Breaking News
recent

Kerang Rebus Dengan Sambal Nanas Yang Kaya Khasiat

Zawiyah News | Hidangan laut yang satu ini sangat digemari banyak orang. Ya, kerang laut satu ini memang memang sudah tidak asing lagi, salah satunya ialah kerang dara. rasanya yang nikmat segar membuat banyak sekali kalangan yang menyukai hidangan ini, seperti di masak menjadi tumisan, saus mentega, dan juga yang lainnya. Akan tetapi olahan kerang rebus yang dicocol dengan sambal nanas ini  sangat menggugah selera banyak kalangan sehingga sangat digemari.

Ketika kerang rebus di cocol dengan sambal nanas, rasa daging kerang yang khas menjadi semakin keluar, rasa manis, segar, dan aroma laut yang berpadu dengan gurih dan kenyalnya daging kerang sangatlah nikmat.

Selain memilik cita rasa yang khas dan nikmat, ternyata kerang juga memiliki banyak manfaat yang sangat besar bagi tubuh kita, perlu kita ketahui ternyata kerang memiliki banyak zat besi daripada daging sapi. Satu porsi kerang atau 3 ons terdapat sektar 24 miligram zat besi.

Ketika pandemi covid 19 melanda negeri kita ini khusus nya di desa simpang empat kabupaten aceh tamiang kerang menjadi salah satu hidangan makanan alternatif yang dapat meningkatkan kekebalan sistem tubuh. Protein yang ada dalam kerang juga sangat bermanfaat bagi tubuh karena merupakan salah satu nutrisi penting untuk menjaga daya tahan dan metabolisme tubuh.

Nah, karena  banyak nya nutrisi yang terdapat dalam kerang, mengonsumsi makanan laut ini dapat memberikan kita sejumlah manfaat yang baik antaranya :

• Manfaat kesehatan jantung

Kandungan asam lemak dan omega tiga yang cukup tinggi dalam kerang mampu menurunkan kadar trigliserida yang terlalu tinggi. Dengan demikian mengonsumsi kerang yang segar dapat menghindarkan tubuh kita dari berbagai masalah jantung seperti pengerasana pembuluh arteri dan serangan jantung. 

• Mengatasi anemia

Orang yang sering mengalami anemia perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi, nah kerang adalah salah satu makanan yang memiliki kadar zat besi yang cukup. Mengonsumsi kerang yang kaya akan zat besi bisa membantu menngkatkan hemoglobin dalam darah. Dengan adanya hemoglobin, organ organ dalam tubuh bisa mendapatkan oksigen yang cukup, sehingga bisa berfungsi dengan baik. Dengan demikian tubuh bisa terhindar dari anemia

• Menjaga fungsi sistem saraf

Kerang mengandung kadar protein hewani yang sangat tinggi dan juga kadar kandungan asam amino esensialnya yang hampir mencapai 100 persen . nah, protein merupakan salah satu nutrisi penting yang berguna untuk menjaga tubuh agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik, termasuk menjaga daya tahan dan metabolisme tubuh. Selain itu, asupan protein juga di perlukan untuk membentuk otot, enzim, hormon, dan organ organ tubuh lainnya.

Sambal nanas sebagai cocolan kerang rebus pun memilik manfaat yang amat sangat baik, nanas  sama seperti buah lainnya yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Di balik  kulitnya yang sedikit tajam dan berduri, nanas kaya nutrisi, vitamin, dan mineral penting yang di butuhkan tubuh untuk bekerja optimal. Manfaat nanas bagi kesehatan tubuh tidak perlu kita ragukan lagi. Nanas mengandung serat tinggi yang baik untuk tubuh , termasuk melancarkan pencernaan dan penyerapan nutrisi 

manfaat lain dari sambal nanas ini sangat besar bagi tubuh, terutama buah nanas ini sendiri dapat menjaga kesehatan jantung karena mengandung vitamin c yang cukup baik sehingga dapat membantu mencegah masalah kesehatan jantung. Menghindari obesitas karena nanas ini buah yang dapat melunakkan daging dan lemak sehingga dapat mencegah seseorang dari obesitas. Hal ini telah di buktikan oleh ibu ibu rumah tangga yang hendak memasak daging sapi yang merendamnya terlebih dahulu dengan parutan nanas supaya lebih lembut dan tidak terlalu berlemak. Nanas ini juga mampu menurunkan resiko kanker dan tumor karena terdapat kandungan bromelain dan enzim proteolitik dalam nanas yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker dan tumor ganas, bah sat ini pun mamp menangkal radikal bebas mengandung racun, seperti dari gas, asap rokok, dan polusi.buah nanas ini pun mampu mengontrol gula darah karena mengandung serat yang tinggi yang baik bagi penderita diabetes. Dan buah nanas yang telah di olah menjadi sambal nanas sebagai cococlan dari kerang rebus ini juga mampu melancarkan pencernaan, nanas dapat melunakkkan sisa makanan dan lemak,  sehingga akan membantu melancaran pencernaan kita. Buah segar ini juga bisa mendetoks kotoran atau racun dalam tubuh .

begitu banyak manfaat dari kerang rebus yang di cocol dengan sambal nanas, karena keduanya memiliki  manfaat yang sangat luar biasa bagi tubuh kita. Namun tetap saja kita juga jangan terlalu sering makan kerang berlebihan,karena sesuatu yang berlebihan juga tidak baik .



Lailatun Ni'mah

Hukum tatanegara

Fakultas syariah

IAIN LANGSA

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.