Breaking News
recent

Kesejahteraan Masyarakat Gampong Lhok Seutuy Melalui Usaha Ketam Kayu

Zawiyah News | Penulis : widya wati Mahasiswa Ekonomi Syari’ah IAIN Langsa.

Desa Lhok Seutuy merupakan desa yang ada di kecamatan Baktiya kabupaten Aceh Utara yang memiliki karakteristik yang unik. Desa Lhok Seutuy memiliki jenis usaha yang dinamakan dengan usaha ketam kayu.

Ketam adalah perkakas kayu yang digunakan untuk menghaluskan dan meratakan permukaan kayu. Ketam kayu manual sudah sejak lama menjadi alat utama pada proses pengerjaan kayu. Adapun fungsi ketam ini adalah untuk meratakan lurus, siku dan halus permukaan kayu, untuk mengetam rata, lurus, siku sisi tebal kayu.

Ketam kayu manual sudah sejak lama menjadi alat yang utama dalam proses pengerjaan kayu. Berfungsi untuk menghaluskan permukaan kayu setelah keluar dari kilm dry. Begitu banyak pula jenis dan bentuk ketam kayu manual ini dan fungsinya pun bermacam-macam. Pada model tradisional tukang kayu di sini terdapat bermacam-macam ukuran. Ukuran paling kecil (sekitar 15-18 cm) lebih berfungsi untuk menghaluskan permukaan kayu yang telah diserut atau permukaan kayu yang agak melengkung. Ukuran sedang (20-25 cm) menjadi ukuran standar pada proses penghalusan pertama kali. Ukuran paling panjang (hingga 40 cm) sangat optimal untuk pelurusan balok panjang atau pembuatan sisi miring pada ujung kayu.

Usaha ketam kayu yang ada di desa Lhok Seutuy kecamatan Baktiya kabupaten Aceh Utara, bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pengematan dan penghalusan bahan baku telenan, perawatan mesin ketam, dan bisa membantu membuat apa saja yang diperlukan masyarakat setempat. Karena dengan adanya usaha ketam kayu di desa tersebut, masyarakat Lhok Seutuy sangat terbantu karena usaha tersebut atau suatu produk itu bisa dihasilkan dari proses pengelohan kayu yaitu meja, kursi, lemari, ranjang tidur, buffet dan lain sebagainya. Oleh karena itu dengan adanya usaha ketam kayu di desa Lhok Seutuy yang pada akhirnya dapat menciptakan ketentraman, kesejahteraan, dan kenyamanan dalam kehidupan bermasyarakat.  

Admin

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.