Breaking News
recent

Mahasiswa KKN Mengadakan Perlombaan Mewarnai Bersama Anak-Anak di TK Aba di Gampong Bayeun

Zawiyah News | Dunia Pendidikan: Aku Cinta Alam dan Lingkungan di TK Aba

Menggambar dan mewarnai adalah kegiatan yang menyenangkan bagi anak~anak. Lewat menggambar dan mewarnai mereka bias menuangkan beragam imajinasi yang ada di kepala mereka. Gambar~gambar yang mereka hasilkan juga dapat menujukkan tingkat kreativitas dan suasana hati masing-masing anak.

Dalam rangka menumbukan kreativitas kanak-kanak tim kuliah kerya nyata (KKN) zawiyah cotkala Langsa mengadakan lomba mewarnai bagi anak-anak Tk  ABA berlokasi di desa bayeun, kecamatan ranto selamat,kabupaten aceh timur kegiatan mewarnai tersebut di adakan pada hari sabtu pagi  tepatnya di bayeun dusun tualang pada sabtu, (10/12).

Kegiatan lomba mewarnai adalah untuk meningkatkan kemampuan anak berwarnai Bersama mahasiswa KKN kenbanyakan anak-anak di TK mayoritas meyukai kegiatan mewarnai,” mengambar adalah hal yang di sukai anak-anak TK. Melalui kegiatan ini anak-anak bisa menuangkan beragam imijinasi, dan sehingga gambar yang dihasilkan menunjukan keakretivitas bagi dalam dirinya”,

Tidak heran setiap kegiatan Lomba Mewarnai selalu dipadati oleh wajah-wajah antusias dari anak~anak maupun orang tua yang menyertainya.Antusiasme peserta maupun orang tua, tergambar dengan jelas pada setiap kegiatan Lomba Mewarnai yang dimana ruangan lomba selalu dipadati oleh orang tua yang menyemangati dan mengarahkan anaknya untuk bias menyelesaikan proses mewarnai, sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Tidak heran setiap kegiatan Lomba Mewarnai selalu dipadati oleh wajah~wajah antusias dari anak~anak maupun orang tua yang menyertainya. Antusiasme peserta maupun orang tua, tergambar dengan jelas pada setiap kegiatan Lomba Mewarnai yang dimana ruangan lomba selalu dipadati oleh orang tua yang menyemangati dan mengarahkan anaknya untuk bias menyelesaikan proses mewarnai, sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

mewarnai dapat membantu meningkatkan kerja otot tangan pada anak. Kemampuan motoric tersebut sangat penting dalam perkembangan anak, seperti halnya mengetik, mengangkat benda.

Mengenal perbedaan warna, anak mewarnai biasanya menggunakan pensil warna atau krayon dapat membantu anak mengenal warna, anak dapat membedakan warna yang satu dengan yang lainnya. Hal ini juga dapat mempermudah anak memadukan warna sehingga membantu anak untuk berkreasi.

Anak memegang pensil,Anak Menggenggam Pensil Lewat kegiatan mewarnai yang dilakukan anak, mereka akan belajar menggenggam pensil meskipun diawali dengan menggenggam krayon, karena sering dilakukan berulang~ulang maka akan menjadi kebiasaan yang akan membantu Si Kecil dalam menulis saat anak duduk di bangku sekolah.

Meningkatkan Konsentrasi

Ternyata mewarnai dapat melatih anak konsentrasi, ketika anak sedang melakukan kegiatan mewarnai anak tidak mudah teralihkan dan tetap focus. Kemampuan konsentrasi ini sangat berguna bagi anak dalam menyelesaikan tugas yang membutuhkan konsentrasi tinggi, seperti matematika.

Melatih Kemampuan Bekerjasama

Mewarnai membutuhkan kerjasama yang sangat baik antara mata dan lengan, mulai dari cara menggenggam krayon, memilih warna, hingga menajamkan warna. Kemampuan ini sangat penting untuk anak

Mengenal Garis Batas Bidang

Saat anak mewarnai mereka tidak akan peduli dengan garis batas yang ada dihadapannya. Seiring berjalannya waktu anak akan memahami dan memperhatikan 

garis batas tersebut, sehingga anak akan berusaha mewarnai gambar di hadapannya tanpa keluar garis. Ini akan membantu anak saat anak mulai menulis di buku yang bergaris

Mewarnai Melatih Anak Membuat Target

Aktivitas mewarnai sejak dini Si Kecil akan membantu anak menyelesaikan tugas yang dihadapinya. Di sini akan terpupuk rasa tanggung jawab anak dengan pekerjaan yang diterimanya, sekaligus memupuk kepercayaan diri Si Kecil bahwa Ia dapat menyelesaikan tugas yang sedang diembannya.

Kegiatan Mewarnai memberi manfaat bagi anak, sebagai berikut; (1) Mengembangkan kemampuan motorik;  (2) Sebagai media berekspresi; (3) Mengenal perbedaan warna; (4) Melatih anak menggenggam pensil; (5) Meningkatkan konsentrasi; (6) Melatih kemampuan bekerjasama; (7) Mengenal garis batas bidang; dan (8) Mewarnai melatih anak membuat target.

Adapun juara perlombaan ini adalah (3-5) tahun dimenangkan oleh juara satu suawaibah dan juara keduaaina dan juara ketiga Risma

Kemudian juara harapan yang A adalah arsyila adalah lalu juara harapan kedua ailul

Buk afni Sebagai guru di TK ABA mengatakan kegiatan mengapresiasi anak-anak yang sangat antusiasi mengikuti perlombaan.dengan harapan lomba ini dapat membantu melatih konsentrasi, meningkatkan kepercayaan diri, dan melatih berfikir kreatif,bagi anak.

Lomba mewarnai tersebut adalah untuk bertujuan untuk meningkatkan keterampilan anak dalam berjiminasi, pada saaat kegiatan berlangsung anak di ajarkan untuk di siplin, duduk seperti berbaris dan rapi dan jugak ketelitian dalam memberi warna/mewarnai” mahasiswa nur afni dan jugak Bersama mahasiswa KKN lainya yang bertangung jawab dalam kegiatan mewarnai Bersama dengan guru-guru lainya di Tk ABA.

Peserta lomba mewarnai yang berjumlah 35 peserta tersebut merupakan anak-anak di TK ABA, kegiatan lomba mewarnai dilaksanakan dengan kolaborasi Bersama para pengajar yang di TK ABA. Ibuk dedek selaku salah satu pengajar, mengatakan bahwa kesuluruhan lomba sudah terlaksanakan dengan baik.


Nur Afni

Mahasiswa IAIN Zawiyah Cotkal Langsa

Prodi bimbingan konseling Islam 

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.