 12 bulan.

Gejala tersebut biasanya juga disertai dengan gejala gangguan kesehatan mental lainnya, seperti stres, depresi, dan gangguan perubahan suasana hati. Gaming disorder juga bisa meningkatkan risiko obesitas, karena pengidap kurang melakukan aktivitas fisik selama bermain game.

Tanda dan gejala klasik dari kecanduan game adalah:

Selalu menghabiskan waktu yang lama untuk bermain, bahkan durasinya makin meningkat dari hari ke hari.

Merasa mudah marah dan tersinggung saat dilarang atau diminta berhenti bermain game.

Selalu berpikir tentang game tersebut ketika sedang mengerjakan aktivitas lainnya.

E. Dampak Game Online Bagi Kesehatan Mental

1. Sulit mengendalikan perilaku impulsif

Dikutip dari situs Sehat Negeriku Kemenkes, efek kecanduan game dampaknya adalah sulit ngendaliin perilaku impulsif.  Ini didukung pernyataan dr. Kristiana Siste, SpKJ(K) yang diliput SehatNegeriku, “adanya perubahan otak membuat dirinya sulit mengendalikan perilaku impulsif”. 

Ini karena bagian otak yang kecanduan judi mengalami perubahan struktur dan fungsi otak. MRI mengubah korteks prefrontal otak. Oleh karena itu, perilaku impulsif ini membuat Anda tidak dapat mengontrol dan menahannya bahkan ketika Anda bosan atau bosan saat bermain.

2. Emosi nggak stabil

Kelemahan dari kecanduan bermain game adalah membuat Anda secara emosional tidak stabil. Jadi saya memiliki pengalaman dan saat ini bergantung pada game di aplikasi pemasaran online (market place). Karena sulitnya mengendalikan perilaku impulsif, Jadi saya juga merasa sulit karena emosi yang tidak stabil. Selain itu, sebagian besar pecandu game online memiliki hubungan yang buruk karena ketidak stabilan emosi dan menunjukkan sikap antisosial.

3. Ngerasa FOMO

Fear of missing out atau rasa takut tertinggal juga menghantui pecandu game. Dampak negatif game online ini bikin kamu nggak mau ketinggalan untuk ngejar posisi teratas dan mimpin di leaderboard, selalu ingin update item atau gear terbaru, dan sejenisnya. 

4. Suasana hati gampang berubah

Suasana hati atau mood gampang berubah rasanya nggak nyaman, khususnya untuk pecandu game. Diawali rasa seneng pas main, lalu beberapa menit kemudian berubah jadi marah atau kesel dan tak jarang pula mengucapkan kata kata kasar.

5. Lelah mental

Saat Anda bermain game, otak Anda harus selalu fokus pada game dan perangkat yang Anda miliki. Pada saat yang sama, paparan radiasi layar juga terjadi. Efeknya mata mudah lelah dan kepala mudah panas. Secara mental Anda benar-benar lelah dan emosional tetapi sulit untuk berhenti.

Itu sebabnya pemain game sekarang memiliki asuransi. Perlindungan datang dalam bentuk kompensasi 100% jika Anda telah didiagnosis mengalami kerusakan saraf optik akibat kelelahan pemain, radang ibu jari, penyakit saraf pergelangan tangan dan gagal jantung.

6. Depresi

Depresi adalah salah satu efek negatif dari game online yang serius. Pada tahap ini Anda merasa benar-benar putus asa dan tidak memiliki harapan dalam hidup. Bermain game online bisa membuat Anda depresi karena beberapa faktor. Misalnya, cyber bullying di chat room, mencuri informasi pribadi, meretas akun, berbuat curang, bangkrut atau bahkan menjadi korban kekerasan seksual online (KBGO) saat bermain.


Fauziah 

Fakultas Ushluddin Adab dan Dakwah

Institut Agama Islam Negeri Langsa

vivofauziah2@gmail.com 

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.